Cara Menyambungkan iPhone Ke TV Paling Mudah

Cara Menyambungkan iPhone Ke TV Paling Mudah

Beragam cara menyambungkan iPhone ke tv terbilang sudah semakin bagus. Terutama karena banyak langkah atau jalan melakukan mirroring. Terutama dengan berkembangnya teknologi yang mempermudah kegiatan para user.

Sebenarnya aktivitas menyambung antara layar iPhone dengan televisi tergolong sangat bermanfaat. Apalagi jika dipakai dalam kegiatan belajar atau presentasi pekerjaan. Tentu layar semakin lebar dan kelihatan lebih profesional.

Selain itu bila ingin mencari hiburan seperti menonton film atau serial terasa luas. Begitu juga dipakai melihat gameplay sendiri maupun orang lain. Anda dapat memanfaatkan kabel HDMI, AirPlay dan AnyCast.

Kabel HDMI untuk Mirroring iPhone Menuju TV

Sebenarnya cara menyambungkan iPhone ke tv dengan kabel HDMI tergolong termudah. Hanya saja Anda perlu menyiapkan kabel HDMI beserta Apple Digital AV Adapter. Tentu bisa dibeli dengan mudah saat ini.

Tentunya jika ingin menyambung memakai HDMI, dibutuhkan suatu adapter terlebih dahulu. Terutama karena tidak bisa langsung terhubung tanpa slot khusus. Tapi harus diketahui hanya bisa dipakai minimal iPhone 4.

Bila Anda menggunakan iPhone 5 dan 6, wajib membeli tipe Lightning Digital AV Adapter. Cukup mudah digunakan dalam langkah mirroring ponsel iPhone dengan televisi. Terutama karena sudah memakai Lightning Port.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan versi 30 pin, tinggal menyesuaikan saja tipe ponsel Anda. Dalam proses menghubungkan, tentu sama seperti pemasangan kabel pada umumnya. Jadi, mempermudah Anda untuk menyambungkannya.

Apabila tergolong sering Anda pakai, tidak ada salahnya untuk memasang skrup. Terutama supaya kabel tidak mudah copot atau terjatuh. Pemasangan yang kuat juga dapat membuat konten yang dinikmati lebih aman.

Cara Menyambungkan iPhone Ke TV via AirPlay

AirPlay memang tergolong sebagai teknologi streaming wireless dari Apple. Tentu bisa dipakai dalam beragam perangkat bahkan cukup fleksibel saat digunakan. Ditambah lagi cukup murah yakni hanya seharga Rp. 30.000.

  1. Buka Pusat Kontrol

Langkah mirroring iPhone dengan televisi via AirPlay pertama adalah buka pusat kontrol. Anda tinggal mengusap layar lalu menu tersebut akan keluar. Tentu cara mengusap yang benar adalah dari arah bawah.

  1. Klik Screen Mirroring

Disana terdapat beberapa pilihan menu atau fitur yang dapat dipakai. Untuk memakai AirPlay, pastinya perlu klik screen mirroring. Anda dapat memilih mana penerima AirPlay yang sudah muncul pada layar ponsel.

  1. Cek Ikon Gelembung

Cara menyambungkan iPhone ke tv selanjutnya adalah cek ikon gelembung ponsel. Hal ini menandakan kalau layar iPhone Anda sudah terkunci. Tentu untuk memindahkan tampilan pada layar ponsel menuju monitor televisi.

Umumnya ikon gelembung terletak langsung pada bagian pojok layar. Sebenarnya ikon ini tidak muncul begitu saja tanpa ada fungsi yang jelas. Melainkan ikon gelembung dipakai sebagai tanpa mirroring sedang berjalan.

  1. Mulai Menikmati Konten

Anda sudah dapat menikmati beragam konten yang ingin ditampilkan layar televisi. Tentu hanya untuk scroll media sosial atau search engine juga bisa. Kemudahan inilah yang membuat penggunaan AirPlay cukup banyak.

  1. Menghentikan Mirroring

Kalau Anda merasa sudah cukup menikmati konten pada layar televisi, bisa dihentikan. Cara menghentikan mirroring dengan AirPlay yaitu menuju pusat kontrol. Kemudian tinggal klik Stop Mirroring sehingga terhenti.

Alternatif Menyambung Ponsel iPhone ke Televisi Via AnyCast

Untuk cara menyambungkan iPhone ke tv dengan AnyCast sebenarnya kurang lebih sama dengan HDMI. Terutama karena kita akan menggunakan adapter. Tidak lain bernama dongle HDMI sehingga jenis atau tipenya berbeda.

Jika menggunakan modal sambungan ini, artinya dapat mengubah televisi menjadi smart tv. Tentu saja dari segi fitur atau kegunaannya lebih baik. Ditambah lagi terasa modern sehingga menikmati konten sangat maksimal.

Karena diubah menjadi smart tv, maka dapat kita manfaatkan untuk browsing internet. Termasuk melakukan penjelajahan dalam internet memakai koneksi WiFi. Tidak heran jika AnyCast termasuk cara paling disarankan.

Bila Anda memakai langkah mirroring ponsel iPhone dengan televisi via AnyCast, harus dinyalakan terlebih dahulu. Cara menyalakannya tidak lai dengan memasang kabel micro USB. Kemudian memasang AnyCast pada port HDMI.

Selanjutnya tinggal tancapkan kabel HDMI tersebut menuju salah satu port listrik. Nantinya akan segera menyala dan mulai menghubungkan. Ganti menjadi AirPlay sehingga memperoleh SSID serta kata sandi monitor.

Langkah terakhir adalah menyambungkan antara ponsel iPhone dengan WiFi AnyCast tersebut. Kemudian tidak ketinggalan membuka aplikasi AirPlay pada ponsel. Pada momen tersebut, iPhone Anda sudah tersambung dengan tv.

Kalau ternyata ada permasalahan, ada kemungkinan terjadi karena kerusakan hardware. Tapi bisa juga disebabkan software bekerja kurang maksimal. Tapi dengan cara menyambungkan iPhone ke tv diatas, pasti selalu berhasil.