“Ok Google Kirim Pesan WhatsApp”, Komando AI Milik Google

“Ok Google Kirim Pesan WhatsApp”, Komando AI Milik Google

Android memiliki fitur menarik dalam mengirim pesan Whatsapp, cukup mengucapkan “Ok Google kirim pesan WhatsApp” maka secara otomatis sistem operasi smartphone Android akan mengirim pesan ke tujuan.

Sistem ini dinamakan Google Asisten, di mana mampu menerima perintah melalui suara. Sehingga pengguna ponsel tidak perlu menyentuh layar untuk mengoperasikan smartphone Android. Asisten virtual merupakan sistem bawaan untuk Android.

Mengenal Kalimat Ajaib “Ok Google Kirim Pesan WhatsApp”

Asisten virtual sudah dilengkapi kecerdasan buatan milik Google. Layanan ini tidak hanya untuk smartphone melainkan hadir pada perangkat rumah elektronik. Tidak hanya mengirim pesan, pengguna dapat melakukan apa saja dengan satu perintah.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan perintah “Ok Google kirim pesan WhatsApp” pada Asisten Virtual? Anda bisa mengenali Asisten Virtual dengan memahami beberapa hal yang sudah kami rangkum berikut.

  1. Melatih Pengenalan Suara

Langkah awal sebelum mengaktifkan tentunya harus memperkenalkan suara Anda pada sistem. Hal ini bertujuan supaya sistem tidak salah dalam mengenali suara komando. Bila bukan suara Anda, sistem mudah menolak perintah.

  • Buka bagian Pengaturan pada smartphone Anda.
  • Buka setelan asisten, kemudian gulir sampai menemukan Setelan Populer.
  • Setelah menemukannya, lanjutkan dengan klik opsi Voice Match.
  • Aktifkan Ok Google, atau aktifkan Asisten Virtual.
  • Latih model suara dengan mengetuk model suara.
  • Kemudian ikuti langkah berikutnya untuk merekam suara.
  1. Panduan Aktivasi Asisten Google di Android

Setelah melakukan pengenalan model suara, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur asisten virtualnya. Ikuti langkah berikut ini untuk aktivasi fitur asisten virtual supaya tidak salah langkah.

  • Pertama, munculkan Asisten Google dengan menekan tombol Home.
  • Buka menu Assistant Settings.
  • Klik opsi General kemudian ubah pengaturan asisten menjadi On (untuk mengaktifkan).
  • Kemudian pilih opsi Popular Settings dan klik Voice Match.
  • Lakukan Tap Voice berulang kali.
  • Bila sudah, lakukan rekaman suara dengan mengikuti langkahnya

Bila sudah menerapkan cara-cara di atas, maka Anda sudah bisa mengirim pesan WhatsApp dengan mengucapkan “Ok Google kirim pesan WhatsApp”. Dengan begitu, Anda bisa mengirim pesan dengan satu perintah.

Cara Kirim WhatsApp Melalui Asisten Google

Selain menguasai sebagian sistem komando smartphone, fitur ini sudah terintegrasi dengan WhatsApp. Pengguna tidak perlu lagi mengetik manual, melainkan cukup mengeluarkan suara maka pesan akan tertulis sendiri.

  1. Aktifkan fitur ini dengan mengucap “Hey Google”
  2. Kemudian beri komando selanjutnya seperti “Ok Google kirim pesan WhatsApp”
  3. Tidak lupa mengucapkan nama kontak tujuan serta isi pesannya
  4. Setelah memastikan semua isi pesan benar, konfirmasi perintah
  5. Untuk melakukan pesan suara, Anda bisa mengucapkan “Ok Google kirim pesan suara WhatsApp ke (kontak tujuan)”

Jadi pengguna tidak hanya bisa mengirim pesan teks, namun pesan suara dan panggilan video. Cara ini tentunya bisa memudahkan Anda dalam berinteraksi bersama teman-teman sambil melakukan aktivitas lain.

Aktivasi sistemnya juga tidak membutuhkan waktu lama dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahasa yang digunakan bisa menyesuaikan pengguna, karena fitur asisten ini menyediakan berbagai macam bahasa.

Akan lebih baik jika mengoptimalkan penggunaan smartphone dengan mengaktifkan Assistant Virtual ini. Terutama bagi pekerja yang lebih sering di depan laptop, akan sangat merepotkan bila harus menatap dua layar.

Sehingga kehadiran sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan multitasking. Sebab selain sekedar mengatakan “Ok Google kirim pesan WhatsApp”, Anda juga bisa membuka aplikasi lain melalui suara.

Dengan catatan, aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan sistem ini. Kemampuan lain fitur ini mampu membalas percakapan untuk mempermudah sistem dalam memahami perintah. Tidak seperti pendahulunya yaitu Google Now.

Pengguna bisa aktif bertanya tentang apa saja pada Assistant Virtual. Mulai dari info cuaca terbaru, berita terkini, bahkan hingga berbalas pantun. Tidak hanya itu, fitur ini mampu membantu membuat panggilan.

Fungsi Asisten Google pada Android

Fungsi utama Assistant Virtual memang untuk menjalankan perintah sekaligus menanggapi pertanyaan melalui suara. Namun siapa sangka ada fungsi lain dari Asisten Virtual yang akan dibahas berikut ini.

  1. Kemampuan Membacakan Berita

Aktivitas ini cocok dilakukan di pagi hari, fungsi pertama ini jelas mampu menggeser fungsi radio. Anda hanya perlu mengucapkan “Ok Google, bacakan berita”, lalu selanjutnya Anda akan mendengarkan update berita terkini.

  1. Pengingat Agenda

Bagi pengguna yang sibuk tentunya butuh fitur asisten supaya kinerja bisa maksimal. Kesibukan sering kali membuat banyak hal terlupakan. Namun dengan memakai Virtual Assistant, Anda akan diingatkan mengenai agenda mendatang.

Cukup dengan mengatakan “Ok Google, buatkan pengingat agenda meeting minggu depan”, kemudian sistem akan membantu mencatat jadwal pada pengingat. Asisten virtual akan membuat pengingat ketika mendekai agenda penting.

  1. Mengirim Chat

Fitur asisten membantu pengguna membalas pesan dan chat. Selain WhatsApp, Anda juga bisa memberi komando untuk membuat pesan SMS pada seseorang. Perintahnya sama, cukup mengatakan “Ok Google, kirim pesan SMS”.

  1. Melakukan Panggilan

Berbagai perintah simpel dapat dipahami sistem ini, termasuk ketika melakukan panggilan melalui WhatsApp atau panggilan telepon ke nomor tujuan. Satu perintah suara mampu mengakses satu panggilan suara.

  1. Sebagai Penerjemah Bahasa Asing

Sistem canggih ini dapat menyuarakan berbagai intonasi bahasa asing. Fungsi penerjemah mampu membantu pengguna ketika berada di luar negeri atau mempelajari asing. Total bahasa yang bisa diterjemahkan mencapai 188 bahasa.

Kecanggihan teknologi dikenal mampu menunjang produktivitas manusia. Misalnya dalam hal chatting, cukup dengan menyebutkan “Ok Google kirim pesan WhatsApppesan akan langsung terkirim ke nomor tujuan.