Cara Menghapus Email di Android Penting Diketahui

Ini Cara Menghapus Email di Android Penting Diketahui

Cara menghapus email di Android mungkin masih asing bagi beberapa pengguna baru platform ini. Cara ini penting dilakukan ketika Anda pernah membukanya di HP orang lain. Ini karena email telah menjadi hal krusial untuk menghubungkan pengguna ke beberapa platform penting.

Email bisa menghubungkan pengguna ke beberapa media penting seperti Youtube, Google, perbankan online, e-wallet (OVO, Dana, GoPay) dan lainnya sehingga tidak bisa ceroboh ketika membukanya di perangkat lain.

Selain itu, beberapa pengguna Android terkadang memiliki banyak account dalam 1 HP, baik itu yang sifatnya profesional maupun pribadi. Memiliki banyak account dalam 1 perangkat terkadang membuat memory cepat penuh sehingga beberapa di antaranya perlu dihapus.

Tidak hanya itu, banyaknya notifikasi yang tidak penting terkadang mengganggu kenyamanan penggunanya. Oleh karena itu, sebaiknya hapus akun yang tidak dianggap penting melalui beberapa cara di bawah ini.

Cara Menghapus Email di Android

Terdapat beragam cara untuk menghapus email di Android. Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1.    Remove Account

Remove akun merupakan cara menghapus paling efektif. Tahapannya masuk ke pengaturan, scrool ke bawah sampai menemukan tulisan Account. Pilih Google lalu klik akun mana saja yang akan Anda hapus, kemudian pilih Remove Account.

2.    Menghapus Email Tanpa Hapus Akun Google

Menghapus email tanpa menghilangkan akun Google bisa Anda lakukan dengan cara masuk ke menu Account, pilih Google dan Account, lalu matikan Sync Email. Dengan begitu, akun tidak akan disinkronkan lagi.

3.    Melalui Clear Data

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cara Clear Data. Pertama masuk ke menu Setting, lalu pilih Manage Aplication. Kemudian cari Google App, klik Clear Data hingga muncul “all information you saved in this application will be deleted permanently”, klik Ok, selesai.

4.    Menghapus Email Melalui Aplikasi

Menghapus account melalui aplikasinya bisa Anda lakukan dengan cara buka App tersebut, lalu klik tanda titik tiga di ujung kiri. Cari ke bawah hingga muncul tulisan pengaturan, pilih Kelola Account dan klik hapus.

5.    Menghapus Email untuk Selamanya

Cara menghapus email secara permanen, pertama buka aplikasi email, klik foto akun di ujung kanan atas. Kemudian klik “Manage Your Google Account”, swipe tab hingga muncul Data & Personalization, tekan Delete a Service or Your Account, masukan password, ikuti prosesnya.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menghapus Email

Sebelum menghapusnya, sebaiknya lakukan beberapa hal ini agar data penting Anda tidak ikut hilang. Berikut di antaranya:

1.    Pastikan Akun Tidak Memuat Data Penting

Memastikan akun tidak memuat data penting merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai menyesal ketika data penting Anda ikut terhapus.

2.    Cari Tahu Cara Menyimpan Data

Setelah meninjau akun dan menemukan beberapa data penting. Langkah selanjutnya cari tahu terkait beragam cara mengunduh data yang akan disimpan.

3.    Tambahkan Akun Baru untuk Beberapa Platform yang Terhubung

Jika akun tersebut terhubung dengan beberapa Platform seperti media sosial, perbankan atau beberapa media lainnya. Sebaiknya ganti akun yang terhubung sebelum menghapusnya.

4.    Perbarui Info Pemulihan Akun

Jika suatu saat Anda ingin memulihkan akun seperti semula. Jangan lupa memperbarui info pemulihan akun terlebih dahulu.

5.    Baca Kebijakan Aplikasi

Membaca kebijakan aplikasi sebelum menghapusnya sangat penting untuk mengetahui beragam informasi seputar menghapus akun. Misalnya pemulihan akun atau beberapa hal yang akan hilang.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, menghapus email kini semakin mudah dan tidak memakan waktu lama. Beragam cara menghapus email di Android bisa Anda lakukan.