3 Cara Download Video YouTube Short Mudah dan Praktis

3 Cara Download Video YouTube Short Mudah dan Praktis

Download video YouTube Short sekarang sudah bisa dilakukan dengan mudah karena banyak media pendukungnya. Sama mudahnya seperti mengunduh video YouTube maupun dari platform berbagai video lainnya.

Short merupakan jenis video yang durasinya lebih pendek, mulai dari 15 detik hingga 60 detik atau 1 menit. Jenis video ini sangat menarik dan mengundang banyak penonton, karena durasi pendek serta isinya dibuat semenarik mungkin oleh pembuatnya.

Hanya saja, satu kurangnya yakni tidak ada tombol download sehingga penonton tidak leluasa untuk mengunduhnya. Namun, sekarang hal tersebut sudah teratasi dengan adanya bantuan dari berbagai website untuk mengunduh.

Apakah Download Video YouTube Short Bisa Dilakukan?

Kebanyakan orang menikmati YouTube untuk melihat berbagai macam video, mulai dari vlog para selebritis, influencer, tutorial, video klip, hingga berbagai hal random yang dibagikan di kanal berbagi tersebut.

Dulunya video-video yang disajikan di YouTube berdurasi panjang, bahkan ada yang berjam-jam. Namun, seiring berkembangnya platform berbagi lain dengan ukuran durasi lebih pendek membuat YouTube juga merilis fitur berbagi video-video berdurasi pendek.

Meskipun baru dirilis pada tahun 2022, ternyata fitur ini sangat populer dan banyak yang menyukainya. Bahkan tertarik untuk mengunduh sehingga bisa menikmatinya kapan saja. Fitur download video YouTube Short memang tidak tersedia di semua platform.

Sehingga belum banyak penonton yang tahu bahwa dapat mengunduhnya. Oleh sebab itu, sebagian besar penonton hanya menonton ulang dengan memutar berkali-kali atau membagikannya saja.

Kalau Anda melihat video-video menarik dan tertarik mengunduhnya, maka tidak perlu bingung karena tanpa fitur unduh juga bisa mengunduhnya dengan mudah dan praktis. Namun, harus membutuhkan website lain untuk melakukannya.

Apa saja website yang dapat digunakan dan bagaimana cara melakukannya? Informasi berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Ada beberapa website yang dapat dimanfaatkan tanpa perlu mengunduh aplikasi tertentu, misalnya SaveFormNet, Yt1s, dan lain sebagainya.

3 Cara Download Video YouTube Short Tanpa Aplikasi

Lalu, apakah Anda ingin mengunduh video Shorts dengan cepat tanpa ribet dan tidak perlu pakai aplikasi? Anda dapat gunakan beberapa cara yang telah kami rangkum seperti berikut ini, antara lain:

  1. Memakai YouTube Short Video Downloader

Untuk melakukan pengunduhan, Anda perlu membuka situs ytshorts.savetube.me di browser terlebih dahulu. Bisa menggunakan laptop, PC, maupun handphone dan buka laman video yang akan diunduh. Ini caranya:

  • Klik tombol “Share” atau “Bagikan”, kemudian pilih tab “Copy Link Address” atau “Salin Tautan”.
  • Beralih ke tab ytshorts(.)savetube(.)me, lalu tempelkan hasil Salinan URL pada kolom yang telah tersedia.
  • Tentukan resolusi yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Lanjutkan dengan klik “Get Link” dan “Download”, maka pengunduhan akan dilakukan secara otomatis.

Mungkin saat membuka tab Anda akan diarahkan ke iklan, tinggal tutup tab iklan untuk kembali ke tab langkah pengunduhan. Mengunduh YouTube Short dengan cara ini bisa dikatakan cukup mudah.

