Cara Berjualan di Fanpage Facebook Agar Keuntungan Bertambah

Cara Berjualan di Fanpage Facebook Agar Keuntungan Bertambah

Memiliki akun Facebook, jangan hanya untuk buat status galau saja, coba pelajari cara berjualan di fanpage Facebook. Mungkin dengan cara tersebut, bisnis yang Anda tekuni bisa naik penghasilannya. Hal itu karena fanpage bisa menyampaikan informasi lebih luas.

Jika dulunya Facebook hanya untuk membagikan status, foto, atau bahkan video untuk senang-senang. Kini perusahaan meta telah mengembangkan Facebook menjadi platform berjualan juga.

Anda bisa mengiklankan produk jualan Anda agar dikenal banyak orang. Contohnya saja dengan mengikuti cara untuk berjualan di fanpage Facebook, itu bisa membantu Anda meningkatkan pendapatan dan berikut caranya.

Cara Berjualan di Fanpage Facebook dengan Atur Halamannya

Facebook adalah media sosial yang berguna untuk membagikan setiap momen dan kegiatan Anda agar terhubung dengan orang jauh di sana. Facebook sudah menjadi aplikasi yang banyak disenangi dan digunakan.

Kini, media sosial tersebut sudah bisa digunakan untuk menghasilkan keuntungan dengan cara berjualan di fanpage Facebook. Pasti sekarang Anda sudah sering melihat banyaknya barang jualan lewat di beranda Anda.

Itu karena mereka memanfaatkan fitur Facebook terbaru, yaitu Facebook bisnis. Di mana para pengguna Facebook bisa menghasilkan keuntungan dengan menjual produknya. Cara kerjanya sama seperti platform e-commerce lainnya.

Beberapa foto barang diposting beserta dengan keterangan harga dan deskripsi barangnya. Orang yang melihatnya bisa membeli dan barang akan langsung dikirim berdasarkan alamat dari konsumen itu.

Sebelum memulai cara berjualan di fanpage Facebook, hal yang harus Anda lakukan adalah membuat dan mengelola halaman agar menjadi platform jualan profesional. Caranya adalah:

Buat Halaman/Fanpage Terlebih Dahulu

Jangan kira membuat halaman itu sulit untuk dilakukan. Langkahnya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu, yaitu:

  1. Silakan untuk langsung ke akun Facebook Anda dan pilih menu Buat Halaman
  2. Jangan lupa untuk mengisi informasi untuk bisa menjadi halaman yang baik, diantaranya nama halaman, kategori dan keterangan.
  3. Klik buat halaman
  4. Atur foto sampul dan foto profil dengan kualitas terbaik
  5. Jika sudah semuanya, simpan. Maka halaman atau fanpage sudah bisa Anda gunakan.

Lengkapi Foto dan Deskripsi

Karena tujuannya adalah untuk menjual produk Anda, maka tambahkan foto barang dan juga deskripsinya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke halaman bisnis
  2. Silakan lengkapi profil dasar dari halaman bisnis, seperti :
  • Foto atau logo kualitas 180×180 pixel
  • Foto sampul dengan kualitas 851×315 pixel
  • Deskripsi produk
  • Info kontak yang bisa dihubungi
  • Username brand

Tambahkan Call to Action

Pada langkah satu ini, Anda mengharuskan memberi tahu bagaimana caranya untuk order yang benar. Pastikan gunakan deskripsi yang jelas agar calon pembeli tidak bingung, di bawah ini adalah triknya.

Trik Menarik Pengunjung untuk Datang

Ketika cara berjualan di fanpage Facebook ingin berjalan sukses sesuai dengan rencana, maka cara berikutnya adalah memosting konten secara rutin. Meski belum ada yang beli, jangan biarkan halaman bisnis Anda kosong.

Harus selalu aktif memosting barang atau membuat konten yang terkait dengan produk jualan. Jika halaman terus aktif, konsumen yang mampir tidak akan ragu untuk memesan barang di halaman bisnis Anda.

Tujuan untuk memosting konten yang relevan dan bisa membuat audience tertarik untuk membaca dan pada akhirnya membeli. Ada trik yang bisa Anda gunakan agar konten yang diposting dapat menarik pengunjung hingga membelinya, yaitu:

  1. Mengetahui Problem Audiens

Maksudnya, di sini adalah menemukan apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya, mereka ingin membeli baju dengan model kekinian. Tapi, karena harga baju kekinian mahal, membuat orang mengurungkan niatnya untuk membeli.

  1. Buat Konten Edukatif

Tentu saja konten edukatif yang diposting dalam rentetan cara berjualan di fanpage Facebook, harus sesuai dengan barang dijual. Jika Anda menjual madu, maka berikanlah konten khasiat dari madu murni. Serta kebaikannya untuk kesehatan.

  1. Adakan Giveaway

Dan terakhir, Anda bisa mengadakan giveaway atau hadiah dengan syarat-syarat tertentu. Jika dengan cara ini, pasti banyak audiens tertarik melihatnya, kemudian ikut bergabung. Dari keikutsertaannya, nantinya akan mengenali produk yang Anda jual.

Cara Berjualan di Fanpage Facebook dengan Pasang Iklan

Lalu yang terakhir untuk bisa sukses berjualan di fanpage Facebook adalah dengan memasang iklan. Sedikit berkorban mengeluarkan uang untuk mengiklankan produk secara berbayar.

Jika Anda berjualan secara offline, pasti akan jauh lebih mahal karena perlu menyewa ruko dan membuat spanduk atau pamflet. Tapi jika berjualan di Facebook, justru jatuhnya lebih ringan pengeluarannya.

Maka, modal yang masih tersisa, silakan untuk alokasikan dalam pembuatan iklan. Dalam membuat iklan di Facebook juga tidak asal. Ada trik yang perlu dilakukan agar iklan yang terpasang menarik perhatian audiens, caranya seperti berikut.

  1. Tentukan goal iklan yang akan dipasang. Tujuan pasang iklan adalah meningkatkan jangkauan ke audiens, membuat audiens ke laman toko dan melakukan interaksi, serta meningkatkan konversi pembelian di toko online.
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah set up iklan. Cara set upnya adalah dengan menentukan:
  • Audiens yang melihatnya ditujukan kepada siapa
  • Penempatannya di mana. Bisa pada feed, suggest video, market place, stories dan lainnya.
  • Ada budget. Sesuai dengan kemampuan dan target Anda.
  • Dan terakhir jadwal iklannya
  1. Dan terakhir, langsung buat iklan dengan mengikuti petunjuk dan aturan yang telah diberlakukan oleh Facebook.

Ketika ada kemauan untuk memulai, pasti ada jalan untuk bisa meraih kesuksesan itu. Sekarang, pertimbangkan untuk belajar cara berjualan di fanpage Facebook, agar penghasilan Anda semakin bertambah dari bisnis yang dijalani.