cara cek penerima bansos juli 2021

Bansos Bulan Juli 2021 Kapan Cair? Begini Cara Cek Penerimanya

Banyak sebagian pihak bertanya, bansos bulan juli 2021 kapan cair? Seperti yang diketahui dalam beberapa bulan belakangan ini, pemerintah secara rutin memberikan bantuan kepada masyarakatnya.

Seiring diberlakukannya masa PPKM Darurat akibat terus merangkaknya angka kasus terkonfirmasi virus covid-19, Pemerintah melalui Kemensos terus mengucurkan berbagai bantuan sosial guna membantu masyarakat yang terkena dampaknya.

Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi para masyarakat kecil yang terkena pemberlakuan pembatasan didaerahnya. Maklum saja, selama masa PPKM darurat, sejumlah kegiatan akan dibatasi.

Jadi, bansos bulan Juli 2021 kapan cair? Penerima bansos kini dapat mengecek datanya secara langsung di laman resmi milik pemerintah yang diawasi oleh Kemensos dengan alamat web: cekbansos.kemensos.go.id

Di situs tersebut, Anda dapat melihat informasi penerima bantuan sosial. Beberapa bansos yang datanya dapat dilihat ialah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Proses pencairan dana PKH akan disalurkan kepada penerima melalui himpunan Bank milik negara, seperti BRI, Mandiri, BNI dan BTN.

Sementara PT Pos Indonesia ditunjuk langsung untuk menangani proses penyaluran dari BST. Pastikan Anda dapat membedakan kedua jenis bantuan ini, agar proses pencairannya tidak salah lokasi.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Daftar BLT UMKM Online 2021

Cara Cek Data Penerima Bansos

Pemerintah melalui Kemensos telah membuat laman khusus untuk mempermudah bagi mereka yang ingin melakukan pengecekan data, apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

Laman ini dapat diakses dengan sangat mudah, Anda juga dapat memanfaatkan smartphone untuk membuka situs tersebut.

Begini cara cek penerima bansos:

  1. Buka halaman web dengan alamat cekbansos.kemensos.go.id
  2. Silahkan pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga nama Desa Anda
  3. Ketikan nama Anda pada kolom “Nama PM”. Nama harus sesuai dengan KTP
  4. Masukan huruf kode CAPTCHA yang tampil dilayar.
  5. Lalu klik menu “CARI DATA” yang ada di pojok kanan bawah.

Harap pastikan data yang Anda isi sesuai dengan lokasi atau wilayah Anda. Karena sistem mencari data “penerima bantuan” berdasarkan wilayah.

Jika Anda terdaftar sebagai penerima bansos, maka nama Anda akan otomatis muncul dilayar setelah proses klik pencarian berakhir.

Semoga dengan adanya informasi ini, tidak ada lagi yang bertanya mengenai kapan bansos bulan Juli 2021 akan cair ya!

Pastikan Anda dapat memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan oleh Pemerintah ini.

Baca Juga: Begini Tahapan Dan Cara Mendaftar Bansos PKH 2021