Taiwan Diserang Topan WNI Diminta Waspada

Taiwan Diserang Topan “Chanthu”, WNI Diminta Waspada

Kabar kurang baik datang dari negeri Taiwan. Memasuki pertengahan kedua tahun ini, kondisi cuaca disana kurang bersahabat. WNI yang saat ini sedang berada disana diminta waspada dan berhati-hati.

Dengan kondisi hujan lebat dan angin kencang, Topan “Chanthu” melanda Taiwan timur. Tiang-tiang yang terbalik memutus aliran listrik ke lebih dari 14.000 rumah tangga di pagi hari, menurut perusahaan energi Taiwan Power Company.

Dari kejadian ini, ada lebih dari 2.500 orang dievakuasi dari daerah rawan banjir ke tempat yang aman, berdasarkan laporan tim penanggulangan bencana setempat. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah jika kondisinya semakin memburuk.

Saat topan bergerak ke utara, departemen cuaca memperingatkan orang-orang di utara pulau tentang hujan lebat dan kecepatan angin tinggi. Warga harus menjauh dari pantai, karena gelombang bisa naik hingga enam meter.

Lalu lintas kereta api di pegunungan atau daerah yang berisiko banjir dihentikan pada hari Minggu. Lebih dari 170 penerbangan telah dibatalkan atau ditunda. Lalu lintas kapal feri antara Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai juga sebagian dihentikan.

Semoga keadaan ini segera membaik dan berangsur-angsur pulih kembali normal speerti biasanya. Belum ada laporan tentang WNI yang menjadi korban dari bencana ini.

Berharap bahwa semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Jika Anda atau rekan Anda menjadi korban dari bencana ini, segera hubungi nomor perwakilan pemerintah disana.