Cara Mengembalikan Log Panggilan WA yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Log Panggilan WA yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi bisa Anda lakukan dengan mudah, mungkin sebagian dari Anda pernah menghapus riwayat telepon secara tidak sengaja. Padahal informasi yang ada di sana masih dibutuhkan, namun sudah tidak bisa lagi dilihat.

Jika ada beberapa nomor penting yang belum tersimpan, maka akan menjadi masalah karena data pada WhatsApp sudah terhapus. Namun pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir, karena masalah ini dapat diatasi dengan tahapan yang mudah dan akan segera kami berikan.

WhatsApp sudah menjadi aplikasi komunikasi utama, yang digunakan hampir seluruh orang di dunia. Mempermudah pengguna berkomunikasi satu sama lain, dan tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan bermanfaat bagi para penggunanya.

Cara Mengembalikan Log Panggilan WA yang Terhapus Tanpa Aplikasi pada Smartphone Android

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk memulihkan log panggilan, jika harus mengunduh aplikasi pihak ketiga, tentu akan membebani smartphone. Terutama bagi Anda yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas, tentu akan mempersulit pengguna.

1.     Akses Backup Data pada Google Drive

Cara pertama adalah dengan memulihkan data pada Google Drive, inilah pentingnya membuat data cadangan pada perangkat. Pertama Anda uninstall WhatsApp, kemudian mengunduhnya setelah beberapa saat dan mengatur data diri serta nomor ponsel yang digunakan sebelumnya.

Nantinya sistem operasi WhatsApp akan secara otomatis, menyesuaikan data Anda dengan data yang dimasukkan sebelumnya tersimpan. Setelah proses verifikasi data, maka WhatsApp akan menampilkan data backup yang ada di Google Drive, dan klik Restore sampai data kembali.

2.     Backup Data Local pada Ponsel

Cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan mencadangkan data lokal pada smartphone, proses backup ini memang perlu dilakukan secara rutin, apalagi jika Anda sering menggunakan aplikasi tersebut, maka akan banyak perubahan.

Untuk Android, Anda bisa mencadangkan melalui File Manager lalu pilih Database. Akan muncul format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” lalu ubah menjadi  “msgstore.db.crypt12.” Install kembali WhatsApp di Playstore lalu masukan informasi di ponsel lama.

3.     Mencari Manual pada Chat WhatsApp

Jika cara sebelumnya tidak kunjung berhasil, maka mau tidak mau Anda harus mencarinya secara manual pada chat WhatsApp. Pengguna perlu mengecek chat satu per satu, untuk menemukan log panggilan sesuai dengan data yang dibutuhkan.

Jika Anda merasa pernah membicarakan konteks berkaitan dengan panggilan di dalam chat, maka pengguna bisa langsung mencari kata yang sesuai dengan fitur Find. Sehingga menemukan log panggilan akan lebih cepat, dan tidak perlu scroll hingga jauh ke atas.

Cara Mengembalikan Log Panggilan WA yang Terhapus Tanpa Aplikasi bagi Pengguna iPhone

Meski iPhone cukup tricky untuk diubah-ubah, tapi pengguna WhatsApp tetap bisa membackup data atau mengembalikan backup tersebut. Tahapan ini akan terasa mudah, apabila Anda mengaktifkan pencadangan otomatis pada smartphone melalui iCloud.

Data akan segera pulih apabila backup sudah aktif, atau pengguna menyimpan backup di komputer menggunakan iTunes. Maka Anda tetap bisa memulihkannya, itulah mengapa iOS user perlu mengaktifkan pencadangan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.

Cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi pada iPhone, bisa dimulai dengan menghubungkan pada iTunes atau iCloud pada perangkat yang berbeda. Pengguna tidak perlu khawatir, jika perangkat lain sudah pernah mengakses WhatsApp sebelumnya.

Tanpa adanya aplikasi pihak ketiga, maka pengguna hanya bisa memanfaatkan aplikasi bawaan pada perangkat lain seperti komputer atau laptop. Untuk mencegah Anda lupa untuk membuat cadangan, mungkin pengguna bisa memasang alarm setiap minggu atau bulan.

Sehingga pencadangan bisa dilakukan secara rutin, apabila Anda enggan untuk mengaktifkan pencadangan otomatis. Jangan sampai log panggilan yang hilang, membuat Anda terhambat saat mencari nomor yang belum disimpan padahal penting untuk diingat.

Kami telah memberikan cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi, bagi Anda pengguna Android juga iPhone. Begitu pentingnya untuk mencadangkan, saat Anda menggunakan suatu aplikasi, terlebih berkaitan dengan informasi atau data penting.

Meskipun Anda lupa untuk mencadangkannya dan sudah terlanjur terhapus, tahapan tersebut bisa diterapkan dengan mudah. Bahkan tanpa menggunakan aplikasi sekalipun, memulihkan cadangan data dapat dilakukan dengan mudah tanpa membebani smartphone Anda.

Jangan Lupa Backup Data pada Aplikasi WhatsApp

Data didalam suatu aplikasi bisa saja terhapus sewaktu-waktu, baik disengaja maupun tidak Anda sengaja, data yang terhapus pasti akan membuat pengguna pusing apabila sifatnya penting. Jika tidak menyalakan pencadangan otomatis, tentu akan sulit untuk mencadangkannya sekaligus.

Apalagi pencadangan pasti membutuhkan waktu, jika Anda tidak melakukannya secara rutin. Tidak hanya waktu, tapi memori juga ikut terisi, sehingga kapasitas penyimpanan bisa saja penuh, maka dari itu terapkan cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi.

Keputusan kembali lagi pada Anda, ingin mencadangkan data secara otomatis atau sudah merasa aman setelah mengetahui cara mengembalikan log panggilan WhatsApp. Yang pasti akan lebih baik jika pengguna tidak mengandalkan keamanan data pada smartphone saja.

Melainkan juga menyimpan data atau nomor yang memang sifatnya penting, sehingga jika log panggilan WA terhapus, Anda tidak perlu mempermasalahkannya. Keamanan data pada sebuah aplikasi chatting memang terbilang penting, apabila Anda menyimpan informasi sifatnya krusial.

Tidak sengaja terhapus bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja, bahkan jika opsi tersebut tidak sengaja tertekan oleh Anda. Jika pengguna sedang membutuhkannya dalam waktu mendadak, maka akan menjadi masalah apabila ternyata data tidak ditemukan.

Maka dari itu cara mengembalikan log panggilan WA yang terhapus tanpa aplikasi tersebut, bisa diterapkan dengan tahapan yang mudah dan pastinya tidak menghabiskan banyak waktu.