Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android dan Bayar Tagihannya

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android dan Bayar Tagihannya

Cara cek tagihan listrik lewat HP Android saat ini sudah ditemukan. Jadi Anda tidak perlu repot mendatangi loket pembayaran PLN untuk mengetahui berapa banyak yang harus dibayar untuk tagihan listrik bulan ini.

Tagihan bulanan memang salah satu hal yang harus diperhatikan dan dibayar tepat waktu agar tidak menimbulkan denda. Dulu, semua tagihan harus dibayarkan dengan datang langsung ke kantor layanan, tapi sekarang bisa dilakukan dengan handphone saja.

Anda tinggal buka handphone Android dan bisa langsung cek berapa biaya listrik setiap bulan, bahkan langsung bayar tagihannya. Mau tahu bagaimana caranya? Silakan simak informasi berikut ini.

Kategori Tagihan Listrik di Indonesia

Sebelum mengetahui bagaimana cara cek dan bayarnya, perlu tahu dahulu apa kategori pembayaran listrik di rumah Anda. Saat ini terdapat beberapa jenis pembayaran yaitu pra dan pasca bayar yang terbagi atas beberapa kategori berikut:

  1. Rumah tangga yang meliputi 5 golongan R1-R3, yaitu R1/900 VA, R1/1300 VA, R2/2200 VA, R2/3500 VA, dan R3/6600 VA ke atas.
  2. Bisnis besar, meliputi B2/6000 VA dan B3/200 kVA ke atas.
  3. Industri besar, meliputi 2I-3 di atas 200 kVA dan I-4 dengan daya 30000 kVA ke atas.
  4. Pemerintah, yaitu P-1/6600 VA s.d 200kVA, P-2 di atas 200 kVA, dan P-3 di atasnya lagi.
  5. Layanan khusus hanya terdapat satu golongan yaitu 1 L/TR, TM, TT.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Untuk mengecek berapa biaya listrik bulanan Anda saat ini bisa dengan mudah, yakni mengakses laman web PLN. Selain itu, juga bisa menggunakan layanan dari aplikasi lainnya, seperti aplikasi dompet digital atau menggunakan SMS. Untuk langkah pengecekan melalui laman web PLN bisa ikuti langkah berikut:

  1. Buka laman PLN di laman browser, buka tab pelanggan dan masuk ke informasi tagihan.
  2. Daftar akun dahulu apabila belum terdaftar dengan mengisi data yang diminta. Juga harus melewati verifikasi email.
  3. Setelah terdaftar Anda bisa login menggunakan alamat email dan password.
  4. Kemudian sistem secara otomatis akan menampilkan informasi terkait besarnya pemakaian atau pembelian token PLN.
  5. Tagihan tersebut sudah termasuk dengan PPN yang dikenakan oleh Pemerintah.

Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik

Setelah tahu berapa besar tagihan harus dibayar selanjutnya Anda tinggal melakukan pembayaran saja. Saat ini, melakukan pembayaran bisa dilakukan dengan cara mudah, dapat pilih salah satu cara berikut:

  1. Datang langsung ke Loket pembayaran PLN atau pembayaran resmi lainnya. Saat ini cukup mudah menemukan loket pembayaran seperti ini.
  2. Bayar melalui mini mart atau supermarket. Saat ini mini mart atau supermarket tidak hanya memberikan layanan belanja kebutuhan sehari-hari saja, tapi juga melayani pembayaran berbagai macam tagihan juga pembelian pulsa dan token PLN.
  3. Bayar pakai aplikasi dompet digital, seperti OVO, DANA, Gopay, LinkAja, atau ShoppeePay. Menggunakan cara ini Anda bisa mendapatkan berbagai potongan atau diskon yang ditawarkan masing-masing provider.
  4. Bayar langsung di app PLN yang bisa diunduh di Playstore.
  5. Membayar melalui aplikasi Mobile banking.

Untuk pembayaran yang tidak langsung di loket PLN, maka akan ada biaya tambahan dikenakan, mulai dari Rp1000 hingga Rp3000 per transaksi. Jadi, jika ada perbedaan jumlah pembayaran beberapa ribu rupiah wajar saja.

Sekarang zaman serba cepat dan enak, Anda bisa melakukan berbagai pengecekan melalui online, salah satunya untuk cek berapa bayar PLN bulan ini. Coba gunakan cara cek tagihan listrik lewat HP Android di atas agar bisa siapkan jumlah uang yang sesuai untuk pembayaran.