Cara Menghasilkan Duit dari Internet Cocok untuk Pemula

Cara Menghasilkan Duit dari Internet Cocok untuk Pemula

Semakin berkembangnya dunia teknologi, terutama internet, semakin besar pula sumber daya yang dapat dimanfaatkan didalamnya, seperti menghasilkan duit dari internet.

Internet menawarkan peluang tanpa akhir, dan jika Anda menginvestasikan sedikit waktu dan tenaga, Anda dapat menghasilkan uang secara online dengan berbagai cara.

Dengan cara ini Anda dapat membangun penghasilan tambahan yang dapat  diandalkan untuk memperbaiki situasi keuangan disamping pekerjaan yang saat ini dijalani.

Anda dapat mengembangkan penghasilan online dari waktu ke waktu dan menjadikannya sumber penghasilan yang lebih besar yang dapat dijadikan sebagai penopang roda perekonomian kehidupan Anda. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?

Ada banyak cara yang umum dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet, beberapa diantara sangat cocok dikerjakan bagi pemula sekalipun. Jadi siapapun dapat melakukannya, bahkan pelajar pun kini dapat memanfaatkan waktu senggangnya untuk mencari penghasilan secara online.

Berikut 11 cara menghasilkan duit dari internet yang mudah dilakukan.

Jawab Survei

Ini adalah cara klasik di antara kemungkinan yang paling mudah dilakukan oleh semua orang, tanpa perlu memiliki pengetahuan yang luas dan banyak waktu. Anda dapat mendaftar di berbagai portal di Internet dan kemudian ikut serta dalam survei dengan bayaran tertentu.

Ini melibatkan, misalnya, pendapat tentang produk atau minat calon pelanggan dan pembeli. Sebagai aturan, Anda akan diberikan survei yang sesuai dan cocok dengan informasi yang Anda berikan saat mendaftar. Semakin besar dan ekstensif survei, semakin banyak yang bisa Anda dapatkan.

Menulis Blog

Apakah Anda sedikit berbakat dalam olah bahasa, memiliki hasrat terhadap suatu topik dan ingin membaginya dengan orang lain? Kemudian Anda dapat memulai blog, memposting, dan membangun jangkauan. Sebuah blog dapat dimonetisasi dengan banyak cara melalui iklan, posting berbayar, atau kemungkinan lainnya.

Namun, Anda harus menyadari bahwa menjalankan blog yang sukses membutuhkan banyak pekerjaan dan akan membutuhkan waktu untuk menghasilkan penjualan yang signifikan. Namun, jika Anda tekun dan memelihara blog Anda, ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk menghasilkan uang secara online.

Menulis E-book

Saat ini Anda tidak perlu lagi mencari penerbit jika ingin menerbitkan buku misalnya, jika Anda ingin berbagi pengetahuan atau tips berguna dari suatu daerah, Anda dapat menulis e-book dan menawarkannya secara online untuk dibeli atau diunduh.

Dari sinilah Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap –book yang berhasil Anda jual. Lakukan promosi melalui medsos yang dimiliki, dengan cara ini tentunya jangkauan pemasarannya akan semakin luas.

Menjadi Copywriter untuk Orang Lain

Anda juga dapat menggunakan keterampilan olah bahasa yang baik untuk diajukan sebagai copywriter. Di portal, pesanan ditempatkan di mana Anda bisa mendapatkan uang dengan membuat teks online. Sedikit riset mungkin diperlukan untuk mengorientasikan diri Anda pada suatu topik.

Anda akan dibayar sesuai dengan panjang teks (per kata) atau menerima tarif tetap untuk keseluruhan teks. Harga yang ditetapkan bergantung kepada kualitas dari hasil karya Anda. Semakin tinggi kualitasnya akan membuat harganya pun ikut naik.

Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Pemasaran afiliasi bekerja melalui rekomendasi dan tautan (link). Contoh sederhana: Anda menggunakan tautan afiliasi di situs web Anda untuk menautkan ke produk yang telah Anda uji dan terbukti bagus. Pembaca lalu menggunakan tautan ini untuk membeli produknya, Anda akan menerima sejumlah komisi dari transaksi online ini.

Mendapatkan uang dengan cara online seperti ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki komunitas atau hubungan luas dengan banyak orang. Karena disini membutuhkan nama/brand untuk membuat pembaca percaya untuk melakukan transaksi pembelian dari link yang ditawarkan. Maklum, bagi sebagian orang, tautan (link) masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu menarik.

