3 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi di Laptop

3 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi di Laptop

Download video YouTube tanpa aplikasi bukanlah perkara sulit di zaman canggih seperti saat ini. Tidak perlu menjadi ahli dalam bidang komputer sebab caranya mudah dan dapat dilakukan oleh orang awam.

Anda bisa melakukan pengunduhan menggunakan smartphone maupun komputer alias laptop. Bagi yang suka mengunduh menggunakan laptop, tidak perlu khawatir karena video YouTube bisa diunduh tanpa perlu menggunakan aplikasi. Caranya memanfaatkan website pengunduhan.

Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Sangat Membantu Pengguna

YouTube dikenal sebagai salah satu platform berbagi video yang menawarkan berbagai jenis video dan dapat ditonton secara gratis. Mulai dari video-video tutorial, klip musik, hingga film dan bermacam video random lainnya dapat Anda temukan di platform ini.

Banyak video-video menarik yang tentunya ingin Anda tonton berulang-ulang. Namun, akan merepotkan apabila harus selalu membuka YouTube dan lebih efisien jika menyimpan filenya di komputer pribadi.

Dengan adanya cara download video YouTube tanpa aplikasi ini akan sangat membantu mewujudkan keinginan tersebut, terutama akan menghemat pengeluaran data seluler untuk menonton.

Selain itu, juga akan memudahkan apabila Anda ingin melakukan pengeditan video. Misalnya menambahkan lirik pada sebuah klip musik atau menambahkan subtitle pada drama maupun film. Bisa juga menambah atau mengurangi durasi video tersebut.

Intinya, mengunduh video-video di YouTube memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Bagi yang bingung bagaimana melakukannya, bisa cek informasi di poin berikut ini. Lalu, apa saja websitenya dan bagaimana cara melakukannya? Mari simak paparan berikut ini.

3 Cara Unduh Video YouTube Tanpa App

Keberadaan YouTube memang sangat membantu pengguna karena bisa mendapatkan konten yang diinginkan dengan lebih mudah. Untuk bisa mengunduh dengan hasil terbaik di laptop, pastikan Anda menggunakan browser Google Chrome dan memanfaatkan situs berikut.

  1. Website SaveFrom

Situs satu ini sudah sangat terkenal di kalangan pengguna internet karena memberikan layanan mengunduh dengan mudah dan cepat. Pengguna dapat mengakses menggunakan smartphone maupun laptop. Untuk langkah pengunduhannya adalah:

  • Buka situs SaveFrom.net di browser, lalu buka laman YouTube yang videonya ingin diunduh.
  • Klik “Share”, kemudian akan muncul box yang berisi pilihan untuk membagikan ke berbagai platform lainnya. Anda hanya perlu mengambil url dalam kolom dengan mengklik “Copy”.
  • Buka kembali tab SaveFrom dan masukkan salinan tadi ke dalam kolom tersedia.
  • Kemudian klik “Download without Installations”, lalu pilih kualitas video dan mulai pengunduhan.
  • Jika proses unduh telah selesai, file bisa ditemukan pada folder Download di laptop Anda.
  1. Menggunakan Y2mate.com

Download video YouTube tanpa aplikasi juga bisa memakai Y2mate yang menyajikan kecepatan pengunduhan dan pengguna dapat memilih kualitas gambar juga. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu:

  • Pastikan sudah membuka situs Y2mate dan laman video yang hendak diunduh.
  • Klik “Share”, kemudian akan muncul box yang berisi pilihan untuk membagikan ke berbagai platform lainnya. Anda hanya perlu mengambil url dalam kolom dengan mengklik “Copy”.
  • Buka kembali tab Y2mate(.)comdan masukkan salinan tadi ke dalam kolom tersedia.
  • Pilih kualitas video dan mulai pengunduhan. Makin tinggi resolusinya, maka akan makin besar ukuran unduhannya, tapi kualitas gambar akan semakin bagus.
  • Jika proses unduh telah selesai, file bisa ditemukan pada folder Download di laptop Anda.
  1. Situs Dredown.com

Website ketiga yang dapat digunakan adalah Dredown. Anda juga tidak perlu memasangnya sebagai app di laptop maupun plugin, karena berupa situs pengunduhan. Langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Gunakan Chrome untuk membuka laman YouTube yang ingin diunduh dan di tab satunya buka situs Dredown.
  • Klik “Share”, kemudian akan muncul box yang berisi pilihan untuk membagikan ke berbagai platform lainnya. Anda hanya perlu mengambil url dalam kolom dengan mengklik “Copy”.
  • Buka kembali tab Dredown dan masukkan salinan tadi ke dalam kolom tersedia.
  • Kemudian klik “Dredown”, lalu pilih kualitas video dan mulai pengunduhan.
  • Jika proses unduh telah selesai, file bisa ditemukan pada folder Download di laptop Anda.

Download Video YouTube Tanpa Aplikasi dan Mengubahnya Menjadi MP3

Selain melakukan pengunduhan dengan jenis file yang sesuai dan ada pilihan resolusinya. Ternyata Anda juga bisa mengunduh video-video YouTube kemudian mengubahnya menjadi bentuk file lain, yaitu MP3.

Biasanya yang diunduh merupakan klip musik, dari mulanya berbentuk MP4 menjadi MP3 agar bisa dengan mudah dimainkan di player musik, seperti Winamp. Untuk mengunduh MP4 menjadi MP3 caranya cukup mudah, yaitu menggunakan Y2mate.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka situs y2mate(.)com di browser, lalu buka laman YouTube yang videonya ingin diunduh.
  2. Klik “Share”, kemudian akan muncul box yang berisi pilihan untuk membagikan ke berbagai platform lainnya. Anda hanya perlu mengambil url dalam kolom dengan mengklik “Copy”.
  3. Buka kembali tab y2mate dan masukkan salinan tadi ke dalam kolom tersedia.
  4. Setelah muncul thumbnail video yang hendak diunduh, Anda bisa memilih jenis file pengunduhan. Pilih MP3 dan tunggu proses pengubahan selesai, jika sudah tinggal lanjut ke proses download.
  5. Jika proses unduh telah selesai, file bisa ditemukan pada folder Download di laptop Anda.

Jika mengunduh file dalam bentuk MP3, tidak perlu memilih resolusi. Selain itu, file unduhan juga lebih ringan karena download video YouTube tanpa aplikasi hanya akan mengambil suaranya saja.

Cara ini cocok dilakukan apabila Anda ingin mengunduh lagu-lagu di kanal YouTube dan menjadikannya koleksi pribadi. Namun, ingat ini hanya sebagai koleksi pribadi bukan untuk komersil sehingga sangat tidak dianjurkan memperjualbelikannya.

Jadi, bagi para pengguna YouTube sekarang tidak perlu bolak-balik streaming apabila ingin menonton video atau mendengarkan lagu kesayangannya. Sebab sudah bisa mengunduh dengan mudah dan cepat menggunakan laptop.

Untuk mengunduh videonya memang bisa dikatakan cukup mudah dilakukan. Bisa gunakan salah satu situs yang kami bagikan di atas untuk download video YouTube tanpa aplikasi dan sudah bisa menonton video-video tanpa perlu selalu daring.