Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Termudah Anti Tertolak

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Termudah Anti Tertolak

Melakukan cara klaim asuransi mobil lecet telah menjadi pengetahuan krusial untuk nasabah. Apalagi jika telah membeli insurance tersebut untuk persiapan masa depan. Kalau sedang dibutuhkan tentunya perlu segera melakukannya.

Tapi sayangnya proses mengenai klaim tersebut sering dilupakan bagaimana cara melakukan. Pastinya bisa menyebabkan adanya kegagalan bahkan ganjalan yang menyebabkan kegagalan. Tidak heran perlu dipahami jangan sampai ada kesalahan.

Umumnya beberapa hal penting yang perlu disiapkan adalah mengenai dokumen kelengkapan. Artinya kepastian paling tinggi adalah mengenai kesiapan setiap dokumen tersebut. Pengajuan bisa segera dilakukan jika sudah menyiapkan.

Sebenarnya kondisi lecet dapat dikatakan termasuk sebagai kondisi kecelakaan sederhana. Meski begitu harus dilihat kembali tingkat kerusakan seperti apa. Tidak lain untuk meminta seberapa banyak jumlah proteksi yang diambil.

Selain itu sebenarnya pemakaian prosedur tersebut dapat dikatakan sama jika dibanding kecelakaan lain. Risiko apapun harus diketahui langkah klaim tepat. Meski punya mobilitas tinggi tapi pemegang polis bisa segera mencairkannya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Anti Ribet 100% Cair

Untuk bersiap mencairkan asuransi, tentu harus mengingat kembali tentang jenis yang dimiliki. Apakah termasuk sebagai Total Loss Only atau bersifat comprehensive. Tentunya tetap mudah melakukannya dengan panduan terlengkap.

  1. Menyiapkan Dokumen

Prosedur klaim insurance mobil pertama adalah dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Pastikan apabila telah menyiapkan segala macam perlengkapan untuk mencairkan. Jika melupakan dapat menghubungi perusahaan untuk menanyakan.

Selain itu pada cara klaim asuransi mobil lecet ini sebenarnya semuanya hampir sama. Terdapat ketentuan seperti fotocopy STNK, fotocopy SIM dan fotocopy polis asuransi. Lengkapi juga dengan mengisi polis insurance.

Tidak ketinggalan dalam mencairkan dibutuhkan juga dokumen berupa surat keterangan polisi. Hal ini perlu dilakukan terutama jika terjadi suatu kecelakaan. Jadi, membuktikan apabila memang bisa mengambil pencairan dana.

  1. Menghubungi Kantor Insurance

Dalam tahapan mencairkan asuransi kendaraan, jangan lupa langsung menghubungi kantor insurance. Pastinya dapat dilakukan dengan cara menghubungi kantor cabang terdekat. Bisa juga menghubungi pihak terkait dengan asuransinya.

Untuk cara klaim asuransi mobil lecet satu ini sebenarnya banyak sekali dipermasalahkan. Terutama jika hanya menggunakan nomor telepon dan sedang sibuk. Tidak menjadi masalah karena bisa juga memakai alamat email.

Selanjutnya hanya perlu mengikuti setiap panduan yang diberikan oleh petugas. Beberapa prosedur khusus akan diberi informasi langsung oleh petugas tersebut. Tentu membuat peluang keberhasilan pencairan akan lebih lancar.

  1. Foto Kondisi Mobilnya

Jangan lupa selalu foto kondisi mobilnya sebagai suatu bukti tambahan yang penting. Pastinya memiliki fungsi penting terutama sebagai suatu dokumentasi. Tentu memang harus dibuktikan kalau mengalami lecet atau kerusakan.

Foto ini pada prosedur klaim insurance mobil bisa dikirimkan pada email. Pastikan apabila kualitas foto tersebut cukup jelas untuk dikirim. Terutama supaya bisa dicek kembali oleh petugas dengan sebaik mungkin.

Selain itu jangan melupakan kalau harus melengkapi dengan informasi sejujur mungkin. Harus selalu sebenar-benarnya tanpa melebihkan yang telah terjadi. Kalau melakukan hal semacam ini dijamin 100% akan mengalami penolakan.

