cpns 2023 lulusan sma

INFO CPNS 2023 UNTUK FORMASI LULUSAN SMA/SMK SEDERAJAT

Lulusan SMA/SMK apa bisa ikut seleksi tes CPNS 2023? Tentu saja bisa. Jika Anda adalah lulusan SMA/SMK sederajat, Anda dapat mengikuti seleksi ini dengan bermodalkan ijazah yang Anda miliki.

Tidak semua Kementerian membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK sederajat, namun ada beberapa yang membukanya. Jumlah yang dibutuhkan pun lumayan banyak.

Berikut data formasi atau instansi yang membuka rekrutmen CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat:

  1. Kemenkumham

Salah satu kementerian yang biasanya membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA dengan kuota besar adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pada tahun lalu, tepatnya 2019, Kemenkumham membuka lowongan sebanyak 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA. Formasi ini didominasi dengan jabatan sebagai penjaga tahanan atau sipir.

Bisa jadi jumlah ini akan bertambah di tahun 2023 ini, mengingat tahun 2020 kemarin proses ini ditiadakan akibat pandemi.

Untuk mengetahui info resmi dan detail, Anda dapat mengunjungi alamat website resmi Kemenkumham: https://cpns.kemenkumham.go.id

Artikel Trending : Pendaftaran CPNS 2023 Siap Dibuka, Berikut Syarat Dan Dokumen Yang Dibutuhkan

  1. Kejaksaan Agung

Pada seleksi CPNS tahun 2019 untuk lulusan SMA, Kejaksaan Agung membuka lowongan sebanyak 2.000 formasi. Ini menjadikannya sebagai lembaga terbesar kedua yang membuka lowongan terbanyak untuk seleksi CPNS lulusan SMA.

Formasi CPNS ini akan terbagi menjadi 2 jabatan utama yaitu pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi tahanan. Masing-masing jabatan ini membutuhkan 1.000 formasi.

Untuk mengetahui info resmi dan detail, Anda dapat mengunjungi alamat website resmi Kejagung: https://rekrutmen.kejaksaan.go.id

  1. Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA sebanyak 45 formasi. Jumlah yang mungkin tidak terlalu besar dibandingkan dengan Kementerian yang sebelumnya, namun tetap harus melihat adanya peluang disini.

Formasi sebanyak ini nantinya akan diperuntukkan untuk jabatan sebagai pelaksana pemula/pemula paramedik karantina hewan (26 kursi), pelaksana pemula/pemula paramedik veteriner (9 kursi), pelaksana pemula/pengawas benih tanaman (2 kursi), pelaksana pemula/pemula paramedik mutu pangan (5 kursi), dan pelaksana pemula/pemula pengendali organisme pengganggu tumbuhan (1 kursi) dan pemelihara kebun (2 kursi).

Untuk mengetahui info resmi dan detail, Anda dapat mengunjungi alamat website resmi Kementan: https://cpns.pertanian.go.id

  1. Kemendikbud

Pada tahun 2019 kemarin, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA sebanyak 11 formasi.

Formasi ini diperuntukkan atas 3 jabatan, yaitu Pengadministrasian Keuangan dengan kuota 3 kursi, Teknisi Laboratorium sebanyak 2 kursi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran sebanyak 6 kursi.

Untuk mengetahui info resmi dan detail, Anda dapat mengunjungi alamat website resmi Kemendikbud: https://cpns.kemdikbud.go.id

  1. BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat sebanyak 200 formasi. Jika Anda tertarik menjadi bagian dari BIN, kuota ini memiliki peluang yang cukup baik.

Formasi ini nantinya akan diisi dengan jabatan sebagai pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison, direktorat Kerjasama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Artikel Trending Hari Ini : Tahapan Pendaftaran Dan Tata Cara Buat Akun CPNS 2023

  1. Kementerian LHK

Formasi yang dibutuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada seleksi CPNS 2019 kemarin untuk lulusan SMK sebanyak 80 kursi. Jatah formasi ini khusus diberikan bagi Anda pemegang ijazah SMK.

80 formasi yang tersedia ini akan diisi untuk jabatan sebagai pelaksana pemula/pemula polisi kehutanan. Jika Anda menyukai petualangan dan senang melakukan kegiatan outdoor, mungkin formasi ini layak untuk dicoba.

Untuk mengetahui info resmi dan detail, Anda dapat mengunjungi alamat website resmi Kementerian LHK: https://ropeg.menlhk.go.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Walaupun formasi dan kuota resmi untuk tahun 2023 belum keluar, tapi setidaknya hal ini dapat menjadi referensi awal bagi Anda pemegang ijazah SMA/SMK/MA.

Sebaiknya pantau terus perkembangan informasinya dari media sosial resmi Kementerian terkait. Karena perubahan maupun kabar terbaru akan diupdate disana.

Semoga jalan Anda dipermudah untuk mengikuti tes dan seleksi CPNS tahun 2021 nanti. Selamat mencoba dan Semangat!!!