Daftar Aplikasi Baca Novel Gratis di HP Android

Daftar Aplikasi Baca Novel Gratis di HP Android

Aplikasi baca novel gratis melalui handphone membuat Anda tidak perlu repot membawa buku novel kemanapun Anda pergi. Anda dapat langsung membaca novel ketika waktu luang lewat aplikasi di android.

Anda dapat membaca novel ketika online atau offline. Membaca novel secara online dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi. Ketersediaan paket data mutlak diperlukan ketika Anda hendak membacanya.

Namun, bila Anda ingin membaca novel secara offline maka Anda harus mendownload novel terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat membacanya ketika waktu luang tanpa perlu menyalakan internet.

Aplikasi Baca Novel Gratis Lewat HP Android

Terdapat banyak aplikasi untuk membaca novel yang dapat Anda download. Setiap aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada juga aplikasi yang memudahkan Anda berinteraksi dengan sesame pengguna.

  1. Wattpad

Aplikasi ini sudah banyak diketahui pengguna untuk membaca beragam tulisan dari genre horror hingga romantic. Bila Anda suka menulis, aplikasi Wattpad juga bisa digunakan untuk mempublish tulisan Anda.

Bila memori Anda penuh dan tidak bisa mendownload aplikasi, Wattpad dapat diakses secara online melalui websitenya. Kelebihan aplikasi ini adalah Anda dapat mempublish novel karya Anda. Namun kekurangannya adalah masih terdapat iklan.

  1. Co

Aplikasi Storial.Co juga bisa digunakan untuk mempublish karya. Platform ini banyak digunakan oleh Penulis di Indonesia. Untuk mengakses Cerita Premium, Anda harus membayarnya menggunakan koin Storial.

Jumlah koin yang harus Anda bayar tidak banyak, tersedia beragam genre cerita yang dapat Anda baca seperti cerita fantasi, horror, cerita biografi dll hingga 40 jenis cerita. Terdapat AudioStory dan fitur share ke media social.

  1. English Novel Books

Bila Anda membutuhkan novel berbahasa Inggris, aplikasi English Novel Books dapat menjadi pilihan. Aplikasi ini dapat diakses secara offline, terdapat beragam jenis novel versi bahasa Inggris termasuk novel best seller.

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana namun tidak membuat aplikasi tersendat ketika berpindah dari satu bab ke bab yang lain.

  1. Goodreads

Aplikasi ini biasa digunakan untuk mereview dan memberi penilaian sebuah buku. Terdapat forum diskusi yang memungkinkan Anda berinteraksi bahkan merekomendasikan buku kepada pengguna lainnya.

Kekurangannya adalah Anda tidak bisa membaca novel melalui aplikasi. Namun Anda bisa mencari novel yang seru lewat ulasan para pembaca lainnya.

  1. Google Play Books

Aplikasi ini dapat Anda download melalui Play Store. Di dalamnya terdapat beragam jenis novel yang bisa Anda baca termasuk novel populer. Namun tidak semua novel dapat diakses secara gratis.

Ada beberapa novel yang harus Anda bayar dengan GoPay. Tapi aplikasi ini menyediakan sampel pratinjau gratis untuk Anda akses. Tersedia juga audiobook bagi Anda yang membutuhkan.

Mengenal Kelebihan Aplikasi Baca Novel

Kelebihan aplikasi baca novel yang gratis adalah Anda dapat membaca novel serta mencari inspirasi dimanapun. Anda tidak perlu repot membawa buku banyak – banyak sehingga lebih praktis. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mempublish karya Anda.

Beberapa aplikasi di atas juga dapat diakses secara online, offline, gratis dan beberapa novel popular yang berbayar. Beragam jenis bacaan dapat Anda akses dengan mudah dan cepat.

Kekurangan Aplikasi Baca Novel yang Perlu Diketahui

Selain memiliki kelebihan, aplikasi baca novel juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah mudah diakses oleh siapapun, termasuk anak dibawah 18 tahun untuk mengakses cerita dewasa.

Untuk tulisan di dalamnya juga rentan diplagiat karena tidak ada hak cipta. Siapapun juga bebas mengomentari karya Anda, termasuk dengan komentar yang tidak membangun.

Ada banyak aplikasi untuk membaca novel dapat Anda akses. Setiap aplikasi memiliki poin plus dan minus. Bila Anda suka membaca dan menulis tapi tidak ingin ribet membawa buku, maka aplikasi baca novel gratis di HP adalah solusinya.