Mengisi Formulir dan Menyiapkan Dokumen Pihak Ketiga

Langkah selanjutnya yang perlu dilengkapi adalah mengisi formulir. Tentu akan menjadi tahapan mencairkan asuransi kendaraan dengan kepentingan yang besar. Pastinya pihak insurance telah menyediakan sehingga Anda hanya perlu mengisi.

  1. Mengisi Kolom Formulir

Terdapat beberapa kolom yang harus diisi sebaik mungkin tanpa terkecuali. Anda harus mampu menerangkan sebaik mungkin mengenai kondisi mobil tersebut. Termasuk seperti apa alasannya kenapa bisa mengalami kerusakan lecet.

Kronologi lengkap bisa membantu cara klaim asuransi mobil lecet untuk segera berhasil. Biasanya sering dilakukan juga bentuk pemeriksaan langsung pada bengkel. Tidak lain untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kerusakannya.

  1. Lengkapi Dokumen Pihak Ketiga

Dibutuhkannya dokumen pihak ketiga sebenarnya terjadi apabila kerusakan dari orang tersebut. Misalnya mengalami kecelakaan karena pihak ketiga berkendara kurang baik. Lalu menyebabkan lecet sehingga dia wajib bertanggung jawab.

Pastinya dibuat suatu dokumen khusus sebagai pembuktian kalau mereka akan bertanggung jawab. Selain itu Anda akan menerima ganti rugi dari pihak tersebut. Bisa menghubungi pihak insurance untuk syarat lebih lanjutnya.

Umumnya memang dibutuhkan beberapa dokumen khusus apabila masalah tersebut memang terjadi. Jangan melupakan kalau pengajuan akan dibantu lebih baik. Artinya jika memang dibutuhkan harus dijadikan sebagai dokumen krusial.

Mengunjungi Bengkel Rekanan dan Pastikan Masih Berlaku

Pada tahapan mencairkan asuransi kendaraan, jangan lupa mengunjungi bengkel rekanan. Biasanya hal ini dilakukan kalau tidak ingin menghubungi lewat telepon. Tentu terasa lebih baik karena bisa langsung mengisi formulirnya.

  1. Kecepatan Proses

Selain itu umumnya cara klaim asuransi mobil lecet tersebut berjalan begitu cepat. Hal ini disebabkan karena pemeriksaan juga dilakukan dengan maksimal. Artinya akan diberi informasi mengenai perbaikan yang memang dibutuhkan.

Bisa dibilang untuk pemberitahuan mengenai penerimaan tersebut memang baik. Hanya perlu diingat sebelum datang menuju bengkel untuk membawa syarat dulu. Tujuannya setelah sampai bisa langsung mengurus setiap jenis ketentuannya.

  1. Hindari Polis Lapse

Salah satu hal lain yang harus diingat pencairan yaitu belum polis lapse. Tentu mempengaruhi prosedur klaim insurance mobil bisa sukses. Apalagi telah menjadi pertanda apabila tidak aktif disebabkan telah menunggak.

Artinya harus selalu membayar premi berdasarkan dengan waktu yang telah ditentukan. Terutama karena kebutuhan tidak dapat kita ketahui akan muncul. Tidak heran jika polis lapse wajib dihindari sehingga klaimnya sukses.

Sebenarnya jika melihat prosedur yang diberlakukan cenderung mudah untuk setiap orang. Meski begitu harus mengetahui mengenai kesesuaian pada polis insurance. Apabila baru pertama kali melakukan jangan sampai menyalahi.

Bahkan ada baiknya untuk menghubungi terlebih dahulu pada petugas asuransi tersebut. Apalagi mereka sangat ahli dalam membantu untuk pengajuan klaim tersebut. Berkaitan dengan foto sebagai dokumen penguat juga dilengkapi.

Supaya tidak mengalami penolakan, jangan ketinggalan supaya belum terjadi kerusakan sebelumnya. Ditambah jangan melanggar aturan maupun terbukti jika sengaja merusaknya. Kemudian cara klaim asuransi mobil lecet bisa berhasil.