Takjil Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Takjil Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Menu takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa sebenarnya ada banyak sebagai referensi. Akibat banyaknya opsi tersebut terkadang justru membuat Anda semakin pusing menentukan pilihan berbuka.

Jangan khawatir karena di sini kami akan memberikan beberapa referensi paling tepat sebagai pilihan berbuka. Tidak hanya nikmat namun juga harus menyehatkan karena ini momen puasa.

Di mana kebutuhan nutrisi tubuh jelas lebih tinggi karena jam makan Anda berubah secara signifikan. Apabila mencukupi kebutuhan gizi secara tepat nantinya berpuasa tentu akan menjadi lebih lancar.

Ingat bahwa ketika berpuasa kebutuhan nutrisi tubuh akan semakin tinggi agar dapat beraktivitas secara normal. Oleh sebab itu Anda perlu menu berbuka tidak hanya nikmat namun juga menyehatkan.

8 List Takjil Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Ada banyak menu sebenarnya yang ingin kami bagikan kepada Anda namun tentu itu bisa membuang banyak waktu. Kami sudah memfilter menjadi delapan list takjil lezat yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

1.     Smoothies

Smoothies adalah sejenis jus buah-buahan menyegarkan apabila digunakan saat buka puasa. Karena hanya terbuat dari buah-buahan, es, dan susu tentu saja rasanya menjadi enak.

Ini merupakan takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa yang nikmat disantap bersama keluarga. Pembuatan smoothies juga tepat, ini membuat preparasi guna buka tidak terlalu lama.

Namun perlu diingat apabila membuat smoothies jangan terlalu banyak menggunakan gula. Karena dikhawatirkan akan terjadi sugar rush yang membuat tubuh terasa kurang nyaman.

Smoothies juga tidak harus menggunakan buah-buahan mahal, Anda bisa memakai pisang. Boleh juga memakai semangka karena harganya biasanya murah saat bulan Ramadan.

2.     Kolak Pisang

Kolak pisang, sebuah menu tradisional selain sehat ternyata juga menyehatkan badan. Dijadikan sebagai menu takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa tentu akan sangat tepat.

Pembuatan kolak pisang juga mudah hanya butuh santan, pisang, gula, dan air. Siapa saja tidak mungkin gagal membuat kolak pisang jika sudah tahu seperti apa cara membuatnya.

Usahakan ketika membuat kolak pisang jangan memilih pisang terlalu masak. Karena nantinya Anda masih memasak lagi sehingga lebih baik jika masih setengah matang saat memasaknya.

3.     Lumpia Buah

Apabila ingin lebih elit lumpia buah bisa dijadikan takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa. Kulit lumpia yang dipakai berbeda dengan lumpia goreng karena lebih tipis bentuknya.

Jadi di sini nanti bentuk lumpia basahnya akan lebih transparan menunjukkan buah-buahannya. Rasa segar dari menu ini tentu saja cocok digunakan sebagai hidangan pembuka.

Rasa manis dari buah bisa meningkatkan nafsu makan ketika berbuka puasa. Pembuatan lumpia buah juga sederhana, tidak memakan waktu lama, dan paling penting murah meriah.

4.     Salad

Di Indonesia popularitas salad buah sebagai menu kudapan juga semakin meningkat. Hal tersebut karena salad buah sendiri memang cukup mudah dibuat oleh siapa saja selama tahu resepnya.

Sebagai takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa tentu saja ini adalah menu pas digunakan. Rasa segar manis dari buah jelas akan menggugah selera saat hendak menyantap makanan berat.

Kandungan nutrisi maupun gizinya juga tinggi, ini memungkinkan Anda mencukupi kebutuhan harian puasa. Menu tersebut tentu saja dapat menjadi referensi apabila Anda menyukai makanan manis.

5.     Es Buah

Salah satu takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa paling sederhana adalah es buah. Anda bisa membuatnya menggunakan berbagai jenis buah tergantung selera masing-masing orang.

Biasanya es buah menggunakan nangka, semangka, apel, melon, dan kelapa muda. Namun tidak menutup ada juga kombinasi lainnya seperti rumput laut dipakai sebagai bahannya.

Pembuatan es buah juga mudah ini memungkinkan siapa saja bisa menikmatinya secara mudah. Sebagai catatan jangan terlalu banyak menggunakan gula saat membuatnya karena buahnya pada dasarnya sudah manis.

6.     Sup

Supa sayur dapat menjadi opsi tepat karena memberikan asupan serat bagi tubuh. Selama berpuasa jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan serap agar saluran pencernaan tetap terjaga.

Memang rasanya nikmat ketika berbuka menggunakan menu berat seperti opor ayam atau rendang. Namun jangan lupa bahwa kecukupan serat bagi tubuh harus dipenuhi agar kesehatan bisa terjaga.

Kekurangan serat adalah salah satu masalah paling sering dialami saat bulan suci Ramadan. Jangan sampai lupa kecukupan sayur agar perut tetap sehat meskipun waktu makan menjadi berubah.

7.     Puding Buah

Puding buah bisa menjadi sebuah referensi tepat apabila menginginkan menu sehat. Puding sendiri juga bisa tahan lebih lama sehingga dapat Anda pakai sebagai menu sahur juga.

Kandungan susu dan buah pada kudapan ini jelas memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Protein akan membuat perut tidak mudah lapar ketika menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Ingat bahwa kecukupan protein lebih penting ketika konteksnya seperti puasa Ramadan. Hal tersebut karena penyerapan protein lebih efektif dibandingkan karbohidrat dalam jumlah tinggi.

8.     Es Blewah

Opsi terakhir ini jelas sebuah menu paling mainstream di Indonesia, es blewah. Siapa tidak kenal kesegaran es blewah saat bulan Ramadan, di setiap rumah pasti setidaknya pernah membuat satu.

Es blewah sendiri pembuatannya cukup mudah hanya butuh es, gula, air, kemudian blewah. Sebagai hidangan pembuka jelas ini menggugah selera ketika dinikmati saat sedang merasa dahaga.

Blewah sendiri juga mengandung banyak vitamin C sehingga pas untuk kebutuhan puasa. Sistem imun tubuh harus tetap terjaga meskipun kondisinya berpuasa salah satu caranya meningkatkan asupan vitamin C melalui blewah.

Semua resep tadi tentu dapat Anda jadikan sebagai referensi agar pemilihan kudapan tidak pusing lagi. Ada banyak lagi takjil lezat dan sehat untuk berbuka puasa yang dapat Anda kreasikan untuk keluarga di rumah.

Related Posts