harga dan spesifikasi microsoft surface laptop 4

Microsoft Siap Luncurkan Surface Laptop 4 Tahun Ini

Kabar gembira datang dari sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berpusat di Washington. Microsoft telah merenovasi Surface Laptop: Pada generasi keempat, notebook ini sekarang tersedia dalam model 13,5 dan 15 inci dengan AMD atau Cpu Intel.

Microsoft resmi meluncurkan notebook Surface Laptop generasi keempat. Baik desain (full metal atau dengan sandaran tangan yang terbuat dari Alcantara) maupun dua ukuran (layar sentuh 3:2 dengan diagonal 13,5 inci atau 15 inci) tidak mengubah apa pun saat berpindah dari generasi laptop 3 ke laptop 4.

Tetapi untuk cara kerja dibagian dalam: Prosesor Intel dari generasi kesebelas Core-i atau chip AMD dari keluarga Ryzen 4000U sekarang telah menjadi pilihan yang dapat digunakan.

Yang terakhir mungkin mengejutkan, karena AMD telah mengumumkan Ryzen 5000U pada Januari 2021. Tetapi di Microsoft, Ryzen 4000U dengan hingga delapan core CPU belum digunakan. Sebagai gantinya, Surface Laptop 3 terus dijual dengan empat inti generasi lama Ryzen 3000.

Seperti pada Laptop 3, Microsoft kembali menggunakan model CPU khusus di Laptop 4 yang tidak digunakan oleh produsen lain. Bahkan situs web AMD belum mengetahui Ryzen 5 4680U (enam inti Zen-2) dan Ryzen 7 4980U (delapan inti Zen-2) yang dipasang oleh Microsoft.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 10

Banyak Pilihan Varian Yang Ditawarkan

Microsoft menawarkan kedua ukuran laptop dengan prosesor dari kedua produsen, tetapi tersegmentasi dalam hal harga dan fitur lainnya. Misalnya, Surface Laptop 4 ukuran 13,5 inci dijual dengan harga mulai dari 1350 USD dengan memori Ryzen 5, 8 Gb dan 256 SSD.

Jika Anda membutuhkan memori dua kali lebih banyak, harga yang harus ditebus sebesar 1600 USD. Tetapi jika Anda ingin lebih banyak ruang penyimpanan, Anda harus menggunakan model Intel terkecil (i5, 8 GByte) yang dihargai mulai dari 1735 USD dengan SSD 512-GByte. Varian tertinggi hadir dengan Core i7, 1-TByte-SSD dan memori 32 GByte dengan harga kisaran 3050 USD.

Sementara varian Surface Laptop 4 dengan ukuran 15 inci: Ryzen 7 berada dikisaran harga antara 1735 USD (8 GByte, 256 SSD) dan 2210 USD (16 GByte, 512 SSD). Sementara untuk varian Core i7 (16 GByte, 512 SSD) harga dimulai dari 2330 USD dan harga tertinggi sebesar 3220 USD harus dibayarkan untuk mendapatkannya (32 GByte, 1-TByte-SSD).

Model Bisnis Untuk Perusahaan

Untuk pelanggan korporat yang memesan Surface Laptop 4 dalam sistem B2B dari Microsoft atau melalui system house, akan ada lebih banyak pilihan. Misalnya, untuk ukuran 13,5 inci dengan varian Ryzen 7 dan 512 SSD atau i5 yang lebih murah dengan SSD kecil. Selain itu, Windows 10 Pro telah diinstal sebelumnya pada semua model bisnis.

Seperti halnya Surface Laptop 3, SSD juga dapat diubah pada Surface Laptop 4, meskipun persyaratan garansi Microsoft mengharuskan penggantian dipesan untuk teknisi yang memenuhi syarat. Prosesor dan chip memori LPDDR4X yang digunakan secara universal pada dasarnya disolder.

Antarmuka mencakup output audio analog dan jack USB dalam format tipe A dan Type-C. Yang terakhir berkemampuan docking, tetapi tanpa dukungan Thunderbolt. Stasiun dok internal opsional Microsoft Surface Dock 2 dapat dihubungkan ke Konektor Permukaan magnetis seperti catu daya yang disediakan.

Dalam hal runtime, model AMD berada di depan varian Intel. Microsoft menentukan maksimum 19 atau 17 jam untuk model 13,5 inci, dan 17,5 jam atau 16,5 jam untuk model 15 inci.

Baca Juga: Tips Membeli Laptop untuk Pelajar

Jadwal Pengiriman Pertama

Microsoft sekarang mulai menerima pesanan untuk Surface Laptop 4. Pengiriman dijadwalkan akan dimulai pada 27 April. Siapa pun yang melakukan preorder sebagai pelanggan pribadi sebelum masa penjualan dimulai akan menerima True Wireless Surface EarBuds yang menarik secara gratis.

Microsoft tidak memiliki informasi lebih untuk keluarga Surface lainnya. Tablet Surface Pro Windows telah tersedia sejak Januari 2021 sebagai Surface Pro 7+ dengan interior yang didesain ulang, tetapi hanya sebagai model B2B.

Surface Book andalannya akan terus dijual tanpa perubahan yang mencolok dari versi 2020 (Surface Book 3) dengan generasi Core-i kesepuluh. Dan juga tidak ada berita resmi untuk perangkat layar ganda Surface Neo, karena fokus sistem operasi yang ditunjuk Windows 10X telah berubah untuk sementara waktu.

Perusahaan raksasa Microsoft terus menghasilkan produknya untuk terus bersaing dengan rivalnya. Salah satunya dengan melanjutkan generasi keempat Notebook Surface Laptop ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?