Daftar Rekomendasi Asuransi Mobil Pekanbaru Terbaik 2022

Daftar Rekomendasi Asuransi Mobil Pekanbaru Terbaik 2022

Ada cukup banyak pilihan asuransi mobil Pekanbaru yang bisa Anda gunakan saat ini. Dengan asuransi tersebut, berbagai risiko keuangan terkait kepemilikan kendaraan bisa kita kendalikan sehingga ancaman kerugian bisa dihindari.

Prinsip asuransi pada kendaraan pada dasarnya sama saja dengan asuransi kesehatan yang kita miliki. Khusus pertanggungan kendaraan, kita bisa mendapat manfaat keuangan berupa ganti rugi atas risiko kerugian tertentu.

Beberapa contoh kerugian yang bisa dialami seperti risiko perbaikan mobil akibat kecelakaan, pencurian, kerugian akibat bencana alam, dan sebagainya. Karena itulah asuransi mobil sangat perlu dianggarkan.

Mengenal Manfaat Memiliki Asuransi Mobil Pekanbaru

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Pekanbaru memiliki cukup banyak populasi mobil yang aktif digunakan. Hal ini tentu membuat peran asuransi mobil penting untuk digunakan para pemilik kendaraan tersebut.

Bukan tanpa alasan, adanya pertanggungan dapat memberi kita perlindungan atas risiko kerugian yang dialami selama kita menggunakan kendaraan. Adapun manfaat dari menggunakan  asuransi mobil adalah sebagai berikut:

  1. Solusi Keuangan Ketika Terjadi Kerugian

Saat kendaraan Anda mengalami kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk mereka dengan penghasilan menengah, hal tersebut bisa jadi mengganggu keuangannya.

Dengan adanya pertanggungan, nilai kerugian akibat kerusakan kendaraan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga tidak akan mengganggu keuangan dari si pemilik.

  1. Memberi Ketenangan bagi Pemilik Kendaraan

Adanya pertanggungan secara tidak langsung akan memberikan ketenangan kepada pemilik mobil sehingga mereka bisa lebih santai dalam menggunakan kendaraan sehari-hari. Dengan begitu, pemanfaatan mobil bisa dilakukan secara optimal

Tidak tenang dalam menggunakan kendaraan justru akan menimbulkan banyak ketakutan. Di antaranya takut parkir terlalu dekat sehingga memakan banyak ruang, takut berjalan terlalu cepat sehingga menimbulkan kemacetan, dan sebagainya.

  1. Memperoleh Manfaat Tambahan

Sejumlah asuransi kendaraan, termasuk asuransi mobil Pekanbaru, memiliki manfaat layanan tambahan kepada para anggotanya. Salah satunya adalah biaya rental kendaraan selama masa perbaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, ada juga polis yang memberikan manfaat tambahan berupa layanan derek ketika mobil sedang mogok di tengah jalan. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu pada mobil saat sedang dipakai.

  1. Melindungi dari Risiko Kehilangan (Pencurian)

Salah satu tindak kejahatan yang dilindungi oleh pihak asuransi mobil Pekanbaru atau secara umum adalah kehilangan kendaraan akibat pencurian. Nantinya, nilai kerugian akan diganti oleh pihak penanggung sesuai ketentuan berlaku.

Hilangnya mobil akibat pencurian sejatinya akan menghilangkan seluruh nilai kendaraan yang kita miliki. Hal itu tentu saja akan memukul keuangan si pemilik mobil jika tidak ada pertanggungan yang melindunginya.

  1. Melindungi dari Bencana Alam

Salah satu hal tidak terduga lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan pada mobil adalah terjadinya bencana alam. Pada kondisi ini, kendaraan yang rusak bisa Anda cover dengan sebuah asuransi.

Dengan begitu, aset yang Anda miliki khususnya mobil, bisa tetap bertahan nilainya meskipun terjadi kerusakan. Jika daerah rumah Anda cukup rawan dengan banjir, penggunaan asuransi mobil sangat dianjurkan.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis pertanggungan yang sudah banyak dikenal saat ini terdiri dari 2 macam, yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Keduanya dibedakan berdasarkan jenis kerugian yang bisa diklaim.

Untuk lebih memahaminya, silakan simak penjelasan dari masing-masing jenisnya berikut ini:

  1. Asuransi TLO

Seperti namanya, pertanggungan jenis ini hanya dapat diklaim ketika total kerusakan pada mobil mencapai 75% atau lebih. Artinya, Anda tidak bisa mengajukan klaim jika kerusakannya masih di bawah 75%.

Dalam hal ini, kehilangan kendaraan akibat pencurian atau kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan parah lebih dari 75% bisa mendapatkan klaim dari asuransi jenis ini.

  1. Asuransi All Risk

Berbeda dari jenis sebelumnya, pertanggungan ini bisa melindungi berbagai bentuk kerusakan pada kendaraan. Tidak harus kerusakan berat atau kehilangan, kendaraan mengalami lecet sedikit saja bisa Anda klaim manfaatnya.

Hal ini membuat premi yang harus dibayar untuk asuransi jenis ini lebih mahal daripada jenis TLO.

Daftar Asuransi Mobil Pekanbaru Terbaik

Bagi Anda yang berada di Pekanbaru, ada sejumlah perusahaan penyedia asuransi kendaraan yang bisa dipilih. Silakan simak daftarnya berikut ini:

  1. Sinar Mas Pekanbaru

Dengan usia pendaftaran mobil yang cukup panjang untuk diasuransikan hingga 12 tahun, perusahaan Sinar Mas bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki kendaraan tua. Nilai premi per bulannya juga cukup murah.

Untuk jenis TLO, Anda hanya perlu membayar Rp 35.000 dan untuk jenis All Risk hanya sebesar Rp 175.000 saja.

Manfaat:

  • Klaim kerusakan akibat kecelakaan, tersambar petir, tergelincir di jalan, tabrakan, hingga kebakaran.
  • Klaim kehilangan kendaraan akibat pencurian.
  • Klaim kecelakaan selama menyeberang dengan kapal Fery.
  • Pertanggungan biaya derek.
  1. Ramayana Pekanbaru

Rekomendasi asuransi mobil Pekanbaru selanjutnya adalah dari Ramayana Pekanbaru. Di sini, kita biasanya akan langsung diarahkan ke produk otoransi yang memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Ganti rugi terjadinya kecelakaan, termasuk sopir dan penumpang.
  • Bertanggung jawab secara hukum pada pihak ketiga jika diperlukan.
  • Ganti rugi kecelakaan, kebakaran, hingga kehilangan kendaraan akibat pencurian.
  • Layanan derek kendaraan gratis.
  • Ganti rugi kecelakaan penyeberangan kapal Fery.
  1. ABDA Pekanbaru

Selanjutnya, Anda juga bisa memilih asuransi dari ABDA dengan premi bulanan mulai dari Rp 65.000 saja. Sebagai pendukung, ABDA memiliki lebih dari 400 bengkel rekanan yang bisa digunakan.

Manfaat:

  • Layanan roadside assistance (RSA) selama 24 jam.
  • Manfaat tambahan untuk perlindungan kejadian banjir.
  • Ganti rugi atas kerusakan dan juga kehilangan kendaraan.

Melindungi kendaraan dari berbagai risiko kerusakan dan kehilangan adalah salah satu bentuk manajemen risiko pada aset pribadi. Bagi Anda yang tinggal di Pekanbaru, beberapa asuransi mobil Pekanbaru di atas bisa menjadi pilihannya.