Biaya Pajak Motor Nmax dan Cara Bayarnya

Biaya Pajak Motor Nmax dan Cara Bayarnya

Tarif Pajak Motor Nmax ABS maupun non saat ini sebenarnya tidak banyak berbeda. Hal yang menentukan mahal atau tidaknya pajak nmax adalah NJKB atau nilai jual dari kendaraan bermotor tersebut.

Jadi semakin tinggi NJKB motor Anda maka akan semakin tinggi biaya pajak yang dikeluarkan. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan terkait bayar pajak Nmax.

Spesifikasi Motor Nmax Yamaha

NMAX ini mempunyai spesifikasi dengan dimensi 1.955mm, lebar 740mm, serta tinggi 1.115mm. Harga motor ini sebesar Rp 18.300.000 dengan pajak Rp 274.500.

Harga tersebut tentunya akan mengalami perbedaan tergantung zona atau wilayah penjualannya. Namun perbedaan tersebut tidaklah begitu besar.

Sementara itu, ada teknologi mesin Blue Core yang menjadi jaminan Nmax Non Abs dan mempunyai efisiensi bahan bakar lebih baik.

Hal ini karena mempunyai proses pembakaran yang lebih sempurna. Sehingga secara otomatis dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Bahkan, ada ketangguhan mesin motor yang tidak perlu diragukan lagi. Umumnya, pihak Yamaha sudah mendesain Yamaha Nmax dengan berbagai macam teknologi canggih yang telah menjamin motor ini.

Selanjutnya, sudah memiliki bertenaga dan kinerja handal serta efisiensi bahan bakar yang jauh lebih maksimal dalam penggunaan jangka panjang.

Sedangkan, untuk urusan desain tidak begitu aman, Yamaha sudah menyediakan 2 versi Nmax Abs dan versi standard. Harga dari Yamaha Nmax versi ABS pastinya jauh lebih mahal.

Hal ini karena mempunyai keamanan berkendara yang jauh lebih baik. Apalagi ketika digunakan untuk melakukan pengereman mendadak dalam keadaan jalanan sedang licin.

Selain itu, Yamaha saat ini telah menawarkan double disk brake pada rem belakang. Selain itu menjamin cengkraman cakram yang lebih kuat dan kokoh.

Harga Motor Nmax dan Pajaknya

Motor Nmax ABS ini harganya hanya Rp 21.800.000 dengan Pajak Motor Nmax Rp 327.000. Hal ini karena memiliki spesifikasi dengan kapasitas tangki.

Sementara itu, untuk NMAX ABS 2017 memiliki spesifikasi dengan angka efisiensi bahan bakar motor matik mencapai 50 km per liter. Harga motor sangat fantastis sekitar 23.000.000 dengan pajak Rp 345.000.

Setiap motor Nmax memiliki pajak yang berbeda tiap tahunnya. Jadi pastikan sudah mengecek pajak kendaraan terlebih dahulu.

Apabila motor Anda sudah hampir 5 tahun tidak membayar Pajak Motor Nmax, maka berkewajiban untuk mengganti plat nomor. Sebenarnya, harga pajaknya sama namun ada beberapa tambahan biaya lainnya yang harus dibayar. Umumnya, biaya pajak kendaraan seperti berikut ini.

Penerbitan STNK         Rp. 100.000

Pengesahan STNK       Rp. 25.000

Penerbitan STCK         Rp. 25.000

Penerbitan TNKB        Rp. 60.000

SWDKLLJ                        Rp. 35.000

Total Bayar Biaya Ganti Plat   Rp. 245.000

Cara Bayar Pajak Motor Nmax

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bayar Pajak Motor Nmax. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Pertama, datang langsung ke lokasi Samsat keliling atau gerai Samsat. Lalu isi formulir yang disediakan petugas.
  2. Serahkan formulir dan persyaratan bayar pajak motor (BPKB Asli tidak diserahkan hanya ditunjukkan). Untuk motor yang masih dalam proses kredit/cicilan maka wajib menyertakan surat pengantar dari leasing/perusahaan pembiayaan serta fotokopi BPKB-nya.
  3. Lalu tunggu panggilan, para petugas loket akan langsung memanggil ba ada kekurangan berkas. Apabila berkas lengkap, maka petugas loket akan memanggil dan menyerahkan lembar pajak yang harus dibayarkan. Simpanlah bukti pembayaran agar ditunjukkan saat mengambil STNK.

Melalui informasi yang ada di atas diharapkan Anda bisa lebih paham bahwa bayar pajak itu sangat penting. Pajak motor Nmax harus dibayar setiap tahunnya agar kendaraan diakui oleh negara.