Asuransi Mobil Online Wajibkan Foto Mobil Setelah Kecelakaan

Asuransi Mobil Online Wajibkan Foto Mobil Setelah Kecelakaan

Ketika terjadi kecelakaan, pihak asuransi mobil online pastinya akan langsung meminta Anda untuk mengambil foto saat itu juga. Tetapi apakah Anda tahu apa yang dilakukan dengan foto itu? Lebih detail lagi, apakah Anda tahu mengapa pihak asuransi meminta semua foto itu?

“Apa yang baru saja terjadi?”, “Apakah semua baik-baik saja?”, “Bagaimana kondisi itu dan seberapa buruk yang terjadi pada mobilnya?”, “Salah pengendara itu atau salah saya?”, itu adalah sejumlah pertanyaan yang akan diajukan oleh Anda ketika terlibat ke kecelakaan.

Di kondisi itu, sudah jelas Anda akan sangat panik dan cukup khawatir juga dengan apa yang bisa dilakukan. Kecelakaan ini adalah kondisi yang membuat hati menjadi tidak tenang juga. Namun, setelah kepanikan itu reda, ada satu hal yang wajib untuk Anda lakukan saat itu.

Yang perlu dilakukan itu adalah dengan mengambil foto mobil yang terlibat ke kecelakaan itu. Anda mungkin keheranan terkait apa fungsinya ini. Tetapi intinya adalah, dengan Anda simpan foto itu dan kirimkan ke pihak asuransi, akan sangat membantu proses klaim.

Mengapa Anda Diwajibkan Foto Kondisi Mobil Setelah Kecelakaan untuk Asuransi Mobil Online?

Satu foto memiliki segudang informasi yang tidak kita sadari. Termasuk di kondisi kecelakaan, meskipun kita hanya mengambil foto random untuk dokumentasi sendiri. Ketika ingin klaim biaya perbaikan dari perusahaan, mereka juga pastinya akan meminta lampiran foto itu.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa di setiap kondisi Anda perlu untuk dokumentasi secara formal dan jelas. Karena dengan adanya foto ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat lain. Beberapa alasan asuransi mobil online wajibkan foto kondisi mobil adalah:

  1. Untuk Membantu Memikirkan Tentang Apa yang Terjadi

Ketika mengurus klaim suatu asuransi, satu tugas utama dari tim itu adalah untuk coba ketaui apa yang terjadi dan momen apa sebelum kecelakaan itu terjadi. Karena kalau di lokasi kejadian tidak ada CCTV dan bukti yang jelas, maka sulit tentukan hal ini.

Jadi, tim klaim ini akan melihat apa saja yang terjadi lewat foto itu. Ini juga berkaitan tentang penentuan siapa yang menjadi korban dan siapa yang jadi pelaku di masalah kecelakaan itu. Informasi di dalam foto ini adalah yang coba dipelajari tim tersebut.

  1. Ini Membantu Menentukan Kesalahan

Menentukan siapa yang salah di suatu kecelakaan akan membuat pihak perusahaan tahu bayaran siapa yang lebih besar. Misalnya ketika mempelajari tentang siapa yang salah dan siapa yang jadi korban, ada kebijakan asuransi mobil online itu di sana.

Pihak perusahaan akan mencoba mempelajari semua aktivitas ini agar korban dapat hak mereka. Mulai dari bayaran untuk part yang rusak dan biaya korban. Proses dari klaim ini juga mungkin saja mendapat bantuan langsung dari pihak perusahaan.

  1. Untuk Scanning Dokumen

Ketika sedang berada di proses klaim asuransi mobil online, perwakilan klaim akan datang dan melaporkan bukti ini. Dokumentasi file juga akan menjadi bagian yang penting. Di dalam foto itu juga pastinya akan mendapatkan banyak informasi baru.

Misalnya Anda datang sendiri ke kantor asuransi untuk mendapatkan hak Anda setelah kecelakaan itu terjadi. Dari foto itu juga pastinya ada yang dari pihak polisi. Sehingga foto itu akan menjadi media informasi dan sebagai alat bantu penting.

  1. Untuk Mempercepat Proses Claim

Foto akan membantu proses klaim agar berlangsung lebih cepat. Ini karena foto telah dianggap sebagai satu dokumen yang menggambarkan apa yang terjadi di kondisi kecelakaan itu. Misalnya foto mobil bagian depan hancur, berarti itu ketika maju.

  1. Membantu Menyelesaikan Masalah

Masih berkaitan juga dengan poin nomor 4, dimana ada saja masalah yang terjadi. Misalnya pihak satu menuduh pihak ke 2 yang menabrak bagian samping mereka, atau sebaliknya. Namun, ketika melihat foto itu, pasti akan dipelajari untuk kebenaran.

Mungkin saja dari foto itu ditampakkan kalau bumper mobil rusak, dan mobil di belakangnya alami kerusakan di bagian depan. Berarti, ini bisa jadi karena kecepatan yang terlalu tinggi atau rem mendadak. Jadi, tim itu akan mempelajari kondisi itu.

  1. Untuk Menentukan Langkah Lanjutan

Asuransi mobil secara online minta foto itu juga bukan karena hal simpel, tetapi juga untuk mengetahui apa langkah lanjutan yang bisa dilakukan. Misalnya menjadi bukti ke pihak polisi kalau butuh rambu lalu lintas dan aturan lain karena kecelakaan itu.

Apa Tipe Foto Kecelakaan yang Perlu Anda Simpan?

Secara umum, foto biasanya digunakan sebagai bukti konkrit atas suatu kecelakaan. Segala keperluan tentang foto ni bukan selalu perlu Anda simpan. Karena bagaimana pun juga, dari asuransi mobil online sudah menyertakan apa saja syarat foto kecelakaan yang penting.

Mulai dengan ambil gambar dari jarak yang cukup jauh atau wide angle untuk melihat semua skema kejadian kecelakaan itu. Karena dengan jarak pandang yang luas, ini dapat menjadi sarana untuk melihat gambaran kejadian dengan lebih jelas serta properti yang terlibat.

Selanjutnya, jangan lupa untuk ambil foto tentang kendaraan yang terlibat itu, termasuk juga dengan plat kendaraan itu. Properti yang rusak akibat kecelakaan juga akan diminta oleh pihak asuransi mobil secara online, seperti rambu jalanan, pagar, atau properti publik lainnya.

Salah satu ahli juga menyarankan Anda untuk mengambil gambar dari angle yang berbeda, atau four corner karena akan membantu melihat perspektif dengan interval yang sesuai. Dengan semua objektif di sini, pastinya akan membantu Anda klaim proses lanjutan.

Ada banyak cara untuk klaim asuransi Anda, salah satunya adalah dengan lengkapi semua barang bukti. Kendaraan dari nasabah asuransi memiliki jaminan dari perusahaan yang berwenang. Asuransi mobil online menyertakan ini sebagai persyaratan proses klaim.