  1. Gunakan Shoortsnoob.com

Download video YouTube Short juga bisa melalui situs shootsnoob.com yang menyediakan pilihan ukuran resolusi. Jika tidak ingin mengunduh file berukuran besar, bisa pilih yang resolusinya kecil. Untuk langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  • Buka laman situs shoortsnoob(.)com dan laman YouTube short video yang Anda ingin unduh.
  • Klik tombol “Share” atau “Bagikan”, kemudian pilih tab “Copy Link Address” atau “Salin Tautan” di laman video yang ingin diunduh.
  • Buka laman situs shoortsnoob dan tempelkan URL yang disalin sebelumnya di bagian kolom tersedia.
  • Lalu pilih kualitas videonya, semakin tinggi resolusinya semakin besar ukuran file dan proses unduhan semakin lama.
  • Kemudian klik “Search” dan proses unduh akan segera dilakukan secara otomatis.

Sebagai catatan pastikan koneksi internet bagus untuk memastikan proses pengunduhan berjalan dengan baik hingga selesai. Koneksi kurang baik bisa menyebabkan proses unduh berhenti di tengah-tengah sehingga harus memulai unduhan dari awal.

  1. Melalui SaveFromNet

Ini salah satu website yang menjadi tujuan para pengunduh video-video YouTube, karena memberikan akses mudah dan jarang sekali mengalami kegagalan unduhan. Untuk melakukan pengunduhan melalui SaveFromNet, caranya:

  • Buka laman YouTube Short ingin diunduh dan laman SaveFromNet.
  • Kemudian klik tombol “Share” atau “Bagikan”, kemudian pilih tab “Copy Link Address” atau “Salin Tautan”.
  • Lanjutkan dengan menempelkan Salinan url pada kolom download di laman savefrom(.)net.
  • Pilih resolusi sesuai keinginan kemudian lanjut mengunduh dengan mengklik “Download”.

Pengunduhan bisa dilakukan melalui PC, laptop, maupun handphone. Jadi, fleksibel ingin menggunakan perangkat yang mana saja. YouTube Short memiliki beberapa manfaat yang bisa diketahui.

Apa Manfaat Video YouTube Short?

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa download video YouTube Short bisa dilakukan dengan mudah. Dengan beberapa cara di atas Anda bisa melakukannya tanpa kesulitan. Selain mudah diunduh, ternyata membuat video YouTube Short memberikan keuntungan.

Terutama bagi pada influencer maupun YouTubers. Apa saja manfaat dari YouTube Shorts, yaitu:

  1. Mendekatkan pemiliki akun dengan audiensnya, terutama audiens pengguna smartphone. Karena fitur shorts ini kebanyakan digunakan oleh para pengguna smartphone. Alasannya lebih cepat dan tidak memakan banyak data internet.
  2. Bisa membantu menambah subscriber atau pengikut YouTube tanpa perlu mengemis untuk disubs Ini merupakan cara promosi terbaik untuk meningkatkan jumlah pengikut, terutama bagi YouTubers baru.
  3. Memudahkan membuat konten, karena durasinya cepat dengan menggunakan kamera multi-segmen.
  4. Sebagai jeda atau selingan bagi penonton.
  5. Sebagai sarana belajar dan membangun kepercayaan diri, terutama bagi para pembuat konten baru yang belum memiliki banyak subscriber.

Jadi, bagi para penonton maupun influencer, YouTube Shorts Video merupakan fitur yang sangat membantu. Bagi pembuat konten bisa meningkatkan pengikut dan bagi penonton memiliki tambahan variasi tontonan.

Jadi, bagi Anda yang selama ini kesulitan untuk mengunduh atau tidak tahu bagaimana cara mengunduh video-video pendek di YouTube sekarang sudah tidak kesulitan lagi. Sebab ada banyak cara untuk mengunduh tanpa kesulitan berarti.

Bahkan caranya cukup singkat dan praktis, cukup menggunakan website tambahan seperti beberapa contoh di atas. Untuk itu, maka Anda bisa melakukan proses download video YouTube Short dengan sederhana saja.