4 Cara Mengubah Word ke PDF untuk Sebuah Keperluan

4 Cara Mengubah Word ke PDF untuk Sebuah Keperluan

Cara mengubah word ke pdf akan membantu Anda mengubah bentuk file ke bentuk lainnya untuk sebuah keperluan. Dengan ini Anda tidak akan kesulitan dalam mengerjakan tugas harian atau pekerjaan yang ada.

Di bangku sekolah hingga pekerja, tentu akan dihadapkan dengan berbagai dokumen. Misalnya word, pdf, xls dan sebagainya. Namun, untuk beberapa keperluan dokumen harus diubah ke format lainnya.

Apalagi jika data tersebut bertujuan untuk kegiatan publikasi. Keamanan tentu menjadi hal utama karena menyangkut karya orang lain. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengubahnya ke format PDF. Ini karena format ini permanen sehingga tidak bisa diubah.

Dengan menggunakan format tersebut juga akan memudahkan orang lain membuka file Anda meski tidak memiliki aplikasi word di perangkatnya. Dilihat dari pengetiannya portable document format yang memungkinkannya untuk dibuka dalam perangkat manapun.

Saat ini tersedia banyak aplikasi untuk memudahkan Anda untuk mengubah format dokumen word ke pdf. Ada yang merupakan aplikasi bawaan atau melalui akses secara online. Dengan ini perkerjaan akan semakin dipermudah dengan aplikasi tersebut.

Cara Mengubah Word ke PDF Menggunakan Microsoft Office

Jika perangkat Anda menggunakan Microsoft Office dalam membuat sebuah dokumen. Maka akan dengan mudah untuk menyimpannya dalam format PDF. Ini adalah paling umum untuk digunakan. Caranya sama saat menyimpan dokumen biasa hanya saja diubah formatnya.

  1. Silahkan buka Ms Word lalu edit tulisan.
  2. Kemudian pilih “save As” kemudian tentukan folder untuk menyimpan.
  3. Setelah itu, “save as type” pilih format PDF. Anda bisa mengubah nama dokumen jika diperlukan.
  4. Kemudian terakhir “save” dan dokumen sudah jadi PDF.

Mengubah Word ke PDF Menggunakan WPS Office

Cara kedua menggunakan aplikasi WPS Office. Software ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat. Penggunaannya juga tidak dipungut biaya untuk mengubah format file dalam berbagai versi. Salah satunya adalah ke versi PDF.

WPS Office merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kingsoft. Anda bisa menggunakan fitur seperti spreadsheets, presentasi dan writer. Untuk ketiganya sama dengan aplikasi word, excel dan power point dalam sistem Microsoft office.

  1. Buka aplikasi WPS Office ini.
  2. Kemudian pilih “menu” lalu “export to PDF”.
  3. Lalu centang file yang akan diubah dan simpan.
  4. Silahkan ubah nama file dan klik ikon “export to PDF”
  5. Selesai

Cara Mengubah Word ke PDF Menggunakan Google Drive

Google Drive menyediakan tiga aplikasi yakni sheet, slide dan docs yang sama fungsinya dengan aplikasi di Microsoft Office. Anda memanfaatkan aplikasi ini untuk mengubah file word ke bentuk PDF. Ini dilakukan dengan jaringan internet. Jika Anda menggunakan laptop pertama

  1. Silahkan unggah file yang akan diubah.
  2. Kemudian klik ganda kemudian pilih “file”.
  3. Lalu pilih fitur “download”
  4. Pilih “PDF document”.
  5. Setelah itu dokumen akan tersimpan ke laptop.

Mengubah Word ke PDF Secara Online

Dibandingkan dengan tiga cara sebelumnya, ada cara yang lebih cepat yakni dilakukan secara online. Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan dalam mengubah format word ke PDF tersebut. Dalam mesin pencarian, Anda bisa memilih salah satu platform. Selain itu, penggunaannya juga gratis.

  1. Secara garis besar Anda akan diperintahkan untuk mengunggah file yang hendak diubah.
  2. Lalu tinggal ikuti instruksi yang ada dalam platform tersebut.
  3. Terakhir Anda hanya perlu mengunduh hasil pengeditan online tersebut.

Dengan menggunakan format tersebut akan memudahkan orang lain untuk membuka file yang Anda kirimkan atau publikasikan. Sesuai dengan sifatnya yang bisa dibuka dalam multiplatform maka format ini banyak digunakan. Maka itu Anda perlu tahu tentang cara mengubah word ke pdf.