Kenali Aplikasi YouTube Vanced, Aman atau Tidak

Kenali Aplikasi YouTube Vanced, Aman atau Tidak?

YouTube Vanced menjadi aplikasi favorit ketika ingin menonton YouTube tanpa jeda iklan. Namun bila Anda ingin menggunakannya, pastikan mengetahui beberapa hal lebih dulu. Minimal memahami bagaimana cara mengoperasikan aplikasinya.

Mengetahui ketentuan penggunaan aplikasi bisa menyelamatkan pengguna dari kejadian-kejadian seperti kebocoran data. Sebab apk mod yang satu ini merupakan aplikasi pihak ketiga. Sebaiknya perhatikan pembahasan keunggulan, cara instalasi, dan lainnya.

Panduan Menginstall Aplikasi YouTube Vanced

Melalui apk ini, pengguna bisa mendapatkan kenyamanan saat menonton. Mulai dari tanpa jeda iklan, kemampuannya menjalankan sistem operasi background, dan lainnya. Aplikasi ini menawarkan berbagai fasilitas yang tidak dimiliki YouTube.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, apk ini berperan sebagai pihak ketiga. Sehingga tidak tersedia di Play Store maupun App Store, pengguna harus melakukan perizinan apk seara manual berikut panduannya.

  1. Masuk ke bagian Pengaturan pada ponsel Anda
  2. Pilih opsi Pengaturan Tambahan
  3. Klik bagian opsi Keamanan dan Privasi
  4. Langkah selanjutnya, klik Sumber Tidak Dikenal
  5. Terakhir, centang box pada bagian pojoknya

Dengan begitu Anda sudah mengizinkan apk tidak dikenal terinstall di ponsel. Untuk mendapatkan apk ini sama seperti menginstall aplikasi biasa. Jika tidak ingin salah langkah, maka bisa mengikuti panduan ini.

  1. Pertama-tama pastikan Anda sudah mengikuti langkah di atas untuk melakukan perizinan aplikasinya.
  2. Anda bisa mendapatkan link download aplikasi YouTube Vanced di Google. Namun pastikan mendapatkan linknya dari situs terpercaya.
  3. Download file apknya dan tunggu sampai selesai.
  4. Setelah proses pengunduhan selesai, Anda bisa menggunakan apknya.

Perlu diperhatikan, besaran filenya berukuran 23,8 MB namun sudah tidak perlu melakukan root ketika mengunduh. Pastikan mendapat link dari situs resmi, karena banyak bertebaran link yang tidak bisa diiunduh.

Persyaratan downloadnya cukup mudah hanya perlu menyediakan memori yang cukup, serta pastikan sistem ponsel Android sudah OS 7 ke atas demi keamanan saat instalasi.

Perhatikan Keunggulan YouTube Vanced Ini

Banyaknya pengguna aplikasi pihak ketiga YouTube ini tidak jauh dari berbagai macam fitur yang ditawarkan. Keunggulannya juga menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi ini bisa begitu diminati.

  1. Bisa Menikmati YouTube Premium

Selain bisa menonton tanpa jeda iklan, Anda bisa menikmati YouTube Premium secara gratis. YouTube Premium sendiri dikenal sebagai fitur berbayar milik YouTube, sajian kontennya sangat berkualitas dan terpilih.

Di YouTube sendiri Anda perlu melakukan upgrade apabila ingin mendapatkan fitur ini. Banyak pengguna yang mencari aplikasi pihak ketiga supaya tidak terganggu saat menonton, salah satunya YouTube Vanced.

  1. Persis YouTube

Meski dibuat oleh developer yang berbeda, aplikasi ini memiliki fitur persis YouTube. Seperti fitur trending, beranda, eksplor, subscription, pencarian, hingga fitur koleksi. Jadi secara interface, pemula bisa mengoperasikannya dengan mudah.

  1. Mendukung Split Screen

Meski aplikasi ditutup, pengguna tetap bisa menonton karena sudah didukung oleh fitur Split Screen. Sistem operasinya tetap berjalan di background sehingga memungkinkan pengguna bisa chatting sambil menonton.

  1. Menyediakan Dark Mode

Sistem layar dark mode menjadi favorit sebagian besar pengguna ponsel, karena dikenal mampu menghemat daya baterai. Pengguna tetap nyaman menonton bahkan ketika kondisi cahaya ruangan tidak terang.

  1. Gratis

Berbeda dengan YouTube Premium, apk ini bisa didapatkan secara gratis dan tidak perlu membayar langganan apa-apa. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan semua fitur aplikasi tanpa harus mengeluarkan biaya.

Dari segi teknis, aplikasi ini tidak melakukan banyak perubahan atau pembaruan fitur. Bahkan bisa dikatakan mirip sistem aplikasi YouTube. Pengembangnya memang hanya melakukan rendering dari segi perangkat.

Apakah YouTube Vanced Aman? Simak Uraiannya

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya aplikasi pihak ketiga memiliki kemampuan disusupi berbagai virus, seperti malware atau spyware. Apalagi menonaktifkan ketentuan layanan keamanan ponsel pada settingan berarti mempersilakan virus masuk.

Bila Anda cenderung memikirkan kondisi perangkat, lebih baik berlangganan YouTube Premium. Tapi jika tetap ingin memakai aplikasi ini sebaiknya ketahui beberapa hal berikut agar menjadi bahan pertimbangan.

  1. Tidak Ada Verifikasi Coding

Mari bandingkan dengan YouTube resmi lebih dullu, pembuatan YouTube resmi melewati proses coding terpercaya. Google memiliki tim pengembang di mana seluruh dunia mengetahui bagaimana kredibilitas Tim Google.

Sementara pengembang apk Vanched tidak memiliki asal usul yang jelas. Sistem codingnya hanya dipahami oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan di bidang coding. Itulah alasan perlunya pertimbangan ketika menginstall apk ini.

  1. Akun Dibanned Google

Untuk mengakses Vanched dibutuhkan login menggunakan akun Google. Dari sinilah permasalahan bermula, Google mampu membaca akun mana yang melakukan aktivitas tidak normal, salah satunya ketika login di apk tidak terpercaya.

Kemungkinan ini selalu membayangi pengguna yang tidak mengikuti ketetapan peraturan Google. Bila akun terkena banned, maka segala urusan akan menjadi lebih rumit. Anda tidak bisa mengakses Gmail, Maps, dan lainnya.

  1. Tidak Ada Jaminan Keamanan dari Google Play Protect

Google melakukan penyaringan pada seluruh aplikasi di Play Store. Namun seperti yang diketahui, aplikasi ini tidka tersedia di platform resmi seperti Play Store. Sehingga tidak bisa dipastikan apk ini bersih dari virus.

  1. Kemungkinan Kebocoran Data

Dikarenakan keamanannya tidak terjamin, maka ada kemungkinan kebocoran data pribadi pengguna. Bila kurang hati-hati, data pribadi Anda bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Update Manual

Update aplikasi biasanya hanya perlu masuk Play Store, atau otomatis terupdate. Namun pada aplikasi mod, update harus dilakukan secara manual. Dengan kata lain, Anda harus mencari versi terbarunya di mesin pencarian.

Jadi memang tidak ada jaminan kalau Vanched merupakan apk yang aman. Namun itu semua tergantung pada kebutuhan pengguna. Ingin memakai YouTube Vanced beriringan bersama risiko atau YouTube resmi?

Related Posts