Fungsi dan Jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Dipahami

Fungsi dan Jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Dipahami

Semakin dewasa, Anda harus memahami definisi dan jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Hal ini karena setiap manusia setidaknya membutuhkan jaminan kesehatan di masa tuanya. Mengingat semakin tua, Anda pasti akan mulai mendapat penyakit yang wajar saja terjadi.

Sebagai manusia yang tidak bisa mengetahui apa saja yang terjadi di masa depan, Anda seharusnya merasa takut dan mulai mempersiapkan segala hal yang bisa mengantisipasi semua kejadian di masa depan. Asuransi adalah salah satu cara di mana Anda bisa mempersiapkannya.

Namun sebelum itu, Anda harus memiliki dorongan untuk memakainya. Salah satu caranya adalah dengan memahami terlebih definisinya, fungsi penting dan berbagai jenisnya yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Definisi atau Pengertian dan Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk yang diluncurkan dengan tujuan memberikan perlindungan pada pemilik asuransinya. Perlindungan ini berupa tanggungan biaya medis yang meliputi obat-obatan, operasi, perawatan, atau lainnya yang berhubungan dengan medis.

Sistem yang akan diberlakukan adalah Anda harus membeli asuransinya terlebih dahulu. Tentunya dengan memahami jenis asuransi kesehatan terlebih dahulu. Kemudian pilih salah satu jenis asuransinya. Setelah itu bayar angsuran sesuai dengan ketentuannya.

Dengan kata lain Anda akan mempersiapkan biaya sedikit demi sedikit untuk mengatasi masalah kesehatan di masa tua nanti. Tentu Anda juga tahu bahwa mengumpulkan atau menabung secara mandiri cukup sulit dilakukan, jadi sebaiknya bayarkan uang untuk asuransi.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis asuransi di Indonesia. Namun sejauh ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah beberapa jenis asuransi kesehatan. Jadi sebaiknya Anda juga memakai asuransinya tersebut untuk kepentingan kesehatan di masa depan nanti.

Dengan demikian nantinya saat tua, Anda hanya perlu menggunakan asuransinya sesuai kebutuhan. Anda hanya perlu melakukan klaim saja saat ingin memakai asuransinya. Saat sakit atau sejenisnya, tidak perlu lagi bingung memikirkan biaya untuk perawatannya secara medis.

Setelah memahami apa definisi atau pengertian dari asuransi kesehatan, tentu Anda harus memahai fungsi dan jenis asuransi kesehatan. Hal ini sangat penting dipahami agar tidak ada kesalahpahaman tentang maksud adanya produk asuransi.

Jika memahami fungsinya dengan benar, pasti Anda akan lebih memahami mengapa produk ini sangat penting disiapkan sejak masih dini.

Fungsi Penting dari Asuransi Kesehatan

Tentu terdapat beberapa fungsi dari produk ini. Semua fungsi ini juga menjadi alasan bagi orang-orang untuk membeli atau memilikinya. Jika Anda belum pernah tahu apa saja fungsinya, coba pahami beberapa penjelasan berikut ini.

  1. Memberi jaminan pada pemilik asuransinya

Fungsi utamanya adalah untuk memberi jaminan biaya medis pada pemilik asuransinya. Meskipun semua orang pasti akan mengalami sakit, namun ada baiknya Anda juga mempersiapkan diri untuk mengatasi atau mencegahnya di masa depan.

Tentu saja dengan memahami semua jenis asuransi ini, Anda bisa langsung memilih dan membelinya untuk mendapat jaminan biaya tersebut.

  1. Membantu cover biaya

Fungsi lainnya adalah untuk membantu cover biaya medis. Sebenarnya poin ini berhubungan erat dengan poin sebelumnya. Jika sudah mendapat jaminan maka sudah sewajarnya Anda akan mendapat bantuan berupa cover biaya.

Cover biaya medis harus didapatkan mengingat tidak semua orang bisa mempersiapkan dana pribadi untuk hal tersebut di masa depan. Namun pastikan sudah memiliki pilihan jenis asuransi kesehatan.

  1. Memberikan ketenangan atas persiapan di masa depan

Jika sudah terjamin masalah biaya medis, maka hati akan jauh lebih tenang saat memikirkan masa depan. Padahal tidak semua orang bisa tenang jika memikirkan masa depannya. Jadi sebaiknya ketenangan ini mulai dipersiapkan sejak awal.

Pahami juga apa saja jenisnya berikut ini agar Anda bisa langsung memilih dan memutuskan membeli yang mana.

Ketahui 3 Asuransi Kesehatan di Indonesia

Setidaknya terdapat 3 jenis yang bisa digunakan berdasarkan jenis perawatan, badan penyelenggara dan pihak yang menanggung. Coba perhatikan beberapa jenisnya berikut ini.

  1. Berdasarkan jenis perawatan

Jika dilihat berdasarkan jenis perawatannya, terdapat perawatan inap dan rawat jalan. Jika membeli berdasarkan jenis asuransi kesehatan perawatan, sebaiknya beli semuanya karena bisa saja di masa depan membutuhkan rawat jalan dan rawat inap.

Namun jika tidak ingin membeli semuanya, pilih salah satu saja yang paling mungkin terjadi di masa depan. Misalnya ada kemungkinan diabetes, sebaiknya pilih rawat jalan saja.

  1. Berdasarkan badan penyelenggara

Jika dilihat berdasarkan badan penyelenggara, maka terdapat badan penyelenggara berupa swasta dan pemerintah. Badan penyelenggara pemerintah dalam hal ini sudah mengeluarkan beberapa program. Salah satunya adalah BPJS dan kartu lainnya yang sejenisnya.

Sedangkan badan penyelenggara swasta bisa berupa apa saja. Anda juga pasti setidaknya pernah melihat beberapa merk di luar sana. Sebenarnya jika dibandingkan dengan milik pemerintah, milik swasta lebih banyak dikenalkan, dibeli dan dipasarkan ke mana-mana.

  1. Berdasarkan pihak yang menanggung

Kemudian jika berdasarkan pihak yang menanggung, terdapat pilihan personal dan kelompok. Jika personal, maka Anda akan menanggung premi dan semua angsurannya secara mandiri. Berbeda dengan kelompok yang biasanya ditanggung secara penuh oleh instansi.

Biasanya untuk pihak kelompok berlaku untuk para pekerja. Jadi ada beberapa perusahaan yang sengaja menyediakan layanan ini agar semua pegawainya sejahtera. Selain mendapat bantuan untuk asuransinya, gaji pokok juga akan dipotong untuk memenuhi hal ini.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mempersiapkan masa depan. Anda bisa memilih beberapa cara tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun setelah banyak memahami tentang definisi, fungsi dan jenis asuransi kesehatan, pasti Anda ingin segera memilikinya.

Related Posts