Mengenal Asuransi Mobil Takaful Beserta Manfaatnya

Mengenal Asuransi Mobil Takaful Beserta Manfaatnya

Asuransi mobil takaful merupakan salah satu jenis perlindungan yang umum digunakan oleh masyarakat. Takaful sendiri dapat diartikan saling menanggung atau menjamin, di mana asuransi tersebut memegang teguh prinsip syariah.

Oleh sebab itu asuransi takaful dikenal juga dengan asuransi syariah. Beberapa orang menyebutnya dengan Ta’min atau Tadhamun. Seluruh istilah tersebut merujuk pada pengertian yang sama.

Pengertian tersebut yaitu bahwasanya asuransi ini berfokus pada aktivitas untuk berusaha saling melindungi serta menolong pihak tertentu. Anda bisa memanfaatkan asuransi mobil untuk melindungi kendaraan.

Seperti telah diketahui perlindungan terhadap kendaraan merupakan hal penting. Hal tersebut dikarenakan manusia tidak akan pernah mengetahui risiko apa yang akan didapati di masa depan, sehingga perlindungan menjadi sangat krusial.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kecelakaan merupakan risiko terbesar dan bisa terjadi saat berkendara. Oleh seba itu, untuk meminimalisir risiko kerugian dari kecelakaan, maka Anda bisa memanfaatkan asuransi.

Manfaat Asuransi Mobil Takaful yang Wajib Anda Ketahui

Setiap tahun, jumlah kendaraan mobil selalu meningkat di hampir setiap wilayah Indonesia. Hal tersebut berdampak pada kepadatan jalan raya, kemacetan, hingga terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan.

Ketika terjadi sebuah kecelakaan, maka akan timbul biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan. Sebagai contoh yaitu biaya perbaikan pasca kendaraan sesuai besar kecilnya kerusakan yang terjadi.

Dengan begitu, untuk menutupi biaya pengeluaran yang sewaktu-waktu harus dikeluarkan untuk kendaraan, maka asuransi mobil takaful menjadi alternatif terbaik bagi pemilik kendaraan dan akan memberikan banyak manfaat sebagai berikut.

  1. Memberikan Perlindungan

Asuransi mampu memberikan perlindungan bagi pemilik kendaraan akibat kerugian yang terjadi jika kendaraan mengalami kerusakan, kehilangan akibat dicuri dan risiko lainnya yang umumnya terjadi pada kepemilikan sebuah kendaraan.

Dengan adanya perlindungan, Anda akan merasa sedikit lega ketika terjadi hal diluar kendali. Hal tersebut karena asuransi dapat memberikan jaminan perlindungan pada kendaraan melalui klaim coverage layanan yang diberikan.

  1. Menghindari Masalah Keuangan

Ketika kerusakan di luar kendali Anda tiba-tiba terjadi pada mobil, maka hal tersebut tentu akan mengganggu stabilitas kondisi ekonomi. Dengan memiliki asuransi mobil takaful, maka kekhawatiran Anda akan berkurang.

Hal tersebut dikarenakan penyedia perlindungan yang akan menanggung biaya kerusakan dengan syarat dan ketentuan tertentu, sehingga Anda akan merasa sedikit lega karena seluruh biaya akan tercover dengan baik.

  1. Ketenangan

Setelah mengetahui bahwa perlindungan kendaraan memberikan jaminan tanggungan biaya, maka secara otomatis hal tersebut akan meringankan beban pikiran Anda, sehingga tidak perlu khawatir akan masalah keuangan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Takaful dengan Tepat untuk Melindungi Kendaraan

Jika Anda telah mengetahui manfaat perlindungan kendaraan, maka saat ini merupakan waktu paling tepat untuk mencari penyedia asuransi terbaik. Berikut indikator yang harus Anda perhatikan saat memilih perlindungan.

  1. Legalitas

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa lembaga penyedia layanan perlindungan memiliki legalitas dan sesuai dengan dasar hukum. Legalitas menunjukan bahwa lembaga tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi.

  1. Portofolio

Portofolio penyedia perlindungan juga dapat menunjukan tingkat kredibilitas. Anda bisa melihat portofolio melalui testimoni pengguna layanan sebagai bentuk kepuasan pelanggan pada lembaga penyedia perlindungan kendaraan.

  1. Kebutuhan

Anda perlu mengetahui kebutuhan program perlindungan secara rinci sekaligus cara pengajuan klaim yang disediakan. Hal tersebut akan memudahkan Anda memilih asuransi paling tepat dan bagaimana mengklaimnya dengan mudah.

  1. Pelayanan

Berbagai lembaga asuransi saat ini berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik, diantaranya yaitu pemberian fasilitas hotline 24 jam, hingga derek mobil yang tentu saja akan sangat membantu Anda.

Kemudian, Anda juga berkesempatan merasakan layanan mobil pengganti ketika mobil yang diasuransikan sedang dalam proses perbaikan di bengkel, sehingga aktivitas keseharian Anda tidak akan terganggu.

Saat ini beberapa jenis perlindungan kendaraan juga menawarkan perlindungan lebih, yaitu selain perbaikan atau penggantian unit kendaraan, Anda juga berkesempatan mendapatkan penawaran bantuan hukum ke pihak ketiga.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan perlindungan lain seperti layanan asuransi kematian jika terjadi hal-hal tidak diinginkan ketika berkendara dan berbagai jenis layanan lain dengan banyak manfaat bagi penggunanya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu seluruh layanan yang akan didapatkan dari sebuah lembaga. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan keuntungan agar sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Asuransi Mobil Takaful Terbaik yang Bebas Riba

Jika Anda sudah mengetahui tips memilih perlindungan kendaraaan paling tepat untuk kebutuhan, maka berikut ini terdapat beberapa rekomendasi lembaga dengan produk perlindungan kendaraan terbaik yang bisa Anda pilih.

  1. Takaful Umum

Produk pertama merupakan perlindungan khusus dari lembaga Takaful Umum untuk berbagai jenis kendaraan, mulai dari nonbus atau nontruk, bus, truck, pick up, sepeda motor, dan tentu saja mobil.

Cakupan risiko yang ditanggung perlindungan syariah ini juga sangat luas, mulai dari kecelakaan, pencurian, benturan, kebakaran akibat sambaran petir, perbuatan jahat orang lain, kerusakan, hingga biaya derek.

  1. ACA

Lembaga ACA menyediakan produk asuransi mobil all risk otomate syariah, di mana produk ini memberikan jaminan atau proteksi atas kerugian kerusakan mobil akibat dari kecelakaan, pencurian, hingga bencana alam.

Manfaat produk ini juga mencakup tanggung jawab hukum pihak ketiga hingga Rp20.000.000 serta santunan kematian akibat kecelakaan sebesar Rp10.000.000 untuk setiap orang baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan merasakan benefit lain seperti fasilitas mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek, ambulans, hingga akses layanan 24 jam perihal informasi perlindungan kendaraan.

  1. Garda OTO

Asuransi syariah Garda OTO memiliki benefit yang sama dengan lembaga sebelumnya. Garda OTO juga menerapkan harga asuransi, paket, layanan bengkel rekanan, hingga fasilitas asuransi mobil yang sama dengan asuransi konvensional.

Setelah mengetahui beberapa produk perlindungan kendaraan terbaik, Anda bisa segera memilih lembaga yang paling cocok dengan kebutuhan. Asuransi mobil takaful dari beberapa lembaga tersebut dijamin akan membantu melindungi kendaraan Anda.