Cara Mendaftarkan Imei iPhone Terbaru dan Tercepat

Cara Mendaftarkan Imei iPhone Terbaru dan Tercepat

Cara mendaftarkan imei iPhone telah banyak dilakukan pemilik ponsel dari luar negeri. Terutama karena belum terdaftar resmi sehingga harus segera masuk pendaftaran bea cukai. Jadi, kemudian dapat bebas kita pakai.

Harus diketahui melakukan pendaftaran IMEI bukan hanya dilakukan pada ponsel black market. Melainkan produk resmi berasal dari luar negeri sekalipun. Tidak heran sebelum membeli perlu melihat dulu nomornya.

Sebenarnya untuk melakukan proses pengecekan, bisa langsung menuju website imei.kemenperin.go.id yang resmi. Wajib segera mendaftar karena kalau teridentifikasi, maka bisa terkena blokir tanpa memperoleh servis jaringan apapun.

Syarat Sebelum Menjalankan Proses Mendaftar IMEI Pada iPhone

Sebelum Anda mulai menjalankan cara mendaftarkan imei iPhone, perlu menyiapkan persyaratannya dulu. Bea cuka telah menyebutkan syarat tersebut lewat Twitter. Tentu dapat Anda pakai karena mempengaruhi keresmiannya.

Syarat pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai biaya registrasi. Ternyata Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali dalam pendaftaran. Tapi khusus produk ponsel yang Anda importlah yang dikenai biaya.

Syarat selanjutnya yaitu ada batasan mengenai orang yang ingin meresmikan nomor Imei. Setiap orang hanya dibolehkan memegang 2 buah perangkat saja. Jadi, kalau punya lebih banyak mengurusnya menjadi cukup berbeda.

Syarat sebelum melaksanakan legalitas nomor Imei ponsel iPhone lainnya adalah mengenai barang penumpang. Misalnya akan diberikan kebebasan pajak sekalipun terdapat batasnya. Tidak lain maksimal hanya sebesar 500 USD.

Selain itu perlu diingat kalau sebelum melakukan import atau pengiriman barang, pastikan registrasi telah berhasil. Terutama karena diwajibkan mengisi beragam formulir. Termasuk memperoleh QR Code sampai Registration ID.

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone Tercepat

Bagi Anda yang ingin membeli ponsel iPhone dari luar negeri, mendaftarkan nomor IMEI bisa dilakukan dari awal. Tentu dengan maksud supaya aman setelah sampai. Langkah resminya cukup mudah kita tempuh.

  1. Masuk Website Bea Cukai

Cara mendaftar nomor Imei ponsel iPhone pertama yaitu masuk website Bea Cukai. Tentu menjadi badan yang melegalkan barang import dari luar negeri. Halaman yang perlu Anda tuju adalah IMEI Registration.

  1. Pengisian Formulir

Setelah menuju page Bea cuka, Anda akan menemukan syarat pengisian formulir. Disini terdapat data diri, list barang dan kapan jadwal kirimnya. Semuanya hanya tercatat jelas supaya tidak ada kesalahan pendataan.

  1. Mendapatkan QR Code

Cara mendaftarkan imei iPhone selanjutnya adalah menunggu QR Code dan Registration ID dimiliki. Kemudian setelah mendapatkan keduanya artinya sudah berhasil. Tidak ada rasa khawatir setelah barangnya datang.

  1. Menunggu Barang Datang

Bila langkah sebelumnya sudah berhasil, maka Anda hanya perlu menunggu barang datang. Umumnya bisa menggunakan jalan pengiriman sesuai kebutuhan. Baik menggunakan jalur udara atau laut karena berasal dari luar negeri.

Dalam proses pengambilan barang tersebut, maka tinggal menuju ke bea cuka. Lalu menunggu antrean dan mengambil proses pengambilan paket. Anda disini dapat menunjukkan QR Code beserta Registration ID dari ponsel.

  1. Validasi

Kalau Anda sudah menunjukkan Registration ID beserta QR Code pada petugas, maka validasi akan segera dijalankan. Tentu melihat keresmian dan legalitas barang. Termasuk apabila terdapat pajak yang ternyata harus dibayarkan.

Jika lancar, kemudian barang bisa segera Anda ambil. Selain itu khusus untuk nomor IMEI dipastikan sudah resmi atau berhasil. Jadi, ponsel iOs tersebut bisa segera Anda pakai maupun jual kembali.

Solusi Terbaik Mengatasi IMEI Belum Terdaftar

Meski cara mendaftarkan imei iPhone tersebut cukup sederhana, bukan berarti tidak terdapat permasalahan. Misalnya untuk turis pengguna iOs, tinggal membeli SIM lokal saja. Lalu mendaftarkan nomor tersebut agar mendapat layanan.

Lalu jika import berasal dari luar negeri, tidak menutup kemungkinan registrasi perlu dilakukan perusahaan pengirim. Jadi, bisa memberi data registrasi kalau sudah dilakukan sendiri. Tentu untuk dimasukkan data pengirim.

Masalah lain yang sering ditemukan adalah jika ponsel belum masuk Indonesia sejak 18 April 2020. Kalau sebelum tanggal tersebut sudah dipakai, tidak perlu lagi mendaftar. Melainkan bisa langsung dipakai siapapun.

Tapi kalau baru masuk Indonesia setelah tanggal tersebut, maka pendaftaran nomor Imei ponsel iPhone dibutuhkan. Bisa dibilang termasuk aturan baru yang perlu diikuti. Terutama bagi orang yang suka melakukan import.

Meski terdapat ketentuan baru semacam ini, masih dapat Anda atasi dengan panduan pendaftaran IMEI sebelumnya. Tentu dengan menyiapkan syarat import juga. Terutama supaya permasalahan pemblokiran tidak akan terjadi.

Bila Anda masih mengalami kesulitan, tidak ada salahnya menuju ke iBox terdekat. Terutama meminta bantuan sederhana karena akan dilayani gratis. Tapi memakai cara mendaftarkan imei iPhone diatas besar kemungkinan berhasil.