Kiat Menjaga Kualitas Tidur Selama Berpuasa agar Tetap Sehat dan Bugar

Kiat Menjaga Kualitas Tidur Selama Berpuasa agar Tetap Sehat dan Bugar

Ketahui kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar, karena menjalani ibadah puasa bukan berarti Anda diperbolehkan untuk bermalas-malasan.

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang dijalankan oleh seluruh umat muslim yang beriman di seluruh dunia. Orang yang menjalankan ibadah puasa akan diwajibkan menahan diri untuk makan, minum dari terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Ketika menjalankan puasa, kebiasaan seseorang akan berubah dari mulai waktu makan dan juga waktu istirahat karena sahur. Pola tidur yang berubah ini akan mempengaruhi kondisi tubuh manusia, ketahui cara jaga kualitas tidur berpuasa agar tetap sehat dan bugar berikut ini.

Beberapa Kiat Menjaga Kualitas Tidur Selama Berpuasa agar Tetap Sehat dan Bugar

Pola tidur yang berubah di bulan Ramadhan karena waktu makan dan waktu tidur akan sedikit berbeda dengan bulan biasanya akan mempengaruhi kondisi tubuh. Apalagi jika Anda cenderung kehilangan kalori atau kelebihan kalori karena terlalu banyak mengonsumsi gula.

Sehingga tidak jarang selama mejalani puasa Ramadhan tubuh akan terasa selalu lemas dan merasa malas beraktivitas. Untuk mengatasi hal ini berikut ini adalah kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar.

  1. Tidurlah Lebih Awal

Tips yang pertama adalah tidur lebih awal, apalagi untuk Anda yang basanya tidur diatas jam 10 malam atau bahkan begadang. Kebiasaan tersebut lebih baik di hentikan terlebih dahulu dan mulainya mencoba tidur lebih awal.

Waktu tidur lebih baiknya ini akan membuat aktivitas di esok hari akan dijalani lebih segar tidak seperti sebelumnya. Apalagi Anda harus menjalankan makan sahur sekitar jam 3 sampai dengan 4 pagi.

  1. Tidur Sebentar Setelah Sahur

Tidak ada salahnya untuk tidur sebentar setelah makan sahur, meskipun sebentar tetapi jika tidur tersebut berkualitas akan sangat baik untuk tubuh Anda. Pastikan untuk coba menjaga pola tidur dengan memasang alarm agar bangunnya tidak kesiangan nanti.

  1. Tidak Boleh Sembarangan Mengonsumsi Makanan Sebelum Tidur

Kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar lainnya adalah tidak boleh makan-makanan sembarangan lagi. Dianjurkan untuk tidur setelah 90 menit setelah makan malam terakhir dilakukan.

Lakukan pergerakan kecil untuk membantu tubuh untuk mencerna makanan sebelum tidur. Jauhi juga makanan yang berlemak atau olahan susu yang susah untuk dicerna.

  1. Menyempatkan untuk Istirahat di Siang Hari

Kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar selanjutnya adalah menyempatkan istirahat di siang hari. Tidur merupakan hal yang sangat penting karena tubuh akan terasa lemas jika Anda tidur dengan porsi yang cukup.

Jika di malam hari Anda terpaksa tidur telat karena beribadah dan pekerjaan, sebaiknya untuk mengganti jam tidur tersebut di siang hari. Istirahat pada siang hari sangat berguna untuk memulihkan kondisi tubuh agar Kembali bugar.

Sisihkan waktu istirahat sekitar 20 menit sampai dengan 30 menit per sesi sudah sangat cukup untuk mendapatkan tidur berkualitas.

  1. Menciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Terakhir menciptakan suasana tidur yang nyaman pada malam hari akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berolahraga pada malam hari.

Hal ini sangat ampuh untuk membuat tidur lebih enak, pastikan juga untuk selalu mematikan lampu sebelum tidur dan jauhkan dari segala macam gadget. Untuk semakin membantu menciptakan suasana tidur yang nyaman bisa juga menyemprotkan aroma terapi yang bisa membuat Anda rileks.

Tips Menjaga Tubuh Selama Berpuasa agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan

Setelah membangun kebiasaan untuk menciptakan kualitas tidur yang baik untuk menjaga tubuh semakin sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa. Ada beberapa cara lain juga yang bisa Anda terapkan agar tubuh tidak mudah Lelah.

  1. Konsumsi Air Putih Kurang Lebih 8 Gelas Sehari

Pertama walaupun saat berpuasa Anda tidak boleh lupa tubuh memerlukan kebutuhan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Usahakan untuk tetap minum sekitar 8 gelas sehari atau 2 liter air putih bisa dilakukan pada waktu sahur, di malam hari saat buka puasa atau setelah tarawih.

  1. Jangan Terlalu Kalap saat Waktu Berbuka

Setelah mengetahui kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar, salah satu cara lain untuk menjaga tubuh agar tetap bugar adalah jangan terlalu kalap saat waktunya berbuka.

Terlalu banyak makan akan membuat perut menjadi kembung dan bisa menyebabkan kelelahan serta rasa kantuk setelah makan. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada kualitas tidur Anda yang tidak nyaman dengan perut yang kembung.

Jadi sebaiknya untuk berbuka puasa dengan makanan secukupnya agar tubuh juga tidak kaget saat menerima makanan setelah kosong kurang lebih 12 jam di Indonesia.

Kebiasaan Tidur Tidak Sehat Membuat Tubuh Tidak Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Ada beberapa kebiasaan yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang tetapi ternyata kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh Anda tidak sehat dan bugar selama menjalani puasa.

Setelah mengetahui kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar. kebiasaan tidur tidak sehat membuat tubuh tidak sehat dan bugar lagi selama puasa di bulan Ramadhan.

Walaupun memang tubuh membutuhkan tidur dan istirahat yang cukup selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar bukan berarti Anda diperbolehkan untuk tidur sepanjang hari.

Siklus tidur yang berubah akan mengurangi seseorang mengurangi tidurnya di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari. Bahkan tidak jarang seseorang memilih tidur sepanjang hari untuk menghindari rasa lapar.

Kebiasaan ini akan membuat badan lemas dan tidak sehat, karena makna puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan jadi sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini. Sebaiknya untuk mengisi aktivitas puasa dengan berbagai kegiatan yang berguna.

Dari mulai bekerja, membaca Al-Quran, dan berolahraga ringan seperti yoga, jalan santai dan lainnya. Kiat menjaga kualitas tidur selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar juga sangat penting agar pada saat puasa tetap bisa produktif.

Related Posts