Cara Monetisasi Fanspage Facebook dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Cara Monetisasi Fanspage Facebook dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Beberapa waktu belakangan ini, cara monetisasi Fanspage Facebook menjadi salah satu kata kunci pencarian yang sangat populer di dunia maya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali pengguna yang berhasil meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dari bisnis via portal tersebut.

Banyak orang yang penasaran bagaimana cara untuk menghasilkan uang dari halaman Facebook yang bisa dibuat secara gratis. Tentu saja hal ini tidak mengherankan karena kebanyakan pengguna Facebook hanya tahu marketplace dan forum sebagai sarana untuk mendapat penghasilan tambahan.

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan sekunder dari halaman Facebook, tentu saja ada langkah-langkah strategis yang harus dilakukan. Tenang saja karena ternyata teknik monetisasi dari platform tersebut sama sekali tidak sulit untuk dilakukan.

Mengenal Istilah Monetisasi Lebih Jauh

Sebelum kita membahas cara monetisasi Fanspage Facebook lebih lanjut, hal pertama yang harus dipahami adalah memahami pengertian dari monetisasi itu sendiri. Apa sebenarnya makna dari istilah satu ini?

Monetisasi adalah sebuah cara menghasilkan uang pada platform digital. Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda jadikan wadah monetisasi dari mulai website, blog, Youtube, TikTok, hingga Fanspage Facebook.

Berbeda platform tentu berbeda juga cara monetisasi yang bisa diterapkan. Ada yang melakukan direct selling, share link, atau bahkan bekerja sama dengan pihak ketiga. Mana yang terbaik untuk dipilih dari beberapa opsi tersebut? Disini kita akan membahasnya sampai tuntas.

Bagaimana Cara Monetisasi Fanspage Facebook yang Efektif?

Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada 6 cara paling efektif untuk melakukan monetisasi via halaman Facebook. Cara-cara ini juga sudah dipraktekkan oleh pengguna lain dan terbukti efektif untuk menghasilkan uang dalam waktu singkat.

Lantas bagaimana cara untuk menghasilkan uang melalui platform tersebut? Mungkinkah salah satunya pernah ada coba sendiri di platform lain? Langsung saja simak ulasan selengkapnya pada poin-poin di bawah ini :

1. Menjual Produk Digital

Cara monetisasi Fanspage Facebook yang pertama adalah dengan menjual produk digital. Tentunya produk digital ini harus berkaitan dengan halaman penggemar yang Anda buat. Peluang sukses dari penjualan produk digital seperti ini sangat tinggi.

Ada banyak sekali jenis produk digital yang bisa dipilih dari mulai e-book buatan sendiri, atau bisa juga e-book yang dibuat oleh orang lain. Tentu saja harus ada regulasi yang dibuat sebelum e-book tersebut dipasarkan ke publik

2. Ikut Pemasaran Afiliasi

Selain menggunakan cara pertama di atas, Anda juga bisa memilih metode afiliasi untuk mendapatkan penghasilan di Fanspage Facebook. Saat ini ada banyak platform dan marketplace yang menyediakan program afiliasi secara gratis.

Ini merupakan salah satu cara monetisasi Fanspage Facebook terbaik yang wajib dicoba,. Tidak sedikit pemilik halaman yang berhasil meraup keuntungan hingga jutaan rupiah per minggunya dari tipe monetisasi satu ini. Pastinya Anda juga memiliki peluang yang sama.

3. Tautkan Link Eksternal yang Mobile-friendly

Anda memiliki toko online sendiri? Atau mungkin memiliki produk yang dijual di situs lain? Menyematkan tautan eksternal pada halaman penggemar juga menjadi cara terbaik untuk melakukan monetisasi dengan mudah. Tidak sedikit pemilik halaman yang memilih metode satu ini.

Penggunaan tautan eksternal ini terbukti ampuh untuk mendatangkan trafik pada website yang Anda miliki. Tentunya hal ini akan memunculkan penawaran iklan dengan harga tinggi jika dilakukan secara konsisten.

Agar monetisasi Fanspage Facebook ini bekerja dengan optimal, pastikan untuk hanya melampirkan link yang mobile friendly. 60 persen pengguna Facebook di era modern ini ternyata menggunakan seluler untuk mengakses akun mereka.

4. Promosikan Toko Online

Masih tidak puas dengan cara-cara di atas? Anda juga bisa mempromosikan toko online di halaman Facebook. Toko online yang dipublikasikan bisa milik sendiri ataupun toko yang dikelola oleh orang lain. Metode penghasilannya juga berbeda beda.

Pertama Anda bisa mengambil keuntungan dari biaya beriklan toko tersebut di halaman Facebook. Sedangkan cara lainnya adalah mengambil keuntungan dari setiap penjualan toko yang terjadi via halaman Facebook. Cara monetisasi Fanspage Facebook ini tidak kalah pas untuk dicoba.

5. Unggah Konten Bersponsor

Cara menghasilkan uang dari fanspage Facebook lainnya adalah dengan mengunggah konten bersponsor. Namun seperti poin-poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pastikan konten tersebut sesuai dengan tema halaman yang Anda miliki.

Umumnya konten bersponsor ini diformat dalam bentuk foto atau video. Aktivitas ini dikenal dengan nama endorsement pada platform lain seperti TikTok dan Instagram. Metode tersebut juga sudah terbukti ampuh untuk menghasilkan uang dari halaman Facebook Anda.

6. Beriklan dengan Video

Cara monetisasi Fanspage Facebook yang terakhir adalah melakukan monetisasi melalui iklan video. Riset membuktikan kalau video merupakan sarana paling efektif untuk menghasilkan uang di dunia maya. Penggunaan video memungkinkan orang-orang untuk memahami isi iklan dengan lebih baik.

Iklan video ini juga bisa dikonsep menjadi sebuah jeda iklan. Jadi durasinya tidak panjang. Biaya beriklan video ini juga tidak tinggi. Harga beriklan di Facebook terbilang sangat terjangkau dan tidak jauh dengan Google Ads.

Syarat Monetisasi FansPage Facebook yang Harus Dipenuhi

Ketika Anda hendak melakukan monetisasi via halaman Facebook, sudah tentu ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi. Syarat ini bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Berikut ini beberapa syarat utamanya tersebut.

  1. Pastikan akun Anda memenuhi standar komunitas dan tidak mempublikasikan akun yang berkaitan dengan konten tidak aman
  2. Akun yang dimiliki juga harus memenuhi standar Kebijakan Monetisasi Partner yang sudah ditetapkan oleh Facebook.
  3. Terakhir, pengguna juga harus mematuhi Kebijakan Monetisasi Konten yang sudah ditetapkan oleh Facebook.

Dengan memenuhi ketiga syarat di atas, proses monetisasi pasti bisa dilakukan dengan lancar. Bagi Anda yang hendak terjun ke dalam bisnis tersebut, pastikan untuk memahami dan mempraktekkan cara cara monetisasi Fanspage Facebook yang sudah kami jelaskan di atas dengan baik dan benar.