Mengenal Lebih Jauh Jenis Iguana dan Harganya di Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Jenis Iguana dan Harganya di Indonesia

Mungkin bagi sebagian orang masih belum memiliki gambaran yang jelas mengenai hewan yang satu ini. Karenanya Teknokarta akan mengajak pembaca untuk mengenal lebih jauh jenis Iguana dan harganya yang ada dipasaran.

Mengenal Iguana

Iguana sendiri merupakan hewan reptil yang berasal dari kawasan benua Amerika yang beriklim tropis. Jika Anda pernah menonton Film Godzilla, mungkin akan sedikit memberikan gambaran mengenai hewan ini. Tapi tidak untuk ukurannya ya!

Ukuran Iguana dewasa bisa mencapai 1,5 sampai 1,8 meter. Dengan bentuk tubuhnya yang cantik, menjadikannya sebagai salah satu pilihan hewan peliharaan yang kini digandrungi banyak orang.

Jenis Iguana Asal Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis Iguana yang menjadi ciri khas negeri ini. Beberapa diantaranya tak kalah cantik dan emnarik dibandingkan dengan iguana asal luar negeri.

Berikut beberapa jenis Iguana asal Indonesia dan detail harganya yang paling banyak diminati para pecinta reptil:

Iguana Merah (Red Iguana)

Diurutan pertama kita punya Iguana Merah. Sesusai dengan namanya, tubuh hewan didominasi oleh warna merah. Warna merahnya sendiri memiliki banyak varian, ada yang cerah hingga ada yang sedikit gelap.

Namun ada juga yang memiliki warna kombinasi dengan warna hijau, komunitas biasa menyebutnya dengan istilah green iggy mix red. Iguana merah cenderung memiliki sifat yang lebih agresif dan lincah.

Harga Iguana Merah

Harga dari iguana merah bergantung pada beberapa kualifikasi yang dimiliknya. Dan ini juga bergantung pada jenis varian dari iguana merah itu sendiri. Berikut daftar harga dari iguana merah berdasarkan variannya:

  • Harga Iguana Super Red (size 56-60cm): mulai dari Rp. 600.00,-
  • Harga Iguana Super Red Dewasa: mulai dari Rp. 1.000.000,-
  • Harga Iguana Red Jumbo: mulai dari Rp. 1.800.000,-

Iguana Hijau (Green Iguana)

Diurutan kedua kita punya Iguana Hijau sebagai hewan asli yang berasal dari Indonesia. Sifat dan karakternya kebalikan dari Iguana Merah yakni sangat tenang dan jinak, cocok untuk pemula yang ingin memelihara reptil jenis ini.

Warna tubuhnya didominasi warna hijau, sangat adem dipandang mata. Terkadang ditemukan corak berwarna coklat disebagian tubuhnya. Iguana jenis masih diperdagangkan secara bebas karena bukan termasuk salah satu hewan yang dilindungi.

Harga Iguana Hijau

Harga dari Iguana Hijau cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Iguana Merah. Hal ini pula yang menjadikannya pilihan populer untuk diburu diberbagai situs jual beli dan komunitas pecinta reptil.

Berikut beberapa daftar harga Iguana Hijau yang beredar saat ini dipasaran:

  • Harga Iguana Hijau (Baby Green Iggy): mulai dari Rp. 300.000,-
  • Harga Iguana Green Columbia: mulai dari Rp. 500.000,-
  • Harga Iguana Hijau Besar: mulai dari Rp. 1.000.000,-

Iguana Biru (Blue Iguana)

Hewan jenis Iguana Biru ini sempat diklaim punah, namun kini jumlahnya terus bertambah berkat banyaknya penangkaran hewan yang mengikuti program pemulihan.

Dominasi warna biru ditubuhnya akan membuat mata Anda terpana karena keindahannya. Sangat cocok juga untuk dijadikan display dikamar Anda, namun dengan tetap memperhatikan banyak hal untuk kelangsungan hidupnya ya!

Harga Iguana Biru

Harga Iguana Biru sendiri cukup tinggi, ini semua tentunya karena jumlah populasinya yang masih terbatas dan membutuhkan skill terampil dalam perawatannya.

Iguana Biru cocok dimiliki untuk mereka yang berkantung tebal. Tapi jika Anda memiliki tabungan yang cukup, mungkin bisa mnecoba untuk memelihara hewan ini.

Berikut kisaran harga Iguana Biru (Blue Iguana) yang dapat ditemukan dipasaran:

  • Harga Iguana Biru (Baby Blue): mulai dari Rp. 1.600.000,-
  • Harga Iguana Biru Besar: mulai dari Rp. 3.000.000,-

Itu dia beberapa informasi seputar jenis Iguana dan harganya untuk pasaran Indonesia. Nominal yang tertera tentunya bisa saja berbeda dengan kondisi yang ada dilapangan, karena beberapa faktor pendukung lain yang menentukan harga jual dari Iguana tersebut.