Spyware Pegasus Mengancam Perangkat Apple Anda

Spyware Pegasus Mengancam Perangkat Apple Anda?

Pengguna perangkat elektronik berlogo buah apel baru saja dikejutkan dengan kehadiran spyware dalam perangkat lunak pegasus beberapa waktu belakangan ini. Namun, sepertinya Apple langsung mengambil tindakan yang cepat untuk mengatasinya.

Tentang Spyware Pegasus

Bahkan jika fokus saat ini adalah pada macOS Monterey serta iOS dan iPadOS 15: Kemarin Apple pertama kali menerbitkan pembaruan keamanan untuk sistem operasi saat ini.

Selain iPhone, iPad, dan Apple Watch, Mac juga telah menerima pembaruan: macOS 11.6, pembaruan keamanan 2021-005 untuk Catalina dan versi 14.1.2 untuk Safari di bawah celah keamanan colokan Catalina dan Mojave.

Aksi eksploitasi data ini diduga dilakukan oleh NSO Group, perusahaan Spyware Pegasus asal Israel. Hebatnya, mereka dapat menginfeksi perangkat Apple Anda dari jarak jauh.

Apa itu Apple BlastDoor?

Pegasus sekarang digunakan di beberapa negara – baru-baru ini diumumkan bahwa Kantor Polisi Kriminal Federal Jerman juga telah menggunakan perangkat lunak tersebut selama sekitar setengah tahun.

Lembaga penelitian Kanada “The Citizen Lab” mengidentifikasi kerentanan baru yang telah dieksploitasi Pegasus sejak Februari tahun ini. Ini adalah eksploitasi iMessage zero-day yang disebut FORCEDENTRY.

Para peneliti membuat iPhone dari seorang aktivis Saudi, yang telah terinfeksi oleh spyware, untuk analisis yang lebih rinci: FORCEDENTRY memberikan akses ke kamera, mikrofon serta pesan, panggilan telepon, dan email pada perangkat yang terpengaruh.

Sebuah proses yang luar biasa, sejak Apple memperkenalkan sistem bernama “BlastDoor” beberapa waktu lalu yang mencoba mencegah serangan semacam ini di iMessage.

Saatnya Update iOS dan iPadOS

Citizen Lab menunjukkan rincian kerentanan terhadap Apple minggu lalu, menurut informasinya sendiri. Seperti yang dijelaskan Cupertino, file PDF yang disiapkan sudah cukup untuk mengeksploitasi kerentanan.

Oleh karena itu, pengguna sangat disarankan untuk memperbarui perangkat mereka: Pembaruan tersedia untuk diunduh di semua perangkat yang kompatibel dengan iOS dan iPadOS 14; Apple Watch membutuhkan setidaknya Seri 3.

Bagi Anda pengguna perangkat Mac juga harus mencoba pengaturan sistem dan segera menginstal pembaruan yang sesuai. Hal ini tentunya untuk segera mengatasi kerentanan sistem yang bermasalah.

Lakukan update (pembaruan) pada perangkat Apple Anda sekarang juga ya! Jangan menunda lagi. Karena data Anda sangat berharga dan harus dilindungi dengan sebaik mungkin.