TikTok Shop Seller Center, Platform Bisnis Online TikTokers

TikTok Shop Seller Center, Platform Bisnis Online TikTokers

Apa itu TikTok Shop Seller Center? Anda yang belum mengetahuinya padahal selama ini sudah menjadi TikTokers sejati harus membaca uraian ini hingga akhir. Hal itu dikarenakan diuraikan secara mendetail hingga Anda bisa langsung mempraktikkannya.

Bukan hanya pengertian dan maksudnya saja, tetapi juga cara atau langkahnya. Terutama Anda yang hanya menggunakan TikTok sebatas membagikan konten video yang menarik. Sekarang, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berbisnis online di dunia maya.

Tentu saja melalui aplikasi TikTok yang tentu saja sudah Anda miliki akun pribadinya. Oleh karenanya, jangan sampai melewatkan informasi yang akan diuraikan berikut agar Anda bisa membaca, memahaminya, lalu mempraktikkan jual beli online yang menguntungkan.

Mengenal TikTok Shop Seller Center Lebih Dekat

Sebelum membicarakannya panjang lebar, Anda harus mengenal dulu TikTok Shop. Hal itu dikarenakan saling terkait antara satu dengan lainnya. TikTok Shop merupakan fasilitas atau fitur yang dimiliki TikTok untuk semua penggunanya yang ingin berbisnis online.

Dengan begitu, TikTokers tidak hanya bersenang-senang dengan berbagai konten video yang menarik di dalamnya saja. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan TikTok untuk menjual produk dalam bentuk barang atau jasa tertentu.

Jual beli semacam itu memang mirip dengan beragam situs web atau aplikasi e-Commers untuk bisnis online. Perbedaannya, bisnis online yang satu ini dilakukan melalui TikTok. Oleh karenanya, harus menambah pengikut di akun TikTok agar banyak orang mengetahuinya.

Bisnis online semacam itu melalui fasilitas TikTok Shop? Lalu, apa kaitannya dengan TikTok Shop Seller Center? Perlu Anda ketahui bahwa saat ingin bergabung di TikTok Shop Anda harus mendaftar dulu agar mendapatkan dan memiliki akun toko onlinenya.

Dikarenakan jual beli online, maka Anda harus memiliki akunnya terlebih dulu. Akun nama toko yang bisa Anda buat sendiri terutama nama dan passwordnya. Setelah jadi, Anda bisa mulai menjalankan bisnis online melalui TikTok Shop.

Pengelolaannya harus bagus dan benar agar banyak TikTokers atau netizen yang mengunjungi toko yang Anda miliki. Di mana di dalamnya terdapat produk-produk yang Anda jual secara online.

Tempat akun toko di TikTok Shop tersebut terletak di TikTok Shop Seller Center. Namun sebelumnya, Anda harus membuat akun TikTok Shopnya terlebih dahulu. Jadi, memang ada langkah-langkahnya yang direkomendasikan.

Bagaimana Cara Membuat Akun di TikTok Shop?

Informasi berikutnya yang harus Anda ketahui, yaitu cara membuat akun di TikTok Shop agar Anda bisa berbisnis online di platform tersebut. Tentu saja ada langkah-langkahnya yang direkomendasikan dan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Anda sekalian yang belum mengetahuinya bisa membaca uraian yang akan menyampaikannya secara detail sebagai berikut. Semoga bermanfaat.

  1. Membuat Akun Toko Online

Langkah pertama agar Anda bisa beraktivitas di TikTok Shop Seller Center, yaitu membuat akun tokonya dulu. Sekali lagi, akun toko tersebut untuk mengelola bisnis online di TikTok Shop. Beberapa langkahnya sebagai berikut.

Silahkan membuka link di seller TikTok dengan cara langsung browsing saja agar cepat. Setelah masuk ke halaman utamanya, Anda bisa segera mendaftar sebagai seller atau penjual melalui akun TikTok yang masih aktif.

Selanjutnya, masukkan beberapa data pribadi Anda, seperti nama, alamat lengkap, nomor HP, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan alamat baru sebagai tempat alternatif.

Setelah itu, centang kotak Agree to TheRelevant Terms and Conditions. Selanjutnya, klik saja Start Your Business.

  1. Memverifikasi Dokumen

Langkah berikutnya agar Anda bisa menjadi bagian di TikTok Shop Seller Center, yaitu memverifikasi dokumen. Dengan kata lain, Anda harus mengunggah beberapa dokumen untuk akun toko yang sudah jadi. Beberapa langkahnya sebagai berikut.

Silahkan Anda buka akun toko yang sudah dibuat sebelumnya, lalu pilih Verify Documents. Setelah itu, Anda bisa memulai mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan. Misalnya, KTP atau SIM, foto, dan lain sebagainya.

Selanjutnya pada kolom informasi penjual, Anda bisa memilih jenis bisnis yang dijalankan. Dalam artian, bisnis tersebut milik perseorangan atau perusahaan. Selain itu, jenis dan macam produk yang akan dijual.

Setelah melakukan semua itu, Anda klik saja Send atau Kirim. Selanjutnya, pihak TikTok akan meninjau verifikasi data yang Anda lakukan tersebut. Anda cukup menunggu saja dan pemberitahuan dikirimkan via email.

  1. Mengisi Nomor Rekening

Selanjutnya, masih ada satu langkah lagi agar proses di TikTok Shop Seller Center selesai, yaitu mengisi nomor rekening. Adapun beberapa langkahnya sebagai berikut. Anda bisa masuk ke akun toko yang sudah dibuat, lalu pilih Rekening Bank.

Setelah itu, klik Tautkan Akun. Silahkan Anda memasukkan beberapa data, seperti nama rekening, nama bank, dan nomor rekeningnya. Jangan lupa untuk mengisi beberapa data tambahan, seperti alamat rumah, nomor HP, dan alamat email.

Pastikan nama akun harus sama dengan nama rekening, jika jenis bisnisnya perseorangan. Setelah semua kolom sudah diisi dan data yang diunggah juga valid, klik Send. Di bawah ini adalah bisnisnya.

Berbisnis Online di TikTok yang Prospektif

Anda yang belum mempercayainya bisa membuktikan sendiri. Tentu saja dengan langkah-langkah yang direkomendasikan diatas. Selanjutnya, Anda dapat memulai bisnis onlinenya tentu saja dengan promosi yang paling menarik.

Perlu diingat bahwa bisnis di TikTok dipastikan banyak pesaing karena TikTok Shop sudah semakin populer sekarang. Oleh karenanya, Anda dituntut untuk lebih totalitas dalam mengelola bisnisnya agar memenangkan persaingan ketat tersebut.

Jadi, platform TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Silahkan mempraktikkan beberapa langkah untuk bisa menjadi bagian di TikTok Shop Seller Center. Selamat mencoba dan semoga berhasil.