Asuransi Jiwa adalah Proteksi yang Wajib Anda Punya

Asuransi Jiwa adalah Proteksi yang Wajib Anda Punya

Asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan untuk diri sendiri maupun keluarga. Namun kenyataannya masih banyak orang yang enggan memilikinya. Alasannya sudah punya investasi, gaji bulanan dan dana pendidikan.

Padahal, kematian bisa terjadi kapan saja tanpa memandang umur. Misalnya saja seorang laki-laki yang meninggal dunia dalam usia muda, meninggalkan istri dan anak. Tentu kejadian tersebut akan menyebabkan kehidupan keluarga yang ditinggalkan menjadi sulit.

Oleh sebab itu, penting untuk melindungi diri dengan asuransi jiwa. Sehingga apabila terjadi hal buruk, keluarga yang ditinggalkan tetap aman dan mampu tercukupi secara finansial. Di bawah ini merupakan penjelasan lebih lengkapnya.

Asuransi Jiwa adalah Bentuk Perlindungan Keluarga

Asuransi atau pertanggungan bisa diartikan sebagai perjanjian antara beberapa pihak di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung melalui penerimaan premi. Tujuannya ialah memberikan penggantian kepada tertanggung terkait kerugian tertentu.

Sementara asuransi jiwa adalah suatu perjanjian antara tertanggung (pemegang polis) dengan penanggung (perusahaan) dalam bentuk premi. Pihak tertanggung mempunyai hak mendapatkan pembayaran sejumlah uang jika terjadi peristiwa maupun musibah tertentu.

Jasa asuransi begitu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari guna menghadapi risiko keuangan yang mungkin saja muncul karena kematian. Sebab kematian umumnya menyebabkan masalah bagi yang ditinggalkan atau risiko terkait harta benda.

Jadi, alasan pentingnya asuransi jiwa adalah untuk melindungi keluarga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya saja kematian. Terutama terkait perlindungan finansial.

Pihak tertanggung perlu membayarkan sejumlah premi secara berkala. Lantas, jika suatu saat pihak tertanggung meninggal, uangnya akan diberikan oleh perusahaan asuransi sebagai Uang Pertanggungan (UP) untuk keluarga yang ditinggalkan.

Ketika seorang tulang punggung keluarga meninggal, tentu keluarga akan kehilangan sumber penghasilan. Melalui uang pertanggungan dari asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan dapat membiayai hidup untuk beberapa waktu ke depan.

Biasanya setiap perusahaan mempunyai ketentuan tersendiri yang dimasukkan ke dalam kontrak perjanjian. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang terpercaya.

Lantas, bagaimana dengan besaran harganya? Besaran harga asuransi jiwa cukup bervariasi, mulai puluhan ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah untuk setiap bulannya. Sedangkan masa pembayaran polisnya bisa dipilih secara berkala maupun sekaligus.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa. Jadi, cukup mempelajari layanan tersebut dan menetapkan pilihan pada perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Persiapan Sebelum Mempunyai Proteksi Jiwa

Seorang pencari nafkah dalam keluarga wajib mempunyai proteksi jiwa untuk melindungi keluarga jika terjadi hal buruk. Sehingga kelangsungan hidup keluarga di masa depan akan terjaga.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan perlindungan diri sebagai pencari nafkah dalam keluarga? Langkah persiapan untuk mendapatkan asuransi jiwa adalah sebagai berikut.

  1. Menyisihkan Anggaran

Mungkin bukan hal mudah untuk mengalokasikan dana setiap bulan. Terutama karena manfaat asuransi jiwa tidak bisa dirasakan saat itu juga. Jadi, coba tanamkan pemikiran bahwa lebih baik bersakit-sakit dahulu lantas bersenang-senang kemudan.

Anda perlu memahami uang yang disimpan sekarang ini begitu bermanfaat untuk keluarga di masa mendatang. Sehingga Anda tidak merasa terlalu berat ketika perlu menyisihkan uang setiap bulannya.

  1. Mempunyai Asuransi ketika Masih Sehat

Setiap perusahaan penyedia layanan asuransi jiwa tentu mempunyai ketentuan masing-masing terkait layanannya. Biasanya ada syarat khusus terkait kondisi kesehatan calon pemilik polis.

Kondisi kesehatan akan sangat mempengaruhi biaya premi yang perlu dibayarkan. Kalau kondisi kesehatannya bagus, maka premi terbilang rendah. Jadi, lebih baik untuk segera mempunyai asuransi jiwa ketika masih muda dan sehat.

  1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum menentukan asuransi jiwa yang diinginkan, sebaiknya pelajari dahulu setiap produknya. Anda bisa membandingkan satu produk dengan satu produk lainnya. Karena setiap jenis produk asuransi jiwa pasti mempunyai manfaat tersendiri.

Anda perlu memastikan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja manfaat kecacatan total yang memungkinkan Anda sebagai tertanggung untuk memperoleh uang pertanggungan ketika sudah tidak mampu lagi bekerja.

Jangan lupa untuk memastikan perusahaannya kredibel dan bisa dipercaya. Jadi, Anda akan terbebas dari risiko penipuan. Pasti Anda sudah tahu ada banyak kasus penipuan berkedok asuransi di internet atau televisi bukan?

Manfaat Mempunyai Asuransi Jiwa untuk Masa Depan

Mempunyai asuransi jiwa bukan berarti mempunyai pemikiran buruk tentang masa depan. Melainkan bersiap diri jika suatu saat di masa depan terjadi hal buruk. Jadi, bukan hal yang salah jika mempunyai perlindungan atau jaminan untuk keluarga.

Selain itu, ada pula berbagai manfaat yang bisa dirasakan. Jadi, tidak perlu ragu untuk mulai memikirkan perlindungan bagi keluarga. Manfaat asuransi jiwa adalah sebagai berikut.

  1. Menenangkan Pikiran

Kematian bukan sekedar kejadian yang meninggalkan duka bagi keluarga. Namun juga membawa dampak buruk dalam hal keuangan sebab kehilangan penghasilan. Risiko tersebut dapat dihindari dengan membeli polis asuransi.

Jadi, tidak perlu takut atau khawatir jika di masa depan mengalami hal buruk. Anda bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang dan nyaman. Jika suatu saat terjadi hal buruk, keuangan keluarga akan baik-baik saja.

  1. Menghadirkan Jaminan Bagi Pendidikan Anak

Apabila sudah mempunyai anak, tentu perlu memikirkan biaya pendidikannya. Jika Anda mempunyai tanggungan anak yang masih menempuh jalur pendidikan, tentu memerlukan banyak biaya.

Tentu Anda tidak ingin anak berhenti sekolah secara mendadak, bukan? Jadi, asuransi jiwa bisa menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Tidak perlu takut anak akan terputus cita-citanya apabila tulang punggung keluarga meninggal.

  1. Menabung

Asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal buruk yang mungkin menimpa di masa mendatang. Misalnya saja kecelakaan, musibah, maupun meninggal dunia.

Seorang pencari nafkah atau tulang punggung keluarga perlu mengantisipasi kejadian buruk di masa mendatang. Asuransi jiwa adalah sebuah bentuk perlindungan keluarga jika suatu saat pencari nafkah mengalami hal buruk.

Related Posts