Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall

Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall

Banyak orang yang belum mengetahui, bagaimana cara blokir software menggunakan windows firewall. Komputer dengan sistem windows, biasanya dilengkapi dengan fitur firewall. Fitur ini berguna melakukan pemblokiran aplikasi/software, yang mengakses internet Anda.

Windows firewall merupakan suatu program keamanan, yang memiliki fungsi utama sebagai pengatur lalu lintas keluar masuknya internet pada perangkat komputer. Selain itu, fitur ini juga menjadi pelengkap anti-malware bawaan dari windows security (windows defender).

Sebagai program gratis, firewall akan otomatis ada ketika microsoft windows terinstall. Mengaktifkan fitur ini, akan memberi perlindungan laptop atau komputer Anda. Menjadi suatu sistem khusus, yang dirancang untuk melakukan pencegahan akses yang ke jaringan internal.

Sebagai pengguna Anda dapat melakukan pemblokiran program, agar tidak terhubung internet. Pemblokiran disini dengan melakukan pemutusan akses internet, aplikasi yang diinginkan. Berikut panduan cara pemblokiran software akses internet, menggunakan Windows firewall.

Panduan Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall dengan Aman

Firewall berfungsi memblokir koneksi internet, pada aplikasi tertentu. Fitur ini memberikan manfaat meningkatkan keamanan perangkat, menghindari sistem dari virus, dan lebih menghemat kuota. Fitur ini aktif ketika membuka aplikasi aplikasi/game yang baru terinstal.

Firewall dapat digunakan secara manual, dengan mengakses melalui menu utama yang dimiliki. Meskipun mudah, cara ini belum banyak diketahui oleh orang. Berikut caranya :

  1. Langkah pertama, ketik firewall pada kolom pencarian.
  2. Buka dan klik kanan pada inbound rule, kemudian pilih new rule.
  3. Muncul opsi program yang dapat dipilih, tekan next.
  4. Cari programnya, dan pilih next lagi.
  5. Pilih blok connection pada bagian opsi, lalu next.
  6. Akan muncul halaman selanjutnya, tetap klik next.
  7. Isi bagian kolom name, lalu tekan finish. Ulangi pada bagian outbound rule.

Anda perlu ingat, bahwa ini baru bagian inbound saja. Artinya koneksi yang diterima nantinya akan diblokir. Anda perlu melakukan pemblokiran juga pada koneksi yang dikirim, tepatnya di bagian outbound rules.

Bagaimana Cara Mengetes Fitur Firewall ?

Sebagai langkah selanjutnya kita perlu melakukan pengetesan terhadap aplikasi yang di setting, sudah terblokir atau belum oleh fitur Firewall. Anda hanya perlu membuka task manager, sebagai cara termudah melakukan pengecekan.

  1. Pencet bersama tombol Ctrl + Alt + Del.
  2. Tekan dan pilih Task Manager.
  3. Lalu klik tab Users, dan buka kolom Users Anda.
  4. Buka aplikasi yang telah kita setting di Windows Firewall, sebelumnya.
  5. Terakhir kembali ke Task Manager, pastikan bagian network sudah 0 Mbps.

Network 0 Mbps menandai bahwa tidak ada lagi koneksi masuk maupun terkirim, dari sistem ke internet. Dapat dipastikan bahwa hal ini menandakan windows firewall sudah bekerja pada perangkat Anda.

Lalu Bagaimana Cara Mengembalikan Agar Kembali Seperti Semula?

Seringkali kita ingin mengembalikan sistem perangkat laptop atau komputer, seperti sedia kala. Anda tidak perlu khawatir jika telah melakukan panduan dan langkah seperti diatas. Karena cara mengembalikan, jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu melakukan penghapusan rule yang telah kita buat sebelumnya. Dan ikuti beberapa langkah mudah berikut ini, untuk mengembalikan sistem seperti semula.

  1. Klik pada bagian Inbound Rule.
  2. Cari aplikasi yang sudah di-setting sebelumnya, pada kolom Inbound Rule.
  3. Klik kanan pada aplikasinya, lalu tekan Delete.

Setelah mengikuti langkah diatas dengan benar, kini pengaturan firewall pada perangkat telah hilang. Anda juga perlu melakukan langkah tersebut, pada bagian outbound rule juga.

Dengan demikian Anda sekarang dapat lebih menghemat kuota dan melakukan berbagai keperluan menggunakan fitur ini. Cara blokir software menggunakan Windows firewall, dapat Anda terapkan dengan mudah untuk memblokir koneksi internet atau aplikasi tertentu.