Mengenal Simulasi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Mengenal Simulasi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Mengenal simulasi asuransi mobil merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum menggunakan layanan perlindungan kendaraan. Seperti telah diketahui, harga premi menjadi perhatian penting saat mengambil polis asuransi mobil.

Hal tersebut dikarenakan setiap mobil akan dikenakan biaya premi dengan nominal berbeda-beda. Simulasi sendiri menjadi prosedur untuk menghitung besaran jumlah premi yang harus dibayar untuk polis.

Kendaraan termasuk salah satu aset dan harus dilindungi dengan baik. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi kendaraan, maka kamu harus memahami jenis perlindungan agar tidak salah beli.

Lakukan juga simulasi asuransi sehingga pembayaran premi sesuai dengan manfaat dari perlindungan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan beragam manfaat perlindungan secara maksimal dan menghindari kerugian.

Sebelumnya, banyak faktor mempengaruhi perhitungan simulasi tersebut, di antaranya yaitu jenis asuransi, harga mobil, tipe mobil, serta tahun pembuatan yang akan dijelaskan secara lebih lanjut berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Simulasi Asuransi Mobil dan Wajib Diketahui

Agar Anda semakin paham hal-hal yang mempengaruhi perhitungan premi, maka berikut ini informasi mengenai faktor atau indikator perhitungan simulasi, sehingga akan membantu Anda memilih perlindungan paling tepat.

  1. Tipe Mobil

Perhitungan premi dilihat dari tipe mobil yang akan dilindungi. Jika Anda memiliki kendaraan dengan kategori premium atau mewah, maka kemungkinan besar premi harus dibayarkan cukup mahal dibandingkan mobil biasa.

Hal tersebut dikarenakan mobil mewah cenderung memiliki sparepart mahal, sehingga ketika terjadi kerusakan. Maka dibutuhkan biaya cukup banyak untuk mengcover perbaikan hingga pembelian sparepart baru jika dibutuhkan.

  1. Tahun Pembuatan

Kondisi mobil baru dan lama akan mempengaruhi perhitungan, di mana kendaraan dengan jangka waktu pemakaian lama umumnya akan dikenakan premi lebih tinggi mengingat mesin kendaraan sudah rentan kerusakan.

  1. Tipe Asuransi

Terdapat dua tipe asuransi kendaraan yaitu all risk dan total loss only. Keduanya dapat memengaruhi simulasi asuransi mobil, di mana masing-masing jenis memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penggunanya.

Tipe all risk cenderung dikenakan premi lebih mahal karena jenis ini dapat menanggung semua kerusakan kendaraan baik kecil maupun besar. Sedangkan total loss only hanya menanggung kerusakan besar dan kehilangan.

  1. Umur

Terdapat perbedaan risiko kecelakaan antara pengemudi kendaraan berusia muda dengan sudah tua. Pengemudi muda dinilai memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi karena emosi cenderung belum stabil.

Oleh sebab itu, pengemudi berusia matang cenderung mendapatkan premi lebih rendah karena dinilai memiliki pengalaman berkendara lebih baik, sehingga perusahaan penyedia perlindungan tidak terlalu khawatir.

Istilah dalam Asuransi Mobil untuk Memudahkan Para Pengguna

Sebelum menghitung simulasi asuransi mobil, Anda terkadang akan dihadapkan dengan istilah yang tidak awam bagi masyarakat luas. Berikut ini informasi mengenai istilah dalam perlindungan kendaraan untuk memudahkan perhitungan premi.

  1. Layanan Darurat

ERA (Emergency Road Assistance) merupakan istilah mengani bentuk layanan perlindungan untuk mendatangkan bantuan ketika montir pergi ke tempat di mana pengemudi terjebak saat berkendara dan mengalami kerusakan.

  1. Harga Pasaran

Harga pasaran adalah harga kendaraan hasil penjualan apabila dijual di pasar dan dinilai berdasarkan merek, tipe, lokai, tahun pembelian sebelum terjadi resiko kehilangan atau kerusakan pada kendaraan.

  1. Personal Accident

Istilah ini merujuk pada kecelakaan diri atau pemberian perlindungan terhadap kerugian akibat kecelakaan yang menyebabkan kematian atau keadaan cacat tetap kepada pengemudi maupun penumpang kendaraan.

  1. Simulasi Asuransi Mobil

Simulasi merupakan sebuah prosedur yang digunakan untuk menghitung besaran jumlah premi perlindungan yang akan dikenakan pada polis, kemudian wajib dibayarkan kepada perusahaan atau lembaga asuransi.

  1. Polis

Istilah polis merujuk pada perjanjian mengikat yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, yaitu pihak perusahaan perlindungan kendaraan serta pihak pemegang polis secara tertulis dan sesuai hukum.

  1. Premi

Istilah premi didefinisikan sebagai sejumlah uang atau kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemegang polis asuransi sesuai dengan ketentuan tertentu kepada pihak penyedia layanan perlindungan kendaraan.

  1. Risiko Sendiri

Own Risk merupakan risiko sendiri, di mana istilah ini dapat diartikan sebagai biaya atau nilai beban kerugian dari pihak tertanggung atau pemegang polis yang harus ditanggung sendiri dan tidak tercover asuransi.

Perhitungan Simulasi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Setelah memahami istilah pada layanan perlindungan, maka Anda bisa segera mencoba untuk melakukan simulasi perhitungan premi sesuai jenis layanan yang dipilih, berikut percobaan perhitungan tersebut.

  1. Perhitungan untuk All Risk

Setiap mobil memiliki harga premi yang bervariatif. Secara garis besar, premi untuk kendaraan dengan jenis layanan All Risk dan TLO dihitung menggunakan rumus Rate Asuransi Kendaraan x Harga Kendaraan.

Sebagai contoh, Anda mengambil mobil jenis Suzuki All New Ertiga dan kendaraan berdomisili di DKI Jakarta. Maka diasumsikan harga mobil tersebut Rp.243.850.000, kemudian plat nomor mobil berada di Wilayah 2.

Selanjutnya, rate asuransi berdasarkan peraturan yang berlaku adalah 2,08%. Maka biaya premi yang akan dikenakan dan harus Anda bayar kepada pihak perusahaan yaitu 2,08% x Rp.243.850.000 = Rp.5.072.080.

  1. Perhitungan untuk Total Loss Only

Rumus perhitungan untuk jenis layanan TLO sama dengan All Risk. Jika disimulasikan, Anda mengambil mobil yang sama dan berada di wilayah yang sama yaitu DKI Jakarta, maka perhitungannya sebagai berikut.

Rate asuransi untuk TLO berdasarkan peraturan merupakan 0,44%, sehingga perhitungan premi yaitu 0,44% x Rp.243.850.000 = Rp.1.072.940. Dengan begitu, Anda bisa melihat perbedaan besar antara kedua layanan.

Seperti yang telah diketahui bahwa All Risk merupakan perlindungan yang dapat mengcover seluruh kerusakan baik ringan maupun berat hingga kehilangan, sehingga premi akan lebih mahal dibandingkan layanan TLO.

Memperhitungkan premi sebelum membeli akan memudahkan Anda mendapat produk yang cocok dengan kantong. Simulasi asuransi mobil ini akan menolong Anda mendapatkan layanan yang sesuai dengan pengeluaran budget.