Ukuran Banner YouTube yang Tepat dan Cara Mengubahnya

Ukuran Banner YouTube yang Tepat dan Cara Mengubahnya

Banyak konten kreator YouTube yang bertanya-tanya, sebenarnya berapa ukuran banner YouTube yang ideal? Bagi Anda yang sering membuka YouTube untuk menonton video atau bahkan memiliki channel YouTube sendiri tentu tidak asing dengan banner.

Maka, tidak mengherankan jika kreator berlomba-lomba membuat banner YouTube dengan desain terbaik sesuai personality channel masing-masing. Mulai dari desain maskulin untuk channel otomotif, desain menggugah selera pada channel resep masakan, dan sebagainya.

Namun agar desain yang Anda buat tidak sia-sia, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah menyesuaikan ukuran banner agak pas, tidak terlalu kecil atau terlalu besar sehingga melebihi batas area yang ada. Berikut adalah detail ukuran banner paling ideal.

Ketahui Ukuran Banner YouTube yang Ideal

Banner YouTube adalah tampilan pertama pada profil sampel yang akan dilihat penonton saat membuka channel YouTube seorang kreator. Banner YouTube ibarat spanduk selamat datang yang menyambut pemirsa begitu masuk ke channel Anda.

Saat memutuskan ingin menjadi kreator YouTube profesional, Anda perlu mencari tahu apa saja peraturan serta kebijakan dari YouTube. Termasuk salah satunya yaitu tentang ukuran banner atau header yang dipasang pada halaman channel.

Perlu juga Anda pahami bahwa ukuran header atau banner YouTube bisa berbeda-beda menurut perangkat yang digunakan untuk membukanya. Apakah itu membuka lewat desktop atau PC, handphone, atau bahkan melalui TV.

Ini artinya, bisa jadi banner yang Anda buat akan terlihat full saat dibuka melalui televisi. Akan tetapi saat membukanya di hp tampilan banner akan terpotong. Maka dari itu, ketahui pedoman ukuran banner YouTube yang ideal berikut ini.

  1. Gambar yang disarankan YouTube untuk dijadikan banner pada channel YouTube content creatornya adalah gambar dengan resolusi 2560 x 1440 pixel.
  2. Bisa juga menggunakan gambar header berukuran lebih rendah dengan catatan ukuran minimum uploadnya yaitu 2048 x 1152 pixel.
  3. Area aman untuk menampilkan teks dan logo paling minimum adalah 1546 x 423 pixel. Yang mana ini artinya apabila Anda ingin menampilkan teks atau logo secara utuh pada perangkat, maka tempatkan teks dan logo tersebut pada area aman tersebut.
  4. Ukuran lebar maksimumnya yaitu 2560 x 423 pixel. Pada ukuran lebar tersebut, area aman pasti terlihat pada layar apa saja dengan lebar berapapun.
  5. Sementara ukuran file yang disarankan untuk mengupload banner YouTube yaitu maksimal 6 MB. Jika file yang ingin Anda unggah melebihi 6 MB, maka sistem YouTube akan menolaknya secara otomatis.

Cara Mengubah Banner YouTube di PC

Setelah mengetahui ukuran banner YouTube yang ideal, tentu Anda perlu segera mengubahnya agar tampilan muka channel lebih menarik. Dengan tampilan yang menarik, pemirsa terdorong untuk menonton video-video Anda lainnya.

Untuk mensetting tampilan channel dengan lebih mudah dan leluasa, kami menyarankan agar Anda melakukannya di PC. Lantas, bagaimana cara mengubah banner YouTube menjadi lebih ciamik? Tutorial berikut ini dapat Anda ikuti dengan menggunakan komputer atau laptop.

  1. Pertama, silakan login ke channel YouTube Anda dengan membuka YouTube Studio versi desktop
  2. Langkah berikutnya, silakan menuju ke menu Channel Saya (My Channel) yang terletak di kanan atas halaman
  3. Setelah itu, silakan klik Customize Channel
  4. Untuk menambahkan banner YouTube, klik tombol Add Channel Art yang terletak pada layar bagian atas
  5. Sedangkan jika Anda sudah memiliki banner tetapi ingin mengubahnya, silakan arahkan kursor ke banner, kemudian klik Edit lalu Edit Channel Art
  6. Kemudian, upload gambar sesuai ukuran banner YouTube yang disarankan yang telah Anda desain sebelumnya. Pastikan membuat desain banner terbaik yang disesuaikan dengan karakter channel Anda.
  7. Sebelum terupload, halaman akan menampilkan preview atau pratinjau banner tersebut di beberapa perangkat seperti hp, desktop, dan tab.
  8. Anda bisa mengubah-ubahnya dengan melakukan penyesuaian, cara cukup pilih opsi Sesuaikan cropping.
  9. Setelah tampilannya sesuai dengan kehendak Anda, silakan klik Pilih.

Tips Desain Banner YouTube dengan Canva

Untuk memiliki header atau banner YouTube yang memukau, tentu Anda perlu membuat desainnya terlebih dahulu. Untuk mendesain dengan mudah dan praktis, Canva bisa menjadi aplikasi yang diandalkan.

Setelah mengetahui ukuran banner YouTube yang paling ideal, jangan tunda membuat desain banner terbaik untuk channel Anda. Berikut adalah tips mendesain banner YouTube menggunakan aplikasi Canva.

  1. Buka Halaman Baru

Jika belum memiliki akun Canva, silakan melakukan registrasi terlebih dahulu. Anda bisa mendaftar dengan akun Google atau Facebook secara gratis. Setelah mendaftar, bukan halaman baru untuk mendesain banner YouTube.

  1. Cari Template

Selanjutnya telusuri library Canva untuk menemukan template terbaik yang sesuai dengan tema serta gaya channel Anda. Tenang, semua template di Canva didesain secara profesional dan mudah digunakan.

Jika sudah mendapatkan template terbaik yang sesuai dengan ukuran banner YouTube yang disarankan, arahkan kursor dan klik untuk mulai mendesain banner.

  1. Jelajahi Fitur Canva

Canva menyediakan banyak sekali fitur-fitur menarik yang mempermudah Anda dalam membuat desain banner YouTube. Di sini terdapat ribuan stok foto, gambar, gif, hingga ilustrasi yang bisa digunakan secara gratis.

Ada juga beragam komponen desain lain seperti bentuk, stiker, teks, dan lain-lain. Ada ratusan font huruf serta elemen lainnya untuk memperindah desain Anda.

  1. Customize Banner Anda

Upload gambar, foto, atau ilustrasi milik Anda sendiri untuk menciptakan desain yang lebih unik dan menggambarkan channel YouTube Anda. Mengupload logo juga bisa menjadi penanda yang mudah dikenali orang.

  1. Publikasikan ke Channel

Setelah membuat desain banner yang sesuai dengan ukuran ideal, sekarang saatnya mempublikasikan banner Anda ke channel YouTube. Nantinya orang yang mengunjungi kanal akan melihatnya.

Pastikan desain yang dibuat sudah disesuaikan berdasarkan pedoman ukuran yang tepat. Dengan ukuran banner YouTube yang tepat, desain Anda tidak akan terpotong dan meningkatkan performa channel Anda.

Related Posts