Berbagai Cara Memindah Foto dari HP ke Laptop dengan Cepat

Berbagai Cara Memindah Foto dari HP ke Laptop dengan Cepat

Membahas tentang cara memindah foto dari HP ke laptop sebenarnya ada banyak. Dibandingkan file jenis lain seperti dokumen, foto lebih sering memenuhi kapasitas memori HP. Ketika sudah ada notifikasi memori penuh, tentu Anda harus segera memindahkannya ke perangkat lain.

Salah satu jenis perangkat yang kerap dijadikan pilihan adalah laptop atau PC. Jadi, walaupun file sudah tidak ada di ponsel, tetap bisa di akses melalui laptop. Cara memindahkan file foto ini sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Tapi, bagi pemula, terkadang masih bingung mengenai bagaimana caranya. Tidak hanya satu cara yang bisa Anda coba lakukan. Supaya lebih paham cara apa saja yang dapat dilakukan untuk memindahkan foto ke laptop dari HP, simak pembahasan berikut ini.

Cara Memindah Foto dari HP ke Laptop Memakai Kabel Data

Cara memindah foto dari HP ke laptop pertama, bisa memakai kabel data atau kabel USB ponsel. Bila menerapkan cara satu ini, berarti Anda harus menyiapkan kabel data yang nantinya dipakai untuk menyambungkan ponsel ke laptop. Kemudian, ikuti cara memindahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, sambungkan kabel data ke ke laptop yang akan Anda gunakan untuk menyimpan file terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan menyambungkannya ke ponsel.
  2. Bila sudah tersambung, akan muncul notifikasi opsi yang bisa dipilih. Notifikasi berisikan USB nantinya akan dipakai untuk apa. Karena akan mengirimkan foto, Anda bisa memilih opsi Transfer Files.
  3. Setelah itu, buka bagian folder DCIM atau photos pada ponsel yang sudah tersambung di laptop. Mengenai nama folder, menyesuaikan dengan file foto yang Anda ingin pindahkan lokasinya ada di mana.
  4. Sesudah filenya ketemu, lakukan copy dengan cara menekan tombol CTRL + C pada keyboard. Atau bisa juga dengan melakukan klik kanan pada mouse, lalu memilih opsi bertuliskan Copy. Sebagai tambahan catatan, Anda bisa memindahkan file berjumlah banyak sekaligus.
  5. Lanjutkan cara memindah foto dari HP ke laptop dengan melakukan paste, caranya tekan CTRL + V ke folder yang akan dipakai untuk menyimpan foto tersebut. Bisa juga dengan melakukan klik kanan mouse, lalu menekan opsi bertuliskan Paste.
  6. Sekarang, foto sudah pindah dari ponsel ke laptop atau PC.

Cara Memindah File Foto dari Ponsel ke Laptop Menggunakan Kartu MicroSD

Ada kalanya pada momen tertentu tidak bisa memindahkan file memakai kabel data. Alasannya beragam, mulai dari lupa membawa atau kabel datanya hilang. Ketika tidak bisa menggunakan kabel data, tapi Anda ingin memindahkan file foto dari ponsel ke laptop, bisa dengan banyak cara.

Salah satunya dengan menggunakan kartu microSD. MicroSD atau kartu memori biasanya akan dipasang di ponsel untuk memperluas penyimpanan. Cara memindah foto dari HP ke laptop melalui kartu microSD yaitu dengan memasukkannya langsung ke slot kartu memori tersedia.

Tapi, tidak semua laptop memiliki fitur seperti ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai card reader dengan cara memasukkan microSD, baru menyambungkannya ke laptop. Bila sudah tersambung, terapkan langkah-langkah berikut:

  1. Buka bagian File Explore untuk mencari nama kartu memori berisikan foto yang akan dipindahkan ke laptop.
  2. Lanjutkan dengan memilih Local Disc dari nama microSD Anda, lalu pilih file yang ingin dipindah.
  3. Bila file sudah ketemu, klik kanan mouse, pilih Copy atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard CTRL + C secara bersamaan.
  4. Tentukan lokasi folder mana yang akan dipakai untuk menyimpan foto hasil pindahan ini, kemudian klik kanan mouse, pilih Paste. Alternatif lainnya bisa menekan CTRL + V pada keyboard.
  5. File sudah berhasil pindah ke laptop Anda.

Cara Memindahkan File dari Ponsel ke Laptop atau PC Memakai Bluetooth

Terakhir adalah cara memindah foto dari HP ke laptop memakai bluetooth. Ketika ingin menggunakan cara ini, pastikan ponsel dan laptop yang akan Anda pakai memiliki fitur bluetooth.

Penting diingat, dibandingkan kedua cara sebelumnya, untuk yang satu ini prosesnya lebih lama. Jadi, kurang direkomendasikan bagi yang ingin melakukan transfer file cepat. Tata cara pemindahannya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, Anda harus melakukan pengaturan pada laptop. Pergilah menuju bagian taskbar, lalu lakukan search dengan menuliskan Bluetooth.
  2. Akan muncul tulisan Bluetooth and Others Devices Settings, tekan.
  3. Pada tahap ini, Anda akan dibawa menuju halaman pengaturan. Ubah pengaturan menjadi On pada bluetooth untuk mengaktifkannya.
  4. Perhatikan bagian sebelah kanan ada banyak menu pengaturan bisa dipilih. Klik bagian Send or Receive Files via Bluetooth. Bila sudah, akan muncul pilihan Send Files atau Receive Files. Karena ingin menerima file dari perangkat ponsel, tekan bagian Receive Files.
  5. Akan tampil halaman Waiting for a Connection, jangan lakukan close.
  6. Sekarang waktunya menyalakan bluetooth ponsel. Mengenai caranya lebih mudah karena biasanya sudah tertera pada ikon shortcut, sehingga untuk menggunakannya hanya perlu ditekan saja.
  7. Lanjutkan dengan menghubungkan bluetooth PC dengan ponsel.
  8. Bila keduanya sudah saling terhubung, pilih file foto pada ponsel yang ingin dipindah ke PC. Kemudian tekan tombol Send, lalu klik Bluetooth.
  9. Ponsel akan memunculkan tampilan devices yang sedang aktif. Pilih yang sesuai dengan nama Bluetooth pada PC.
  10. Tunggu hingga proses pengiriman file selesai dan muncul tulisan Save the Received File. Di sini Anda bisa memilih lokasi penyimpanan foto. Kemudian, klik tombol Finish dan foto sudah tersimpan di PC Anda.

Dari beberapa cara tersebut, Anda bisa memilih mana saja yang paling mudah. Atau bisa juga melakukan seluruh metode, menyesuaikan dengan situasi. Sebelum menerapkan cara memindah foto dari HP ke laptop, pastikan lebih dahulu perangkat Anda mendukung metode yang mana.