Perlukah Asuransi Mobil? Simak Keuntungan dan Kerugiannya di Sini

Perlukah Asuransi Mobil? Simak Keuntungan dan Kerugiannya di Sini

Perlukah asuransi mobil? Pertanyaan satu ini pasti pernah muncul di benak Anda bukan? Terlebih lagi jika Anda baru memiliki mobil. Pasti ada rasa khawatir akan terjadi kerusakan secara tidak sengaja pada kendaraan Anda. Dalam kondisi ini, apa yang harus dilakukan?

Apakah mendaftarkan kendaraan ke dalam program asuransi menjadi satu-satunya cara? Atau mungkin ada solusi lain yang bisa memberikan hasil lebih baik? Jika harus menggunakan asuransi, jenis asuransi apa yang harus dipilih? Bagaimana juga pengelolaan uang yang baik agar premi asuransi tidak memberatkan?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tentu saja ada langkah-langkah yang harus dilewati. Salah satunya adalah dengan melakukan analisis terlebih dahulu terhadap kebutuhan Anda dan produk asuransi yang tersedia. Ini merupakan fase penting yang tidak boleh disepelekan.

Perlukah Asuransi Mobil? Pertimbangkan Beberapa Alasan Ini

Bagaimanapun juga, kehidupan ini tidak akan bisa lepas dari yang namanya risiko. Risiko ini masuk ke dalam berbagai sektor kehidupan dan termasuk salah satunya adalah dalam kepemilikan dan penggunaan mobil.

Ketika Anda memiliki mobil, bukan hal yang tidak mungkin apabila kendaraan tersebut mengalami kejadian yang tidak terduga seperti misalnya hilang, rusak karena ditabrak, kecelakaan, lecet tergores dan lain sebagainya.

Ketika Anda tidak memiliki asuransi, tentu biaya untuk menutupi semua risiko tersebut harus diambil dari kantong masing-masing. Tapi ketika Anda memiliki jaminan asuransi, Ada pihak lain yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Anda hanya perlu membuat laporan dan pihak asuransi akan membayarkan semua biaya yang dibutuhkan dalam proses perbaikan tersebut. Syaratnya, Anda hanya perlu membayar premi setiap bulannya.  Ada beberapa keuntungan utama yang akan Anda dapatkan ketika mengambil asuransi mobil.

  1. Jaminan Perlindungan Kendaraan

Memiliki jaminan perlindungan kendaraan merupakan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan perlukah asuransi mobil? Dengan memiliki asuransi mobil, Anda bisa terbebas dari risiko kecelakaan atau pencurian.

Jadi Anda bisa menghindari risiko kerusakan parah pada kendaraan akibat hal hal yang tidak terduga. Mungkin manfaat ini tidak bisa Anda rasakan secara langsung. Namun di kemudian hari, pasti ada benefit yang akan didapat.

  1. Membantu Perencanaan Keuangan

Jawaban lain untuk pertanyaan perlukah asuransi mobil adalah membantu perencanaan keuangan Anda agar lebih baik. Dengan perencanaan keuangan yang baik ini, perencanaan yang sudah Anda susun sebelumnya tidak akan terganggu.

Hal ini tentu akan sangat berdampak positif terhadap stabilitas perekonomian Anda. Jadi meskipun terjadi kerusakan parah terhadap mobil Anda, hal ini sama sekali tidak akan mengganggu anggaran yang sudah dipersiapkan untuk hal lain.

  1. Menciptakan Rasa Aman

Tidak bisa disangkal, kepemilikan asuransi mobil memberikan Anda rasa aman. Bepergian kemanapun Anda tidak akan merasa was-was. Semuanya sudah dicover dengan menggunakan polis yang disepakati antara Anda dan penyedia asuransi.

Namun tetap saja Anda harus berkendara dengan hati-hati di dalam kondisi apapun. Ikuti rambu lalu lintas dengan baik. Pastikan juga kalau mobil Anda berada dalam kondisi yang bagus ketika dikendarai.