Menjadi Penjual Online

Produk buatan sendiri atau barang bekas yang tidak lagi Anda butuhkan, dapat Anda jual melalui berbagai portal penjualan. Anda bisa mendapatkan uang secara online dengan mudah tanpa perlu memikirkan banyak hal diluar sana untuk memulainya.

Rapikan lemari, cari barang-barang yang masih bagus tapi tidak terpakai di basement. Jika Anda benar-benar memperhatikannya, Anda akan menemukan banyak barang yang bisa diubah menjadi uang. Dengan kreativitas dan keterampilan manual yang diperlukan, Anda juga dapat membuat sesuatu sendiri dan menjualnya melalui toko online.

Penguji Situs Web

Tampilan sebuah web tidak hanya harus terlihat bagus, tetapi juga harus mudah dan intuitif untuk digunakan. Sebelum sebuah situs web online, kinerja situs harus diuji terlebih dahulu, tidak hanya oleh pengembang dan operator, tetapi sering juga oleh penguji independen.

Tugas Anda kemudian menggunakan situs web, mencoba berbagai fungsi dan melaporkan penilaian berupa apa yang Anda sukai, apakah ada kesulitan hingga mungkin berhasil menemukan bug (sistem error) didalamnya. Dari proses inilah Anda akan menerima sejumlah pembayaran.

Penguji Game Komputer

Tidak hanya situs web, tetapi juga permainan komputer harus diuji secara menyeluruh sebelum tersedia untuk umum. Kesalahan (disebut bug) sering ditemukan didalamnya dan ini harus segera diperbaiki.

Kedengarannya sangat menyenangkan dengan suasana kerja yang santai, tetapi Anda tidak boleh menganggap enteng tugas ini. Untuk produsen game dan aplikasi komputer, banyak yang bergantung pada tes semacam itu.

Oleh karena itu, untuk dapat menghasilkan uang dengan cara online, Anda harus sangat berhati-hati dalam mendokumentasikan apa yang telah Anda perhatikan. Hal tersebut tentunya guna menjaga informasi yang akan bocor ke publik sebelum dirilis secara resmi.

Menghasilkan Uang Secara Online dengan Youtube

Beberapa Youtuber menghasilkan banyak uang dengan video mereka, tetapi jika Anda tidak langsung menjangkau jutaan pemirsa, platform video ini masih dapat bermanfaat untuk menghasilkan uang secara online.

Pada dasarnya, Anda bisa sukses di YouTube dengan hampir semua topik jika memiliki kelompok sasaran. Saat ada iklan yang tampil di video Anda, setiap klik-nya menghasilkan sejumlah uang. Perhitungan sederhana: semakin banyak orang menonton video Anda, semakin besar pendapatan yang akan diperoleh.

Jadi, pastikan untuk selalu membuat dan menyajikan konten video yang menarik dan berkelanjutan untuk membangun jumlah pemirsa yang tinggi dan loyal dalam jangka waktu yang lebih lama dimasa mendatang.

Bangun Saluran Instagram

Influencer sepertinya telah menjadi pekerjaan impian bagi banyak anak muda. Posting foto dan video di Instagram, dapatkan lebih banyak pengikut dan dapatkan banyak uang secara online.

Meskipun hanya sebagian kecil yang akan benar-benar sukses, hal yang sama berlaku di sini. Anda tidak harus memiliki jutaan pengikut untuk dapat menghasilkan uang melalui saluran Instagram.

Bahkan akun yang lebih kecil sering menerima permintaan kerjasama dari berbagai perusahaan dalam area tertentu. Ini bisa berupa industri kecantikan, produsen pakaian atau perusahaan lain yang ingin menggunakan jangkauan di Instagram.

Cara ini dianggap salah satu yang cukup mudah untuk dilakukan oleh seseorang ketika ingin mendapatkan duit secara online. Siapapun dapat memulainya, walaupun jumlah pengikutnya (followers) masih sedikit.

Bekerja sebagai Asisten Virtual

Saat ini, asisten tidak harus duduk di meja di depan kantornya sendiri, tetapi mungkin di kota yang sama sekali berbeda. Sebagai seorang yang disebut dengan julukan asisten virtual, Anda dapat melakukan tugas kantor biasa untuk orang lain dan mendapatkan uang secara online.

Tugas pekerjaan yang biasa dilakukan antara lain; membuat janji, mempersiapkan presentasi, membuat panggilan telepon atau korespondensi email. Anda kemudian akan menerima pembayaran untuk pekerjaan Anda dan ini merupakan salah satu cara mudah untuk menghasilkan duit dari internet.