Mengenal Contoh Software Adalah, Jenis dan Fungsinya

Mengenal Contoh Software Adalah, Jenis dan Fungsinya

Contoh software adalah segala macam perangkat lunak untuk digunakan komputer saat ini. Secara umum, software merupakan sebuah program komputer dengan format dan tersimpan secara digital. Nantinya program ini akan berjalan pada sebuah perangkat.

Software sendiri bisa berisi program atau sekumpulan instruksi, nantinya akan menjalankan perintah khusus. Bisa dikatakan jika perangkat lunak merupakan bagian dari sistem tidak berwujud, dan perlu proses install untuk menjalankannya.

Contoh Software Adalah Sebagai Berikut

Dalam penggunaannya, ada berbagai contoh Aplikasi yang biasa digunakan. Perbedaan dari contoh aplikasi tersebut akan dibedakan dari berbagai jenis penggunaannya. Contoh aplikasi tersebut antara lain:

1. Software System

Ini merupakan jenis aplikasi yang akan berisi sistem operasi untuk sebuah alat. Contohnya adalah Windows, Linux ataupun Mac.

2. Software Browser

Ini merupakan jenis sistem yang nantinya akan berfungsi sebagai mesin pencari. Contohnya adalah Chrome, opera, atau Firefox.

3. Ms. Office

Jenis sistem ini merupakan alat yang nantinya akan mempermudah atau meningkatkan efisiensi dari berbagai pekerjaan. Contoh dari sistem termasuk kategori Office seperti Word, Excel, atau Powerpoint

4. Paint Software

Ini merupakan jenis sistem yang akan digunakan untuk pengolahan gambar atau desain, termasuk di dalamnya proses edit gambar. Contoh dari aplikasi jenis ini seperti Adobe Photoshop, Paint, Coreldraw.

5. AntiVirus

Ini merupakan contoh aplikasi yang fungsi utamanya adalah melindungi sistem dari file atau aplikasi lain yang berpotensi merusak sistem atau alat tersebut. Contoh dari aplikasi ini seperti Smadav, AVG, Norton, dan lainnya.

Mengenal Fungsi Software yang Perlu Anda Ketahui

Selain mengenal berbagai contoh perangkat lunak hal yang juga perlu Anda perhatikan dalam memahami berbagai fungsi dari perangkat lunak itu sendiri. Adapun berbagai fungsi dari perangkat lunak tersebut antara lain:

  • Memproses berbagai data, perintah, maupun instruksi dengan tujuan agar pengguna bisa mengoperasikan komputer tersebut dan mendapatkan hasil dan informasi sesuai dengan yang mereka inginkan.
  • Menjadikan sarana untuk melakukan interaksi, yang akan menghubungkan antara pengguna dan juga perangkat keras yang akan mereka gunakan.
  • Melakukan identifikasi terhadap suatu program yang ada di dalam komputer tersebut.
  • Menyediakan sebuah fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar perangkat tersebut bisa beroperasi dengan baik. Contohnya adalah penggunaan sistem operasi agar komputer bisa bekerja dengan baik.
  • Menerjemahkan dengan baik suatu perintah perangkat lunak ke dalam bahasa mesin, tujuannya adalah agar bisa dimengerti oleh komputer.

Berbagai Jenis Perangkat Lunak

Pada penggunaannya, berbagai macam contoh perangkat lunak ini juga akan dibedakan berdasarkan jenisnya. Jenis ini biasanya tergantung pada bagaimana perangkat lunak tersebut digunakan atau dibagikan. Beberapa jenis software tersebut antara lain:

  1. Software Berbayar

Ini merupakan jenis perangkat lunak yang pada penggunaannya mengharuskan Anda untuk membayar untuk bisa menggunakan semua fungsinya. Meski sudah membayar, Anda hanya memiliki hak untuk menggunakan namun tidak bisa menyebarluaskan kembali.

  1. Free Software

Meskipun ada kata free, namun bukan berarti software ini gratis. Maksud free di sini adalah Anda perlu membeli perangkat lunak ini terlebih dahulu, baru setelahnya Anda bebas untuk memodifikasi, menggandakan, bahkan menyebarluaskan kembali.

  1. Freeware

Ini merupakan jenis software yang bisa Anda gunakan secara bebas dan gratis. Namun meski demikian, Anda tidak bisa memiliki lisensi dari software tersebut, dan hak cipta juga biasanya sudah dipegang oleh pemilik resminya.

  1. Shareware

Ini juga merupakan software yang bisa Anda gunakan dengan gratis namun biasanya hanya untuk jangka waktu tertentu. Setelah lewat dari jangka waktu tersebut maka Anda perlu membayar.

  1. Open Source

Ini merupakan jenis software yang bersifat terbuka. Artinya, Anda bisa melakukan modifikasi mulai dari source code. Nantinya, Anda juga bisa menyebarluaskan perangkat lunak tersebut. Contoh dari perangkat lunak ini adalah Linux.

Dari sekian banyak jenis software yang ada saat ini, mungkin sebagian merupakan software yang menjadi andalan untuk Anda. Pada penggunaannya, contoh software adalah semua macam perangkat lunak yang terinstall di komputer dan bekerja pada perangkat tersebut.