Cara Melihat Hasil PCR di Aplikasi PeduliLindungi Mudah

Cara Melihat Hasil PCR di Aplikasi PeduliLindungi Mudah

Bukan sebuah hal sulit menerapkan cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi. Tapi, tidak sedikit orang yang belum mengetahui caranya. Pada situasi tertentu, mengetahui hasil tes PCR itu diperlukan.

Bukan hanya untuk mengetahui keadaan kesehatan terkini saja. Tapi, tes PCR juga dipakai sebagai syarat mengunjungi berbagai tempat umum. Hal ini berlaku sejak maraknya masa pandemi Covid-19 hingga sekarang.

Tapi, semakin menurun kasus covid-19, ketentuan penggunaan tes PCR atau Polymerase Chain Reaction sudah tidak seketat saat masih marak. Bagi Anda yang ingin melihatnya melalui aplikasi PeduliLindungi, dapat menyimak ulasan berikut.

Inilah Cara Melihat Hasil PCR di Aplikasi PeduliLindungi Mudah Dilakukan

PCR merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mendeteksi virus penyebab Corona. Bila ingin melihat hasil tes PCR melalui aplikasi, Anda perlu memasangnya terlebih dahulu PeduliLindungi di smartphone.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store, menyesuaikan dengan jenis ponsel yang akan digunakan untuk mengaksesnya. Setelah terpasang, ikuti tata cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi berikut:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah terpasang di smartphone.
  2. Masuk ke dalam akun menggunakan nomor telepon atau alamat email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Jika belum memiliki akun, daftarkan diri dengan menekan bagian Register terlebih dahulu dan isikan berbagai informasi data yang diminta.
  3. Biasanya pada saat login akan dikirimkan kode OTP sebagai langkah verifikasi menuju akun. Kode OTP dikirimkan melalui nomor WhatsApp.
  4. Setelah berhasil login, halaman utama aplikasi akan tampil dan banyak fitur menarik tersedia. Karena ingin melihat hasil tes PCR, klik bagian Covid -19 Test Results. Lokasi tepatnya ada di sebelah kanan opsi Vaccine and Immunization.
  5. Aplikasi akan menampilkan status keterangan bila Anda sudah melakukan tes PCR. Sedangkan bila belum, akan muncul keterangan yang mengatakan bahwa Anda belum mempunyai hasil tes Covid-19.

Tata Cara Melihat Hasil PCR Lewat Situs PeduliLindungi

Tidak semua orang bisa memasang aplikasi PeduliLindungi di smartphone mereka karena berbagai alasan. Salah satu alasannya kapasitas memori ponsel terbatas, sehingga tidak mumpuni bila dipasang. Seperti kita tahu pemasangan aplikasi memerlukan memori yang cukup.

Ketika tidak bisa menerapkan cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa mengaksesnya lewat situs resmi. Tidak hanya bisa di akses melalui smartphone saja, tapi juga laptop atau komputer. Tata cara selengkapnya yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, buka alamat website pedulilindungi.id. Atau bisa juga dengan menuliskan PeduliLindungi pada kolom mesin pencarian, nantinya akan muncul daftar paling atas situsnya.
  2. Setelah halaman utama situs terbuka, klik bagian Periksa Hasil Tes Covid-19 di Sini.
  3. Kemudian inputkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan terdaftar yang ingin Anda periksa hasil tesnya.
  4. Lanjutkan dengan mencentang kode captcha bertuliskan I’m Not a Robot, lalu tekan tombol Submit.
  5. Halaman akan menampilkan informasi keterangan Data Vaksin, Hasil PCR dan Hasil Antigen di bagian bawahnya. Akan muncul keterangan Tidak Ada bila Anda belum melakukan PCR.

Jadi, saat mengeceknya melalui situs, bukan hanya informasi mengenai Polymerase Chain Reaction saja yang akan Anda dapatkan. Penting dipahami, Anda tidak harus mempunyai akun PeduliLindungi saat ingin memeriksa PCR ini melalui website.

Berbeda dengan cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi yang harus memiliki akun terlebih dahulu. Metode pengaksesan memakai website sangat solutif bagi Anda yang belum memiliki akun.

Pastikan saat menerapkan metode ini koneksi jaringan internet stabil. Tujuannya supaya proses pengecekan berjalan lancar dan informasi yang dibutuhkan lebih cepat ditampilkan. Ketika tidak stabil biasanya proses pengaksesan lambat bahkan hanya akan loading saja.

Bagaimana Bila Hasil Tes PCR Tidak Keluar?

Salah satu pertanyaan yang kerap dipertanyakan bagi banyak orang adalah, bagaimana bila hasil tes PCR tidak keluar? Padahal sebelumnya sudah melakukan tes. Penting diketahui bahwa hasil tes ini di PeduliLindungi akan dilakukan oleh pihak laboratorium yang telah terdaftar.

Tapi, memang pada kenyataannya tidak selalu hasil tes tersebut akan langsung tersedia di aplikasi maupun website PeduliLindungi. Ketika situasi seperti ini terjadi, Anda bisa menunggu selama beberapa saat.

Bila hasilnya tetap tidak muncul dalam kurun waktu sangat lama, Anda dapat melakukan pengaduan kepada pihak laboratorium terkait secara bijak. Bisa secara online melalui kontak yang dapat dihubungi atau datang langsung ke laboratorium tersebut.

Walaupun cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi sangat mudah, kemungkinan tampilan informasi tidak sesuai tetap ada saja. Terdapat tiga poin yang penting dilakukan supaya hasil tes Polymerase Chain Reaction ini muncul, meliputi:

  1. Pastikan bahwa tes PCR yang Anda lakukan di laboratorium dengan izin Dinas Kesehatan setiap wilayah. Bila ternyata laboratorium dipilih tidak memperoleh izin Dinkes, tidak heran bila informasi yang dicari tidak juga muncul.
  2. Setelah tes PCR sudah selesai dilaksanakan, petugas laboratorium terkait harus memasukkan data hasil pemeriksaan pada aplikasi khusus bernama NAR atau New All Around Kementerian Kesehatan.
  3. Proses integrasi menuju aplikasi PeduliLindungi dilakukan bukan tanpa tujuan. Tujuannya yaitu untuk menjamin keaslian tes PCR. Tujuan penting lainnya untuk menghindari terjadinya tindakan pemalsuan dokumen atau surat hasil laboratorium.

Informasi data yang diinginkan tidak muncul, tidak selalu diakibatkan oleh kesalahan pihak laboratorium. Bisa juga terjadi ketika sistem aplikasi atau website sedang error. Ketika penyebabnya karena error, Anda bisa menunggu hingga sistem kembali normal.

Biasanya pengelola sistem akan segera memperbaiki permasalahan yang ada. Baik itu cara melihat hasil PCR di aplikasi PeduliLindungi atau melalui website resmi, keduanya sama-sama akan menampilkan informasi yang dibutuhkan, sehingga bisa dipilih menyesuaikan kondisi.