Asuransi Mobil TLO, Kelebihan, Cara Klaim dan Tips

Asuransi Mobil TLO, Kelebihan, Cara Klaim dan Tips

Asuransi mobil TLO adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan dengan kerusakan total sampai 75% atau lebih. Dari sini bisa diketahui bahwa proteksi yang diberikan asuransi allrisk lebih besar.

Jenis TLO memberikan jaminan penggantian biaya jika kendaraan Anda hilang atau rusak dengan kondisi kerusakan di atas 75%. Contoh kasus jika kendaraan menabrak trotoar dan mengakibatkan kerusakan pada bagian bemper maka tidak bisa klaim TLO.

Kerusakan seperti contoh kasus tersebut bisa diklaim jika menggunakan pertanggungan all risk. Kecuali untuk kasus kehilangan, misalnya hilang ketika diparkir di depan ruko. Atau kecelakaan parah yang perhitungannya hampir tidak bisa diperbaiki seperti semula.

Kelebihan Asuransi Mobil TLO

Kelebihan utamanya adalah premi yang lebih murah jika dibandingkan dengan all risk. Perbedaannya cukup signifikan karena memang pertanggungannya juga terbatas. Ini sangat direkomendasikan kepada pemilik mobil bekas.

Dengan membayar premi terjangkau, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih maksimal. Apalagi jika memiliki mobil kondisi bekas yang usianya sudah lama, biasanya selain keperluan asuransi juga dibutuhkan biaya maintenance.

Kelebihan lainnya adalah, manfaat bisa diperluas. Jadi sebetulnya asuransi mobil TLO ini fleksibel untuk digunakan. Anda dapat menambah manfaat misalnya perlindungan terhadap bencana alam, huru-hara, kebakaran dan sebagainya.

Penambahan manfaat atas pertanggungan ini cukup terjangkau. Anda sebagai pemegang polis hanya dikenakan tambahan biaya sebesar 0,05% sampai 1,3% per tahun. Anda juga diperkenankan mengganti jenis menjadi all risk jika lebih dibutuhkan.

Dengan menggunakan asuransi mobil TLO ini Anda sudah melakukan langkah efisiensi. Di mana jika terjadi risiko kecelakaan, maka biaya perbaikannya bisa sangat mahal. Lebih efektif dan efisien jika mengalihkannya kepada pihak ketiga.

Pengeluaran untuk perbaikan yang tadinya bisa sampai puluhan juta, misalnya, bisa ditanggung oleh pihak ketiga tersebut. Jadi bisa dikatakan uang pertanggungan yang diberikan jauh lebih tinggi dibanding premi bulanan Anda.

Kelebihan satu ini cukup penting, yaitu mengganti atas risiko kehilangan. Tidak ada yang dapat menjamin kendaraan Anda aman meski sudah dilengkapi dengan kunci, sensor serta diparkir di area rumah. Suatu ketika bisa saja dicuri.

Dan ini tidak hanya untuk kendaraan baru, tetapi bekas juga bisa. Sehingga memberi keamanan selama Anda memiliki dan menggunakan kendaraan dimanapun berada. Selama sesuai dengan ketentuan dan syarat yang disepakati bersama perusahaan asuransi kehilangan bisa ditanggung.

Cara Klaim Asuransi Mobil TLO

Penting untuk diketahui bagaimana cara klaim pada saat terjadi risiko terhadap kendaraan. Langkahnya sederhana saja, Anda bisa mengikuti beberapa tahapan seperti berikut ini.

  1. Lapor Klaim

Segera buat laporan atas kerugian yang dialami dalam waktu 5 hari kerja sejak terjadi risiko. Pelaporan klaim dapat dilakukan dengan melakukan telepon ke call center, bisa juga membuat laporan via aplikasi online.

Sudah banyak perusahaan yang menyediakan platform digital untuk nasabah. Sehingga tidak lagi repot saat mengalami risiko baik kerusakan, kecelakaan, bencana maupun kehilangan. Bisa segera membuat laporan secara online.

  1. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen yang diperlukan, jika belum paham apa saja, bisa menanyakan langsung ke call center. Dokumen juga disertai form klaim sesuai produk yang diisi lengkap. Kirim dokumen melalui atau facsimile, disertai foto.

  1. Cek Bengkel Rekanan

Datangi bengkel terdekat yang terdaftar sebagai rekanan. Anda bisa mencarinya melalui aplikasi online atau menghubungi call center. Jangan lupa mengisi formulir klaim asuransi mobil TLO, lengkapi tandatangan dan materai.

Pastikan bengkel sudah kredibel. Pengurusannya cepat, tidak berbelit dan sesuai dengan perhitungan yang benar. Jangan sampai Anda justru dikenakan biaya lain-lain sebagai beban tambahan yang akhirnya justru merugikan.

Selanjutnya Anda cukup menunggu proses konfirmasi. Jika perusahaan asuransi menyetujui, maka mobil akan segera diperbaiki. Ini adalah tahapan untuk klaim apabila terjadi kecelakaan dan kerusakan.

Jika kasusnya adalah kehilangan, langkah pertama harus membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Tulis kronologi kejadian, kemudian sertakan dokumen seperti KTP, SIM, STNK, BPKB, Polis Asuransi dan surat laporan kehilangan dalam pengajuan klaimnya.

Tips Agar Klaim Tidak Ditolak

Dalam berbagai kasus tidak sedikit proses pengajuan klaim kepada pihak perusahaan asuransi mendapatkan penolakan. Hal ini disebabkan berbagai faktor persyaratan yang mungkin kurang dipenuhi.

Klaim asuransi mobil apapun jenisnya harus segera diurus karena batas waktunya pendek hanya selama 3 x 24 jam. Minimal segera membuat laporan lisan dengan menghubungi call center atau via aplikasi.

Wajib melengkapi persyaratan dokumen. Maka harus diingat betul apa saja yang diperlukan. Seperti foto kondisi mobil, surat keterangan polisi, fotokopi SIM dan STNK dan tentu saja formulir pengajuan klaim.

Jika kasusnya adalah kecelakaan, perlu dipastikan tidak ada unsur pelanggaran hukum. Contoh, pengemudi tidak memiliki SIM. Ini bisa menyebabkan pertanggungan batal, sebab terjadi pelanggaran.

Perhatikan wilayah kejadian kecelakaan sesuai dengan klausul wilayah dalam kesepakatan. Untuk mengetahuinya bisa membaca dari buku polis. Bisa juga mencari info secara online apabila tidak membawa buku.

Jika terdapat modifikasi pada mobil, laporkan juga ke pihak asuransi melampirkan nilai pertanggungan aksesori tersebut. Dan paling penting adalah memastikan bahwa polis masih aktif untuk menghindari penolakan.

Anda juga tidak diperkenankan melakukan perusakan secara sengaja. Terutama untuk mobil yang kondisinya tidak lagi baru, biasanya banyak part tertentu mudah rusak. Jika kemudian diketahui kerusakan akibat disengaja, maka klaim pasti ditolak.

Masyarakat modern harus sadar pentingnya asuransi terutama untuk kendaraan. Sebab risiko semakin rentan terjadi akibat tindak kejahatan, kondisi keamanan seperti huru-hara, kemudian juga bencana alam. Lebih aman jika Anda memiliki asuransi mobil TLO maupun lainnya.