Cara Mudah Konversi YouTube ke MP3 Tanpa Perlu Aplikasi

Cara Mudah Konversi YouTube ke MP3 Tanpa Perlu Aplikasi

Konversi YouTube ke MP3 menjadi salah satu pilihan untuk mendengarkan musik secara offline bagi penggemar musik. Meskipun banyak sekali layanan mendengarkan musik online, tapi mendengarkan secara offline tetap menjadi pilihan banyak orang.

Sebab tidak setiap waktu selalu ada koneksi internet untuk mendengarkan secara daring. Dalam beberapa kondisi, seperti berada di tempat yang sulit akses internet atau ketika internet sedang down, mendengarkan musik secara offline menjadi pilihan.

Atau ketika Anda hanya ingin mendengarkan musik tanpa terganggu berbagai notifikasi dari akun-akun sosial media, sangat pas jika menyimpan banyak lagu di ponsel pintar. Anda bisa memanfaatkan lagu-lagu di YouTube dan mengubahnya ke versi MP3 agar bisa didengar luring.

Mengapa Harus Konversi YouTube ke MP3?

Bagi penyuka musik, mendengarkan lagu-lagu menjadi keharusan setiap harinya. Selain menghibur diri juga membantu memperbaiki mood. Ketika mendengarkan musik Anda bisa menjadi lebih bahagia dan bersemangat atau justru menjadi lebih mellow.

Intinya, alunan dan lirik lagu memang bisa memengaruhi otak manusia sehingga memutar lagu menjadi hal lazim dilakukan. Di mana Anda sering mendengarkan lagu? YouTube menjadi salah satu penyedia layanan menonton dan menikmati musik.

Biasanya lagu-lagu baru diupload oleh para musisi maupun perusahaan rekaman di YouTube untuk diperdengarkan pertama kali. Sebab kanal satu ini memang merupakan media promosi yang sangat bagus. Bagaimana cara melakukannya?

Karena belum diluncurkan di aplikasi lainnya, jika ingin memiliki versi MP3, Anda harus melakukan konversi YouTube ke MP3. Dengan demikian, bisa mendengarkan lagu kesukaan kapan saja dan memutarnya menggunakan perangkat Anda.

Tidak hanya berlaku pada lagu-lagu baru, tapi berbagai musik yang pernah dirilis di YouTube bisa diubah ke versi MP3 sesuai keinginan Anda. Jadi, meskipun berada di luar jaringan internet, tetap bisa asyik menikmati musik favorit.

Inilah Manfaat Konversi YouTube ke MP3

Mendengarkan lagu langsung di kanal YouTube memang keren apalagi lagu-lagu yang baru dirilis atau kompilasi musik kesukaan Anda. Terutama bagi para penyuka K-Pop biasanya kurang afdol apabila tidak melihat video klip idolanya secara langsung.

Namun, memiliki lagu favorit di handphone juga akan sangat bermanfaat bagi Anda. Beberapa manfaat menyimpan lagu di handphone, yaitu:

  1. Bisa Mendengarkan Kapan Saja

Konversi YouTube ke MP3 membuat file tersimpan di handphone Anda sehingga bisa diputar dengan menggunakan pemutar musik bawaan tanpa perlu berada dalam jaringan. Selama baterai handphone masih ada, tetap bisa menikmati lagu-lagu favorit.

Bagi Anda yang sering berada di wilayah susah sinyal atau ingin kesendirian tanpa gangguan berbagai notifikasi dari media sosial, sangat tepat jika menyimpan banyak lagu di handphone maupun perangkat lainnya.

  1. Hemat Kuota Internet

Selain itu, juga lebih hemat kuota. Jika memutar lagu di YouTube kuota yang diperlukan cukup besar, untuk beberapa lagu saja dapat menghabiskan ratusan MB hingga GB. Tentu saja cukup boros bagi pengguna internet dengan kuota pas-pasan.

Beda cerita jika menggunakan Wi-Fi unlimited, Anda bisa menggunakan sepuasnya tanpa takut kehabisan kuota internet. Jadi, unduh dan ubah ke versi MP3 agar lebih hemat penggunaan kuota internet.

  1. Bisa Diputar untuk Berbagai Kebutuhan Lainnya

Ketika sedang kumpul-kumpul bersama teman, memutar musik menjadi cara mengusir kesunyian dan memeriahkan acara. Jika punya bermacam lagu di handphone bisa langsung putar saja dan tidak akan terganggu kemunculan iklan di tengah lagu.

3 Cara Konversi YouTube ke MP3 Tanpa Aplikasi

Konversi dari YouTube ke dalam bentuk MP3 membutuhkan proses. Bagi yang tertarik memiliki banyak lagu-lagu kesukaan di smartphone pribadi maupun gadget lainnya, berikut ada 3 cara yang dapat digunakan:

  1. Memanfaatkan mp3juice.info

Salah satu website yang dapat digunakan mengonversi video MP4 YouTube menjadi versi musik saja adalah mp3juice.info. Langkah-langkah melakukannya adalah:

  • Buka laman YouTube musik yang ingin diunduh, lalu salin tautannya.
  • Buka laman mp3juice.info kemudian tempelkan Salinan pada kolom tersedia.
  • Klik search, lalu akan muncul thumbnail dari video yang dicari.
  • Jika sudah benar, tinggal klik unduh atau download. File akan otomatis dikonversikan kemudian diunduh dan tersimpan di perangkat Anda.
  1. Melalui YTMP3

Cara lain konversi YouTube ke MP3 adalah menggunakan situs ytmp3.cc, untuk langkah-langkah prosesnya adalah:

  • Cari video musik yang hendak diunduh terlebih dahulu di kanal YouTube.
  • Salin tautannya lalu buka situs ytmp3.cc. Masukkan tautan yang sudah disalin.
  • Lanjutkan dengan klik convert, maka proses konversi akan langsung dilakukan. Kemudian akan muncul link untuk mengunduh versi musiknya saja.
  • Klik download dan tunggu hingga pengunduhan selesai.
  • Cek folder download untuk melihat hasil unduhan.
  1. Gunakan Situs GO-MP3

Cara berikutnya yang bisa digunakan adalah GO-MP3, website satu ini bisa melakukan konversi dengan lebih cepat. Selain itu juga menjamin keamanan data pribadi dari penggunanya. Untuk cara penggunaannya silakan gunakan cara ini:

  • Buka video YouTube yang ingin diunduh. Salin tautan dan pastikan semua teks tersalin.
  • Buka situs go-mp3.com, lalu tempelkan hasil Salinan tersebut ke kolom yang tersedia.
  • Klik “Lup” atau “Enter” untuk memulai proses konversi.
  • Lalu tinggal klik “Download the MP3 file” untuk memulai unduhan.

Catatan apabila ingin mengunduh dari versi video ke musik saja, yaitu adanya iklan pop-ups yang mungkin akan muncul. Anda tinggal skip iklan untuk melanjutkan proses pengunduhan agar lebih cepat.

Jadi, sekarang mendengarkan musik tidak perlu ribet harus online dan membuka YouTube, karena sudah bisa unduh versi offline sehingga bisa didengarkan setiap saat. Cukup unduh menggunakan salah satu website yang direkomendasikan di atas.

Anda bisa menggunakan website-website tersebut untuk mengubah bentuk file dan mempercepat proses unduhan. Proses konversi YouTube ke MP3 bisa dilakukan dalam waktu singkat dan file yang dihasilkan juga tetap terbaik.