  1. Bentuk Sarana Investasi

Alasan lain untuk pertanyaan perlukah asuransi mobil adalah bentuk investasi. Jika dilihat dari sisi perekonomian, bagaimanapun juga asuransi ini adalah sarana investasi yang sangat baik untuk dimiliki.

Anggap saja Anda menabung secara rutin untuk mendapatkan masa depan yang jauh lebih baik. Mobil dengan jaminan asuransi tentunya memiliki standar yang jauh lebih tinggi karena semua komponennya dijaga sesuai polis yang dipilih.

  1. Mendapatkan Beberapa Layanan Tambahan

Alasan lain kenapa Anda harus memiliki layanan asuransi adalah tersedia banyak sekali layanan tambahan di dalamnya. Contohnya adalah layanan servis secara gratis di bengkel, fasilitas hotline 24 jam dan layanan lainnya.

Layanan tambahan ini sama sekali tidak akan Anda temukan apabila tidak menggunakan jaminan asuransi. Kalaupun ada, pasti biayanya akan sangat tinggi. Karena itu Anda harus melakukan tindakan preventif mulai saat ini dengan memiliki asuransi mobil.

Jenis-Jenis Asuransi Beserta Manfaat Polisnya

Selain memahami apa saja alasan yang membuat Anda harus memiliki asuransi, hal lain yang harus Anda pahami adalah jenis dari asuransi itu sendiri. Penting untuk dipahami jika asuransi mobil sendiri terbagi menjadi 5 pilihan utama.

  1. Asuransi All Risk

Asuransi All Risk, artinya semua risiko ditanggung oleh penjaminan. Baik risiko terburuk yang terjadi pada mobil ataupun pada pengendaranya. Tidak hanya risiko buruk saja, hal hal kecil seperti mobil lecet atau rusak juga bisa diklaim dengan menggunakannya.

  1. Asuransi Total Loss Only

Asuransi Total Loss Only hanya berlaku bagi mereka yang kehilangan mobil atau mengalami kerusakan dengan presentasi 75% atau lebih. Artinya mobil memang sudah tidak bisa digunakan lagi karena rusaknya sudah terlalu parah.

  1. Asuransi Collision Coverage

Collision Cover diperuntukkan bagi Anda yang kurang hati-hati. Jadi jika terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi, maka pihak asuransi akan menutup semua biaya yang diperlukan dalam perbaikannya.

  1. Liability Insurance

Keberadaan liability insurance mungkin bisa menjawabnya. Asuransi satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan jaminan perbaikan secara menyeluruh pada mobil. Namun ada biaya tambahan yang diberikan kepada pengemudi.

  1. Personal Injury Protection

Personal Injury Protection diperuntukkan bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan. Jadi jaminan asuransi hanya bisa diklaim oleh pengemudi saja dan tidak untuk kendaraannya. Sayangnya tidak semua penyedia asuransi menyediakan fasilitas ini.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil?

Selain menjawab pertanyaan Perlukah asuransi mobil, tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk klaim dari asuransi itu sendiri. Ini dia panduan selengkapnya.

  1. Pertama Anda hanya perlu foto kondisi kendaraan terakhir
  2. Serahkan berkas yang diperlukan sesuai keperluan
  3. Datangi bengkel rekanan yang sudah ditentukan oleh asuransi
  4. Isi Formulir klaim yang tersedia
  5. Sekarang Anda hanya tinggal menunggu kabar dari bengkel dan penyedia asuransi.

Pada dasarnya Anda harus mengikuti semua regulasi yang sudah ditentukan oleh penyedia asuransi. Pastikan juga untuk memahami semua poin yang sudah kami jelaskan di atas karena penjelasan tersebut bisa menjawab pertanyaan perlukah asuransi mobil saat ini?