Serba-Serbi Kue Lebaran Klasik yang Tetap Populer dan Enak Dimakan

Serba-Serbi Kue Lebaran Klasik yang Tetap Populer dan Enak Dimakan

Ada beragam serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan hingga saat ini. Sajian kue kering memang jadi hal wajib ketika perayaan hari raya idul fitri atau bahkan natal.

Ada banyak jenis kue kering yang disajikan oleh tuan rumah untuk menyambut para tamunya. Jika ingin merayakan lebaran dengan sajian berbeda, maka Anda bisa menggunakan beberapa jenis kue terbaru.

Namun kenyataannya, kue klasik merupakan sajian yang paling banyak dinantikan karena enak. Kepopulerannya tetap eksis hingga saat ini dan membuat banyak orang menunggu sajian tersebut di tiap rumah.

Inilah Serba-Serbi Kue Lebaran Klasik yang Tetap Populer dan Enak Dimakan

Ada banyak jenis kue lebaran jadul yang hingga sekarang ini masih favorit dan populer. Berikut ini beberapa jenis kue kering yang ikonik serta wajib ada ketika hari raya idul fitri:

  1. Sagu

Kue kering ini memang merupakan khas lebaran dan selalu ada. Teksturnya yang padat serta rasanya ada gurih manis membuatnya disukai oleh banyak kalangan. Beberapa jenisnya ialah sagu keju dan coklat kacang.

  1. Nastar

Ini sangat populer di Indonesia, bahkan di beberapa perayaan hari besar agama selalu menyediakan nastar. Selain selai nanas, kini ada inovasi baru dengan memberikan isi lain seperti coklat, blueberry, atau stroberi.

  1. Kastengel

Rasa keju panggang dalam adonannya membuat Anda ketagihan ketika memakannya serta selalu ada saat lebaran. Kastengel ini memanfaatkan keju sebagai bahan utamanya, jadi rasanya gurih, asin, serta membuat nagih.

  1. Putri salju

Berbentuk seperti bulan sabit yang diselimuti salju tebal, putri salju ini bertekstur padat, tapi saat masuk mulit langsung lumer. Rasa manis dari gula halus bercampur gurih membuat siapa saja terpikat.

  1. Kacang tanah

Serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan satu ini juga favorit banyak orang. Rasa kacang manis gurih sangat cocok untuk Anda yang suka kacang tanah.

  1. Semprit

Bentuknya menyerupai bunga mawar atau matahari, jadi tidak sedikit yang menyebutnya kur mawar. Tekstur serta rasanya memang mirip sagu, tetapi ketika digigit lebih kering serta tidak gampang hancur.

  1. Lidah kucing

Sejak dulu ini wajib ada ketika lebaran dengan bentuk panjangnya menyerupai lidah kucing. Proses pembuatannya juga unik, karena cukup memanggangnya bentuk pilih sehingga jadi renyah, tapi ketika digigit rasanya manis.

Kue Kering Lebaran Selalu Ditunggu

Menjelang hari raya idul fitri, pasti semua orang sedang menyiapkan banyak hal untuk menyambutnya, termasuk kue lebaran. Persiapan rumah agar dapat sambut semua keluarga dan teman terdekat akan dilakukan.

Perayaan idul fitri, kurang lengkap apabila tidak ada makanan. Bahkan ada banyak serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan hingga saat ini untuk melengkapi hari raya idul fitri.

Saat membicarakan mengenai hari raya idul fitri, maka jenis makanan pertama yang diingat ialah ketupat. Berdasarkan filosofi jawa yang artinya mengaku bersalah, makanan tersebut memang sangat cocok ketika lebaran.

Karena umat muslim di seluruh negeri, setelah selesai melakukan ibadah puasa di bulan suci, dosanya akan diampuni. Jadi akan kembali suci layaknya bayi baru lahir ketika masuk bulan idul fitri.

Namun bukan hanya ketupat saja yang menjadi sajian ketika hari raya idul fitri tiba. Tapi masih ada banyak jenis makanan dinantikan dan pastinya selalu ada saat lebaran.

Satu di antaranya ialah kue kering karena makanan tersebut memang selalu disajikan untuk para tamu yang datang. Tidak heran apabila sebagai muslim, Anda menyiapkan beragam jenis kue lebaran.

Ada banyak serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan dan legendaris. Seperti paling terkenal ialah nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, serta masih banyak lagu lainnya.

Tentunya karena selalu dinantikan saat lebaran, Anda harus menyiapkannya di meja sebagai sajian. Namun apakah membeli atau membuatnya sendiri? Tentu keduanya ada kurang lebihnya dan sebaiknya pertimbangkan dengan baik.

Pilih Beli atau Membuat Kue Lebaran Sendiri

Apabila membicarakan mengenai kue kering, memang Anda akan berpikiran ingin membuat sendiri atau membelinya. Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya, jadi perhatikan pertimbangan yang harus dipilih untuk kue lebaran.

Hal utama yang menjadi perbandingan ketika bingung membeli atau membuat sendiri ialah mengenai waktu. Beberapa dari Anda mungkin merasa membuat kue kering ialah hal sulit untuk dilakukan.

Namun banyak ibu rumah tangga yang membuat kue kering untuk lebaran sendiri. Apalagi ada banyak serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan dengan resep mudah serta sederhana.

Seperti yang diketahui, tidak semua orang punya waktu luang banyak untuk membuat kue kering tersebut. Apalagi dilihat dari proses pembuatannya yang cukup lama, sementara Anda tidak bisa meluangkan banyak waktu.

Pekerjaan sehari-harinya saja sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga, jadi untuk membuat kue sendiri tidak bisa. Akan tetapi berbeda halnya apabila Anda punya waktu luang melimpah, sebaiknya membuat sendiri.

Jika membuat kue sendiri maka variasinya bisa lebih banyak serta untuk jumlahnya sesuai selera. Bahkan biaya yang dikeluarkan juga lebih murah karena dengan bahan beli sendiri, hasilnya jadi banyak.

Tentunya Anda dapat menjaga kualitas dari kue kering buatannya sendiri itu. Namun jika membeli memang tidak perlu mengeluarkan banyak waktu atau tenaga, karena hanya perlu memesan saja.

Jika membeli harga yang dibanderol untuk satu toples kecil juga lebih mahal dibanding bikin sendiri. Selain itu Anda tidak bisa memastikan kebersihan dan kesehatan dari kue kering yang dibeli itu.

Sekarang memang ada banyak jenis kue menarik dan unik untuk acara-acara perayaan besar. Namun masih ada serba-serbi kue lebaran klasik yang tetap populer dan enak dimakan hingga sekarang jadi favorit.

Related Posts