Cara Pasang Ads Block YouTube, Tonton Video Tanpa Iklan

Cara Pasang Ads Block YouTube, Tonton Video Tanpa Iklan

Sudah pernah mendengar tentang ads block YouTube? Sebagian orang mungkin belum mengetahui adanya ekstensi yang mampu membantu memblokir iklan di YouTube ini. Jika iya, maka tidak akan ada lagi penonton terganggu dengan iklan saat menonton di YouTube.

Sebagai pengguna kanal berbagai video dengan logo warna merah ini, Anda sudah tentu sering menemukan iklan atau ads saat menonton konten di dalamnya. Biasanya iklan bisa diskip setelah 5 detik atau harus ditonton setidaknya 15 detik.

Hal ini cukup mengganggu karena sedang asyik menonton malah terjeda iklan. Jadi, untuk mengatasinya bisa menggunakan ads block. Mau tahu lebih tentang ekstensi dari browser ini, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Ads Block YouTube?

Sebelum menggunakannya, Anda perlu tahu dahulu apa itu ads block. Bagi orang awam tentu istilah ini masih terdengar asing dan membingungkan. Singkatnya ads block atau adblock merupakan ekstensi di sebuah browser untuk menyaring iklan.

Ada beberapa browser yang dapat menggunakan ekstensi ini yaitu Google Chrome dan Apple Safari. Dengan menggunakan adblock, Anda bisa menyaring atau mencegah munculnya elemen web tertentu, seperti iklan.

Saat ini penggunaan ads block YouTube cukup populer di kalangan pengguna Google Chrome karena sangat membantu menghilangkan kemunculan iklan. Setidaknya, sudah ada lebih dari 20 juta penggunanya.

Bukan hanya di Chrome, di Safari juga sangat populer sejak pertama kali diterbitkan tahun 2010, lebih lambat dari Chrome yang diterbitkan pada Desember 2009. Adblock sukses menjadi ekstensi paling dicari oleh pengguna hingga saat ini.

Terdapat 4 versi yang telah diluncurkan, yaitu:

  1. Versi 2.1 dengan menambahkan internasionalisasi yaitu mendukung 33 bahasa.
  2. Versi 2.4 menghadirkan pengurangan beban memori per tab dan peningkatan kecepatan.
  3. Versi 2.5 dengan add-on yang memblokir pengunduhan semua materi iklan, termasuk iklan flash dan video.
  4. Versi 2.6 pengguna dapat melihat jumlah iklan yang diblokir Adblock di satu atau semua halaman.

Langkah Pasang Ads Block YouTube di Chrome Android dan iPhone

Adblock merupakan ekstensi khusus yang hanya bisa digunakan pada Chrome maupun Safari, dapat digunakan pada browser di komputer maupun smartphone. Untuk langkah pemasangan di Chrome Android maupun iPhone bisa gunakan cara berikut:

  1. Penggunaan Adblock Android

Untuk mengaktifkan adblock di Android Anda hanya perlu mengikuti langkah sederhana berikut:

  • Cari Pop-ups pada Menu Chrome, masuk ke menu di bagian sudut kanan atas Chrome di tanda titik tiga di bawah tombol X.
  • Klik menu setting atau pengaturan, lalu carilah Pop-ups.
  • Jika sudah menemukannya, gunakan slider dan pindahkan ke mode off. Ini dilakukan untuk menyalakan pemblokiran pop-up. Apabila memindahkan slider ke mode on, maka pemblokiran dinonaktifkan.

Jadi, Anda dapat mengubah fungsi adblock ke mode aktif maupun non aktif sesuai dengan kebutuhan. Karena ada fitur tertentu dari browser yang tidak bisa digunakan apabila ekstensi ini aktif.

Sebagai contoh jika Anda mengakses situs pemeriksaan plagiat, maka situs ini tidak akan bisa bekerja apabila mode pemblokiran aktif. Untuk bisa menggunakannya, pindahkan dulu ke mode non aktif.

  1. Penggunaan Adblock iPhone

Ads block YouTube juga dapat digunakan oleh pengguna iPhone. Caranya cukup sederhana, yaitu:

  • Buka Chrome menggunakan iPhone, lalu masuk ke pengaturan di bagian atas yaitu tanda titik tiga.
  • Setelah masuk ke Menu Setting, lalu masuk ke sub menu Content Setting.
  • Ketuk Block Pop-Ups, bisa pilih slider ke turn on atau turn off sesuai kebutuhan.

Cara ini berlaku juga untuk perangkat iOS lainnya seperti iPad. Jadi, asalkan sistem operasinya sama dapat digunakan.

Catatan bagi penggunaan Adblock, karena ini sifatnya ekstensi dapat diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengguna. Apabila setting sudah dimasukkan ke mode on, maka akan terus di mode tersebut dan tidak berpindah otomatis.

Jadi, jika ingin memindahkannya harus dilakukan manual dengan mengubahnya di bagian setting. Jika menemukan situs yang tidak bisa diakses atau fitur Chrome tidak dapat digunakan, Anda bisa mengubah setting ke mode off terlebih dahulu.

Manfaat Menggunakan Ads Block YouTube

Pemblokir iklan yang ada di YouTube ini memang semakin banyak dicari karena banyak yang terganggu dengan adanya iklan. Bagi pengguna ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari ekstensi Adblock ini, yaitu:

  1. Menghemat Data

Bagi Anda yang memiliki sumber daya internet terbatas alias tidak punya banyak kuota, adanya adblock ini sangat membantu. Sebab dapat menghemat setidaknya 54,8% data (menurut analisa Kompas.com).

Jadi, ketika membuka laman YouTube yang biasanya menghabiskan banyak kuota internet menjadi lebih sedikit data diperlukan. Ini bisa menjadi salah satu cara menghemat data yang digunakan.

  1. Mempercepat Loading Website

Pengguna ads block YouTube juga bisa menghemat waktu terutama ketika loading website. Proses loading tanpa adblock membutuhkan 60 detik, tapi dengan menggunakan adblock hanya perlu 12,71 detik saja.

Banyak waktu yang bisa disingkat dengan adanya penggunaan blocking ini sehingga proses loading pertama membuka YouTube Anda tidak perlu menunggu lama. Anda akan mendapatkan kenyamanan semacam ini.

  1. Tidak Terganggu Iklan ketika Asyik Menonton

Salah satu hal kurang menyenangkan saat tengah asyik menonton adalah kemunculan iklan. Dengan adanya Adblock, maka iklan mengganggu tidak akan muncul sehingga tetap nyaman menonton tanpa jeda.

Anda juga tidak perlu membeli YouTube premium agar tidak melihat tayangan iklan ini sehingga membantu menghemat pengeluaran. Menonton YouTube jadi lebih menyenangkan tanpa gangguan.

Satu catatan untuk pengguna bahwa ekstensi Adblock merupakan ekstensi gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ketika menggunakannya. Manfaat yang didapatkan cukup banyak sehingga Anda harus menggunakannya.

YouTube merupakan kanal berbagi video yang sangat dikenal masyarakat internet. Ingin mencari berbagai macam video tinggal buka platform yang identic dengan warna merah ini saja. Karena beragam konten bisa ditemukan di sana.

Namun, pengguna seringkali mengalami masalah dengan banyaknya iklan muncul sehingga mengganggu proses menonton dan menyebabkan penggunaan data membengkak. Dengan menggunakan ads block YouTube, permasalahan iklan ini dapat diatasi secara mudah dan cepat.