Sejarah Selamat Hari Pramuka Yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah Selamat Hari Pramuka Yang Belum Banyak Diketahui

Sebelum membahas mengenai hari pramuka tahun 2021. Ternyata ada hari istimewa juga dibulan Agustus ini yang dirayakan oleh pramuka diseluruh dunia.

Hari Syal Pramuka (Scout Scarf Day), dirayakan pada 1 Agustus, menghargai pramuka di penjuru dunia dengan menggerakkan mereka untuk keluar dari rumah dengan memakai selendang pramuka!

Tetapi kenapa menggunakan syal? Karena selendang pramuka membawa semangat kepramukaan jadi fokus perhatian dan menerangkan retasan kehidupan setiap hari dasar yang diberikan pramuka.

Misalkan, syal di leher dipakai membuat perlindungan badan dari sengatan matahari dan dapat dipakai sebagai band-aid pada kondisi di mana kotak P3K tidak ada. Oleh karenanya, seiring waktu berjalan, selendang pramuka jadi lambang kemampuan dan keberanian. Bila Anda sudah menggenggam syal pramuka Anda, sekaranglah waktunya untuk menggunakannya!

Sejarah Hari Syal Pramuka

Scout Scarf Day dibentuk di tahun 2007 sesudah barisan pramuka di penjuru dunia bekerjasama dan putuskan jika pramuka pantas untuk dirayakan. Ini khususnya karena pramuka diberi tipe training yang layani mereka sejauh hidup mereka. Ini terhitung panduan bertahan hidup, perawatan personalitas, dan ‘janji pramuka’ populer yang berputar-putar disekitaran selalu setia pada Hukum Pramuka.

Janji terpusat pada kesetiaan, keyakinan, dan selalu menolong seseorang. Juga penting untuk dicatat jika Hari Selendang Pramuka bukan salah satu hari liburan yang rayakan pergerakan kepramukaan. Bahkan juga, kepramukaan demikian disayangi dan disegani hingga banyak beberapa hari khusus sudah diputuskan untuk mengaku kehormatan pramuka.

Awal Mula Pramuka Dibentuk

Berikut sedikit background mengenai bagaimana kepramukaan diawali. Di tahun 1904, Letnan Jenderal Robert Baden-Powell dari Angkatan Darat Inggris mulai pelajari sikap anak lelaki. Ia yakin jika golongan muda waktu itu sedang ke arah “hooliganisme” dan memerlukan “tangan-tangan yang menuntun.”

Dengan arah untuk mengajarkan anak lelaki mengenai salah dan benar, ia menulis sebuah buku dengan judul “Kepramukaan untuk Anak Laki-Laki.” Sesudah buku itu diedarkan di tahun 1907, banyak barisan kepanduan mulai banyak muncul di penjuru dunia.

Jenderal Powell seterusnya mengaplikasikan teori dan tuntunannya dengan lakukan perjalanan sembilan hari dengan satu kelompok 22 anak lelaki. Sepanjang perjalanan ini, ia mengajarkan mereka semuanya yang ia ketahui mengenai patriotisme, kesatria, dan sopan santun dasar yang perlu mereka taati saat mereka tumbuh dewasa.

Maksudnya ialah untuk membuat mereka bertanggungjawab serta produktif. Di saat anak lelaki kembali lagi ke rumah, mereka lihai dalam ketrampilan bertahan hidup, ketrampilan kemping, dan tuntunan yang dibutuhkan untuk jadikan mereka masyarakat negara yang bagus.

Perjalanan Waktu Hari Pramuka

  • 1908 – Scout Away: Gerakan Pramuka didirikan oleh Letnan Jenderal Baden Powell.
  • 1910 – Impian Amerika: William Dickson Boyce mengawali American Boy Scouts (ABS).
  • 1920 – Meneruskan: Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia didirikan
  • Era ke-20 – Kesetaraan Gender: Boy Scouts of America fokus pada isu keteraan gender

Langkah Mudah Merayakan Hari Syal Pramuka

Gunakan Syal Anda di Ruang Publik dan Ambil Swafoto

Apa Anda seorang pramuka sekarang ini atau mantan pramuka? Nach, hari ini ialah hari yang pas untuk memperlihatkan syal pramuka Anda. Gunakan syal dengan pakaian pilihan Anda dan mengambil banyak gambar untuk sosial media.

Menyebarkan Pentingnya Kepramukaan

Hari ini memberikan Anda peluang untuk menggerakkan angkatan muda untuk memilih kepramukaan serta mengajarkan mereka bagaimana itu menjadi pengalaman yang tidak terlewatkan.

Ajari Orang Lain Tentang Manfaat Syal saat Keadaan Darurat

Bila Anda ialah mantan pramuka, Anda bisa memakai ini hari untuk mengajarkan anak-anak dan orang dewasa bagaimana syal bisa dipakai pada kondisi genting. Ini terhitung memakainya sebagai band-aid saat tidak ada alternatif lain yang tersedia.

5 Fakta Menarik Tentang Hari Pramuka

  • Jumlah pramuka di seluruh dunia: Ada 31 juta pramuka dari semua umur dan tipe kelamin di penjuru dunia.
  • Organisasi Pramuka: 155 negara mempunyai Organisasi Kepanduan Nasional yang diakui secara internasional.
  • Pramuka Wanita: Ada lebih dari 2,5 juta pramuka.
  • Pramuka dan FBI: 85% dari semua agen FBI ialah pramuka.
  • The Beatles: Kedua anggota grupband terkenal ini, yakni Paul McCartney dan John Lennon merupakan anggota pramuka.

Mengapa Hari Pramuka 2021 Penting?

Untuk Menyebarkan Semangat Menjadi Pramuka

Di zaman serba tehnologi ini, banyak pribadi menghindari aktivitas di luar ruangan yang terkait dengan kepramukaan. Hari khusus ini penting karena berperan sebagai pengingat begitu pentingnya kepramukaan untuk membuat personalitas seseorang.

Pramuka Membentuk Ikatan Persaudaraan

Karena kepramukaan memerlukan beberapa orang untuk bekerja bersama, ini membantu dalam membuat ikatan yang kadangkala sepanjang umur.

Ini Merupakan Hari Kebanggaan untuk Para Eks-pramuka

Maksud inti hari ini yaitu untuk menghargai pramuka yang telah memakan sekian tahun dalam training. Oleh karenanya, ini sebagai pemacu motivasi untuk para eks-pramuka.

Selamat hari pramuka 2021, mari berbangga diri jika pernah menjadi bagian dari kegiatan ini. Karena banyak nilai positif yang dapat kita ambil didalamnya.