Cara Meredupkan Cahaya Laptop dengan Setting Termudah

Cara Meredupkan Cahaya Laptop dengan Setting Termudah

Mencoba menjalankan cara meredupkan cahaya laptop termasuk menjadi tutorial sederhana. Meski begitu bukannya sudah banyak diketahui semua penggunanya. Tidak heran jika harus mempelajari supaya bisa mengganti keredupan cahaya.

Apalagi saat dirasakan selalu terang maupun terlalu minim bisa menyebabkan kurang nyaman. Terlebih jika digunakan terus setiap harinya tanpa henti. Tentu harus disesuaikan kembali pada keinginan maupun kebutuhan penggunanya.

Sebenarnya langkah seperti ini begitu penting supaya tidak melakukan suatu kesalahan. Jika memakai tombol, pastinya ada ketakutan menyebabkan masalah seperti error. Belum lagi tidak berpengalaman dan kurang memahami jelas.

Apabila telah mengetahui langkahnya, tidak perlu takut melakukan kesalahan kembali. Melainkan dijamin baik disebabkan kecepatannya juga cukup maksimal. Bahkan hanya dalam hitungan detik saja bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

Kita telah mengetahui kalau perangkat Windows telah disertai berbagai cara atau setting. Ada langkah utama maupun alternatif telah disesuaikan untuk Anda pakai. Hasilnya dapat dipilih sekaligus digunakan jika sedang diinginkan.

Cara Meredupkan Cahaya Laptop dengan Setting Windows 10

Kalau Anda menjadi user Windows 10, pastikan menemukan berbagai langkah paling simple. Tapi bisa mencoba Display Setting atau Action Center sebagai rekomendasi. Tentunya berguna mendatangkan pengaturan kecerahan termudah.

1. Pilih Display Setting

Langkah pertama dalam cara meredupkan cahaya laptop yakni dengan pilih display setting. Untuk mengaksesnya, Anda bisa langsung menuju bagian search taskbar. Kemudian dapat secara manual mengetikan menu display setting.

Selanjutnya harus klik Open dan display setting tersebut otomatis terbuka. Di sana kita akan ditunjukkan informasi pemakaian menu mencerahkan dan meredupkan. Tentunya bisa mengaturnya menuju arah kanan atau kiri layar.

Sebenarnya Anda bisa menemukan Night Light apabila ingin paling redup. Meski begitu sering dirasakan kurang nyaman terutama jika terlalu terang. Tapi fitur display setting bebas mengatur sendiri sehingga bisa dipakai.

2. Mencoba Action Center

Jika merasa display setting, kurang maksimal dapat mencoba action center. Apalagi karena sama-sama menjadi cara meredupkan cahaya laptop maksimal. Anda dapat menemukan menu ini pada bagian bawah kanan layar laptop.

Menu yang digunakan pada action center adalah Expand untuk melanjutkan. Setelah itu Anda secara bebas dapat menentukan sendiri kecerahan dan keredupan. Sama seperti langkah sebelumnya dapat disesuaikan pada kebutuhan.

Sebenarnya penggunaan action center dapat dikatakan cukup lengkap. Terlebih karena beberapa fitur lainnya juga ditemukan untuk mengatur display dan visual layar. Jadi, bisa dicoba karena berpeluang digunakan terus.

Meredupkan Kecerahan Layar Laptop Pada Windows 8

User Windows 8 sebenarnya bisa menemukan kemudahan saat ingin mengatur tingkat kecerahan layar. Terutama karena terdapat beberapa icon mudah sekali ditemukan. Hanya perlu beberapa klik atau memilih dan otomatis mengaturnya.

1. Klik Icon Baterai

Cara meredupkan cahaya laptop Windows terbilang mudah karena memakai klik icon baterai. Anda bisa menemukannya pada bagian bawah kanan dekstop atau taskbar. Disana kita juga menemukan beberapa fungsi mengecek battery.

Selain itu informasi berkaitan dengan audio, koneksi internet dan tanggal tersedia. Tapi harus klik Ikon Baterai karena menjadi menu yang akan dipilih. Pada menu inilah pengaturan keredupan dan kecerahan diatur.

2. Adjust Screen Brightness

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah klik adjust screen brightness pada menunya. Disini sudah kelihatan kalau menu tersebut mengatur layar screen. Tidak lain supaya mampu kelihatan lebih terang maupun redup.

Sebenarnya untuk pemakaian adjust screen brightness dapat dilengkapi pilihan dari custom. Misalnya menggunakan power plan yang digunakan dalam perangkat. Baik berupa Balanced maupun power saver dapat dijadikan sebagai pilihan.

3. Geser untuk Mengatur

Apabila tidak menggunakan pilihan custom, tentunya masih dapat diatur sendiri. Terutama dengan cara geser untuk mengatur kecerahan layar tersebut. Gesernya dapat menuju bagian kanan maupun kiri dan menentukan segera.

Untuk cara meredupkan cahaya laptop ini dapat diulangi terus kalau ingin diubah. Terlebih kalau masuknya cahaya dari luar mempengaruhi kecerahan. Jika ingin ditambahkan maupun dikurangi intensitasnya dapat segera dilakukan.

Sebenarnya bagi pengguna Windows 8, sebenarnya masih terdapat cara seperti Control Panel. Nantinya hanya perlu menuju Hardware and Sound lalu Display Brightness. Kemudian menggeser kanan atau kiri menyesuaikan keinginan.

Alternatif Meredupkan Brightness Laptop Via Keyboard

Sebenarnya menggunakan Keyboard untuk mengatur kecerahan layar laptop menjadi mudah. Terutama disebabkan sudah terdapat langsung dalam Keyboard tersebut. Tapi harus menyesuaikan kembali dengan apa brand yang dipakai.

Untuk cara meredupkan cahaya laptop sendiri bisa menggunakan tombol dengan tanda seperti matahari. Tentunya terdapat dua jenis yakni untuk meredupkan dan mencerahkan. Pastinya memilih meredupkan untuk mengurangi brightness.

Biasanya tidak membutuhkan kombinasi tapi ada juga yang harus memakainya. Misalnya kalau memakai merek Lenovo di mana terdapat pengaturan F11 dan F12. Keduanya dapat disesuaikan pemakaiannya pada kebutuhan dan keinginan.

Sementara itu kalau memakai Acer, bisa menggunakan Fn+Panah Kanan atau Fn+Panah Kiri. Tapi ada juga produk Acer menggunakan F3 dan F4. Fungsinya sama-sama baik sehingga boleh digunakan jika memang ada.

Selain itu merek lain seperti Asus, menggunakan tombol F5 dan F6. Kebanyakan pabrikan saat ini menempatkannya pada bagian F 1-12. Anda dapat memeriksanya langsung dan mengecek apakah fungsinya masih baik.

Setiap langkah dan panduan tersebut terjamin langsung berhasil apabila Anda lakukan. Terutama karena langkah untuk peredupan tersebut terbilang singkat. Tapi harus diketahui kalau hanya bisa dipakai kalau perangkatnya masih aman.

Apabila laptop maupun komputer bermasalah, ada kemungkinan harus diperbaiki. Apalagi jika bagian driver VGA tidak pernah Anda update. Tentu kebanyakan memang hanya terjadi pada perangkat dengan usia yang lebih tua.

Jika memakai perangkat baru, kemungkinan besar tidak mengalami masalah semacam itu. Melainkan bisa bekerja disebabkan panduan singkat dan mudah. Hasilnya melakukan tahapan cara meredupkan cahaya laptop selalu berhasil.