Berbagai Tradisi Unik di Seluruh Dunia Selama Ramadan dan Idul Fitri
Tips for Healthier Ramadan Fasting

Berbagai Tradisi Unik di Seluruh Dunia Selama Ramadan dan Idul Fitri

Sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat musim di seluruh dunia ketahui berbagai tradisi unik di seluruh dunia selama Ramadan dan Idul Fitri termasuk di Indonesia.

Setiap negara memiliki budaya dan tradisi unik yang berbeda-beda dalam merayakan bulan Ramadhan dan idul fitri. Bulan suci Ramadhan dirayakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia ini berlangsung kurang lebih 30 hari.

Penasaran dengan berbagai tradisi unik yang dilakukan oleh berbagai negara yang merayakan Ramadhan dan idul fitri berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Ketahui Berbagai Tradisi Unik di Seluruh Dunia Selama Ramadan dan Idul Fitri

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda untuk menyambut Ramadhan dan idul fitri, berikut ini daftar tradisi unik di seluruh dunia yang dilakukan selama Ramadhan dan idul fitri.

  1. Lebanon

Pada sebagian besar negara di Timur Tengah memiliki tradisi unik untuk menembakan Meriam pada setiap hari selama bulan Ramadhan untuk menandakan akhir puasa. Tradisi ini yang juga diterapkan pada negara Lebanon dan dinamai sebagai midfa al iftar.

Tidak hanya di Lebanon, tradisi unik ini telah dimulai dari negara Mesin lebih dari 200 tahun lalu yang diperintahkan pertama kali oleh penguasa ottoman khosh Qadam. Uniknya berbagai tradisi unik di seluruh dunia selama Ramadan dan Idul Fitri dibuat dari unsur ketidaksengajaan saat Qadam sedang menguji Meriam baru pada saat matahari terbenam.

Diketahui suara gema dari meriam yang ditembakan tersebut bergema hingga sampai seluruh Kairo dan mendorong warga sipil berasumsi itu adalah cara baru untuk menandakan akhir dari puasa.

Haja Fatma, putri dari Qadam akhirnya meminta secara langsung terhadap ayahnya untuk menjadikannya sebagai sebuah tradisi karena banyak yang berterima kasih tentang hal ini. Tradisi ini lalu menyebar pada seluruh wilayah arab termasuk tentara Lebanon hingga hari ini.

  1. Turki

Menjadi salah satu negara mayoritas Islam lainnya di benua Asia dan Eropa, Turki dikenal sebagai tempat yang banyak miliki warisan bekas kekaisaran ottoman sehingga budaya Turki sangat erat hubungannya dengan budaya Islam termasuk dalam menjalankan puasa.

Jika ditanya dari berbagai tradisi unik di seluruh dunia selama Ramadan dan Idul Fitri yang paling beragam adalah Turki. Bahkan hingga saat ini tradisi masih bertahan hingga saat ini termasuk dari waktu sahur.

Pada waktu sahur di Turki akan ada para penabuh gendering yang sudah bersiap berbaris di jalan agar bisa membangunkan orang yang sedang tidur. Tradisi ini sudah ada pada era kekaisaran sebelum adanya jam weker pada masa itu.

  1. Jepang

Jepang juga menjadi negara yang miliki tradisi unik selama menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran. Walaupun Jepang bukan salah satu negara yang mayoritas warganya memeluk Islam meskipun begitu umat Islam yang tinggal di Jepang menciptakan cara adaptasi yang unik.

Di Jepang tidak ada pengurangan jam kerja untuk karyawan yang muslim selama Ramadhan jadi setiap orang harus bisa beradaptasi. Tetapi keuntungannya perusahaan akan meminimalkan jak kerja untuk bisa menghormati kebutuhan dari karyawan.

Puasa di jepang juga lebih lama dibandingkan dengan di Indonesia yaitu memakan waktu 16 jam selama musim panas jadi memberikan tantangan tersendiri untuk semua umat muslim di Jepang.

  1. Mesir

Dari berbagai tradisi unik di seluruh dunia selama Ramadan dan Idul Fitri ri tentu saja Anda tidak boleh ketinggalan dengan negara Mesir. Tradisi ini sudah dijalankan sejak zaman firaun, dan masih menginspirasi tradisi perayaan Ramadhan dari negara lain.

Tradisi yang paling dikenal dilakukan oleh umat muslim di mesir adalah adanya lentera dekoratif atau disebut juga fanous untuk menyambut Ramadhan dan idul fitri. Lentera ini merupakan simbolis menggambarkan kegembiraan umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Tradisi unik di Indonesia Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Negara Indonesia menjadi salah satu negara mayoritas masyarakat beragama muslim terbesar di dunia. Banyak sekali tradisi turun temurun dari berbagai daerah di Indonesia yang tidak kalah unik dengan tradisi di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa tradisi unik di Indonesia untuk menyambut Ramadhan dan idul fitri dari berbagai daerah.

  1. Kuramasan dari Jawa Barat

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh Kampung Adat Miduana, Cianjur, Jawa Barat. Tradisi asal sunda ini memiliki kegiatan unik yaitu warga akan mandi di sungai Cipandak secara individu maupun kelompok.

Mereka datang ke sungai cipandak sebelum Ramadhan dari pagi sampai dengan sholat dzuhur, beberapa kelompok warga juga akan membersihkan sampah di sungai cipandak secara gotong royong.

  1. Bakar Batu di Papua

Selain keunikan dari berbagai tradisi unik di seluruh dunia Selama Ramadan dan Idul Fitri, di Papua juga mempunyai tradisi unik untuk membakar batu. Sebutan bakar batu ini karena adanya pembakaran batu sampai suhunya panas.

Lalu ditumpukkanlah bahan-bahan makanan seperti daging ayam, umbi-umbian sampai dengan daging sapi. Tumpukan makanan ini kemudian akan di tumpuk lagi sampai matang dan dimakan secara bersama-sama.

Tradisi unik di Arab Saudi selama Ramadhan dan Idul Fitri yang Mirip dengan Indonesia

Negara Arab Saudi selama Ramadhan dan idul fitri juga mempunyai beberapa tradisi uniknya sendiri. Tetapi dari beberapa tradisi tersebut ada juga yang mirip dengan tradisi di Indonesia, salah satunya adalah penjual musiman yang menjual makanan khas yang hanya ada selama Ramadhan.

Sama seperti di Indonesia, di Arab banyak pedagang yang sudah mempersiapkan makanan di pasar dan pinggir jalan seperti gorengan, minuman khas seperti Sobia. Minuman sobia ini merupakan minuman khas yang biasanya akan ada di bulan Ramadhan.

Bahannya sangat sederhana hanya terbuat dari roti, gula, bubuk kayu manis, kapulaga dan juga oatmeal, rasanya menyegarkan dan banyak sekali toppingnya akan cocok menjadi hidangan pembuka.

Warga arab Saudi juga memiliki kegiatan ngabuburit, mencari makan dan minum sebagai menu berbuka puasa gratis atau justru membagikannya ke orang lain. Karena disana banyak sekali tempat yang menyediakan menu buka puasa gratis.

Tidak hanya menyediakan takjil saja tetapi juga makanan berat sehingga Anda bisa kenyang saat berbuka puasa tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

Masih banyak lagi negara yang memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan, berbagai tradisi unik di seluruh dunia selama Ramadan dan Idul Fitri ini dilaksanakan sebagai bentuk suka cita umat muslim dalam menyambut bulan suci penuh berkah ini.

Related Posts