notebook terbaik 2021

Trend Inovasi Notebook di Ajang CES 2021

Dimasa pandemi saat ini, kita tetap dituntut untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara mobile, baik tugas sekolah, kerjaan kantoran, hingga bisnis. Dimanapun posisi kita, selama ada Notebook, maka kita dapat dengan mudah mengerjakan tugas-tugas tersebut. Banyak produsen di pameran perdagangan digital CES yang menunjukkan perangkat yang sangat cocok untuk bekerja dari rumah.

Banyak pekerja kantoran yang mengeluh pada Bulan Maret 2020; tidak ada atau buruknya kualitas webcam di notebook, suara yang tidak jernih, hingga baterai yang boros. Laptop yang sejauh ini masih bagus, entah bagaimana telah mencapai batasnya di usia Corana.

Produsen boleh bergembira, dampak positif bagi mereka ialah dimana secara tiba-tiba permintaan perangkat ini meningkat tajam. Hal ini tentunya dampak dari sistem pekerjaan mobile yang dilakukan di rumah, konsep home office, atau konsep kerja hibrida lainnya. Berdasarkan data dari Home Electronics Index (Hemix), menunjukkan bahwa pada bulan Oktober 2020 telah terjadi peningkatan yang baik sebesar 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu untuk notebook, sementara untuk monitor bahkan meningkat hingga sebesar 40 persen.

Berkenaan dengan perkembangan saat ini, fokus pengguna mengenai peralatan laptop untuk home office telah berubah. Produsen bereaksi dan ingin memenuhi kebutuhan baru ini lebih baik lagi dengan model generasi 2021. Hal ini terbukti pada pameran teknologi digital CES dengan Brand besar seperti Asus, Acer, Dell, HP, Lenovo dan LG. Model bisnis mereka memberikan wawasan tentang apa yang nantinya bisa menjadi standar di kelas perangkat lain.

Fokus pada Webcam dan Mikrofon

Konferensi video telah menjadi kegiatan sehari-hari di banyak pekerjaan kantor. Produsen memperhitungkan hal ini dengan webcam beresolusi tinggi yang cerah. Hp’s Envy 14, misalnya, dapat menggunakan layar sebagai ring light untuk konferensi video yang cukup terang. Sementara Notebook HP Elite Dragonfly G2 memiliki webcam beresolusi lima megapiksel. Semakin banyak model Laptop yang akhirnya menawarkan cover pelindung untuk kamera, yang meningkatkan keamanan.

Thinkpad X1 Carbon dan Yoga Lenovo kini mendukung suara dolby dalam teknologi audio baru yang dirancang untuk membuat konferensi video lebih mudah dimengerti dan tidak melelahkan. Untuk tujuan ini, suara individu lebih baik dipisahkan satu sama lain atau dari kebisingan, dan efek gema disempurnakan oleh sofware. Model lain mengandalkan dua mikrofon atau lebih, atau mengembangkan solusi speaker dengan nama terkenal seperti Bang & Olufsen atau Dolby.

Di HP, teknik yang disebut Dynamic Audio mendeteksi apakah konferensi video atau film sedang berlangsung, lalu menyesuaikan output audio yang sesuai. Kalibrasi suara memungkinkan komputer untuk menyesuaikan dengan kebiasaan mendengarkan masing-masing orang.

Laptop Ringan dan Cerdas untuk Home Office

Mereka yang bekerja tanpa direncanakan dari rumah mungkin akrab dengan fakta bahwa pada siang hari Anda lebih sering berganti posisi. Dari kamar tidur ke dapur, nanti mungkin di sofa, baik itu untuk menghindari anak-anak bermain, suara dari dapur atau rekan kerja lainnya. Laptop home office yang ringan harus mendukung ini. Beberapa perangkat dengan bobot awal mulai dari 990 hingga 1250 gram.

Layar generasi baru hanya memiliki satu kabel USB-C yang tersisa. Melalui ini, tidak hanya gambar yang mengalir dari komputer ke layar, tetapi juga daya dan data ke komputer. Notebook LG Gram ingin menggunakan tombol yang lebih besar untuk membantu Anda menggunakan laptop dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga : LG Gram 2021: Laptop Ringan 16 Inch Dengan Tiger Lake

Faktor Model Baru: Lebih Banyak Ruang Pada Layar

Format laptop dan monitor home office saat ini juga berubah. Sebelumnya ada monitor dalam format 4:3, kemudian datang 16:9 dan sekarang 16:10 atau 3:2 lebih sering menjadi format pilihan di sektor bisnis. Mereka menyediakan lebih banyak piksel di ruang yang hampir sama dan mengurangi scrolling, karena ada lebih banyak ruang vertikal.

Selain model LG Gram yang baru, Dell’s Latitude 9420, HP dengan Envy 14 dan Lenovo dengan thinkpad X1 Titanium Yoga dan X1 Carbon, serta IdeaPad 5 Pro, juga menuju tampilan layar yang lebih tinggi. ThinkBook Plus Gen2 dari Lenovo juga memiliki layar e-ink monokrom di bagian atas tutup notebook. Dengan cara ini, banyak program dapat digunakan dengan cara hemat daya tanpa harus membuka komputer.

Selain banyak model convertible yang bisa dilipat dari laptop ke tablet, HP Elite Folio adalah konsep menarik lainnya. Dengan notebook 13,5 inci dengan prosesor Qualcomm, layar dapat dilipat ke depan sehingga Anda dapat menggambarnya dengan pena yang disediakan. Suspensi 180 derajat juga memungkinkan layar dilipat sepenuhnya ke dalam mode tablet.

Kecerdasan Buatan Yang Berjalan di Latar Belakang Sistem

Kecerdasan buatan di tempat yang tak terbayangkan disajikan oleh HP. Sensor dapat mendeteksi ketika komputer beralih ke mode hemat daya. Misalnya, jika sistem mengenali posisi sofa yang khas dan laptop dalam mode performa hanya akan memberikan putaran hangat. Sebaliknya, jika sensor mendeteksi tampilan antarmuka dan mungkin keyboard, mouse, dan layar yang terhubung, ini memberi pesan jika sekarang saatnya untuk memasuki mode kinerja penuh (performa).

Perangkat lunak pada latar belakang juga mendeteksi ketika pengguna mengangkat komputer mereka atau mengeluarkannya dari saku. Kemudian perangkat langsung memulai di latar belakang dan siap bekerja lebih cepat setelah dibuka.

Pilihan Notebook dari ajang CES 2021 sangat mendukung kegiatan bisnis kita selama dalam masa pandemi seperti ini. Fitur dan spesifikasi yang mumpuni pun banyak ditawarkan. Kini tugas konsumenlah untuk meminang perangkat laptop yang cocok untuk dibawa pulang.