Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Via E-Samsat Jabar

Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Via E-Samsat Jabar

Banyak layanan yang dihadirkan oleh kepolisian untuk bayar pajak motor online Jawa Barat. Layanan tersebut bervariasi sehingga bebas Anda pilih ingin membayar di situs terkait.

Salah satu situs atau layanan yang disediakan Samsat Jawa Barat untuk bayar pajak motor adalah S-Samsat Jabar. Layanan ini hasil inovasi tim pembina samsay Jawa Barat untuk memudahkan masyarakat.

Dengan adanya e-samsat Jabar, warga Jawa Barat tidak perlu repot mengantri ke samsat untuk bayar pajak. Terlebih kini e-samsat menyediakan metode pembayaran berbagai macam Bank.

E-Samsat Jabar Untuk Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat

Kehadiran situs E-Samsat Jabar juga punya beberapa macam jenis tujuan lain selain untuk memudahkan masyarakat bayar pajak. Diantara beberapa tujuannya seperti untuk menghindarkan percaloan pembayaran, menghapus korupsi dan sebagainya.

Untuk pembayar pajaknya sendiri, layanan e-samsat ini memberikan beberapa keuntungan. Pertama tentu saja lebih mudah dan efesien secara waktu saat bayar pajak motor online Jawa Barat.

E-samsat sejauh ini sudah digunakan oleh lebih dari 38 ribu pengguna wajib pajak. Mayoritas beberapa jumlah pengguna sudah sangat merasa puas karena layanan ini memberikan rasa nyaman bagi para wajib pajak saat membayarkannya.

Mereka tidak harus membayar lebih untuk calo yang seringkali meresahkan. Selain itu, layanan ini terintegrasi dengan semua bank yang beroperasi di Indonesia.

Sehingga Anda bisa menyesuaikan hendak bayar dengan bank yang digunakan. Baik melalui mesin atm atau mobile Banking, semua bisa dijadikan metode pembayaran e-samsat Jabar.

Syarat Bayar Pajak Motor Melalui E-Samsat

Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus Anda pahami saat bayar pajak motor online Jawa Barat. Pertama, motor Anda statusnya tidak diblokir.

Maksudnya, motor tersebut bukan hasil curanmor sehingga data kepemilikannya tidak diblokir samsat. Karena pasti akan terdeteksi jika motor tersebut hasil curanmor.

Syarat lain adalah Anda tentu harus punya nomer ponsel aktif untuk menerima sms berupa kode bayar pajak. Juga mempunyai nomer rekening di bank Bjb, Bank Bca dan Bank Bni.

Layanan e-samsat hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Dengan kata lain bisa berlaku untuk perpanjang stnk.

Sebaliknya, layanan e-samsat Jabar tidak bisa Anda gunakan untuk bayar pajak 5 tahun. Jadi untuk pembayaran pajak 5 tahun bisa diurus melalui layanan lainnya.

Cara Bayar Pajak di E-Samsat Jabar

Terlebih dahulu Anda perlu mendapat kode bayar melalui aplikasi Sambara. Instal dan buka aplikasi Sambara.

Setelahnya klik menu info PKB, memasukan nomer kepolisian kendaraan pada kolom pencarian. Klik opsi cari dan nantinya akan muncul info lengkap tentang kendaraan Anda.

Klik info kendaraan tersebut untuk mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus Anda bayar. Setelahnya klik daftar online.

Akan muncul form online yang harus Anda isikan. Lengkapi semua data mulai dari nomer kendaraan, nomer mesin dan juga nomer ktp Anda.

Jika semua data sudah lengkap Anda input, setelahnya klik oke. Nanti akan diproses sampai Anda mendapatkan kode bayar pajak.

Kode bayar tersebut harus Anda input saat melakukan transaksi pembayaran baik melalui mesin Atm atau mobile banking. Langkah berikutnya Anda datangi mesin atm terdekat dan lakukan pembayaran.

Jika sudah, nanti akan keluar struck bukti transaksi berhasil. Simpan struk tersebut untuk nanti digunakan sebagai verifikasi lanjutan di samsat.

Tidak terlalu sulit melakukan pembayaran pajak dengan hadirnya layanan e-samsat Jabar. Anda bisa bayar pajak motor online Jawa Barat dengan tanpa antri lagi di kantor samsat yang butuh waktu lama.