Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan video yang terhapus di android tanpa aplikasi mungkin belum banyak diketahui. Kejadian ini sering menimpa banyak orang terutama user android, file tiba-tiba hilang atau terhapus padahal masih diperlukan.

Situasi tersebut tentu membuat panik penggunanya, beberapa darinya mungkin beranggapan bahwa file-file itu tidak dapat dibuka. Hal lain mungkin terjadi adalah file menjadi tersembunyi sehingga tidak terlihat di halaman.

Kejadian ini tidak hanya dialami oleh smartphone android merk tertentu saja, tapi hampir seluruhnya. Kejadian ini sering dialami oleh pengguna OPPO, Xiaomi, Samsung, Realme, Asus, Vivo, dan masih banyak lainnya.

File Terhapus Ternyata Tidak Benar-Benar Terhapus

Sebuah smarphone OS Android dilengkapi folder yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara file terhapus. Maka dari itu, Anda tidak perlu panik ketika tidak sengaja menghapus file secara permanen.

Sistem ini juga dibekali backup otomatis yang dapat mengembalikan semua file terhapus. Untuk cara untuk mengembalikan video yang terhapus di android tanpa aplikasi fitur ini, Anda perlu menyalakan sistem backup otomatisnya.

Folder tersebut berfungsi seperti recycle bin pada perangkat dekstop. Cuma bedanya, recycle bin hanya menyimpan file-file terhapus sementara, sedangkan di Android juga menampung yang telah permanen.

Ini tentu sangat bermanfaat bagi penggunanya, dengan adaya folder tersebut tidak perlu khawatir ketika menghapus file. Bukan hanya menyimpan file foto, video, dokumen saja, tetapi juga SMS, kontak, dan lainnya.

Mungkin tidak semua orang mengetahui hal ini, folder penyimpanan pada beberapa smartphone itu mungkin cukup sulit ditemukan. Tapi, Anda dapat meminta teknisi ahli untuk membantu mengembalikannya.

Android masih memberikan kebaikan hatinya untuk penggunanya agar dapat mengembalikan file telah dihapus jika masih berpotensi digunakan. Meskipun begitu, tidak boleh sembarangan menghapus berbagai file penting milik Anda.

Jika sistem menilai file tersebut sudah tidak layak digunakan, maka akan benar-benar terhapus. Dengan begitu, Anda tidak akan dapat mengembalikannya kembali, maka dari itu ada baiknya untuk berhati-hati.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Ketika Anda sudah mengetahui berbagai penyebab dan file yang terhapus sebenarnya tidak benar-benar terhapus, maka untuk langkah selanjutnya sangatlah mudah. Berikut ini cara mengembalikan video terhapus tanpa aplikasi.

  1. Menggunakan fitur backup otomatis di Android.
  2. Mematikan smartphone dan melepas memori card.
  3. Melalui folder recycle bin yang terdapat pada galeri.
  4. Menggunakan backup dari akun google yang tersemat di android.
  5. Menggunakan bantuan perangkat dekstop seperti laptop atau komputer.

Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi Menggunakan Komputer

Ada cara lain yang dapat digunakan mengembalikan video yang terhapus, yakni menggunakan komputer. Berikut di bawah ini beberapa langkah cara mengembalikan file menggunakan perangkat komputer.

  1. Koneksikan Ponsel ke Perangkat Komputer

Untuk melakukan restore data, Anda perlu menyambungkan perangkat smartphone ke dekstop. Anda dapat menyambungkannya dengan menggunakan kabel usb atau juga bluetooth di tiap perangkat smartphone dan dekstopnya.

  1. Pilih Menu Berbagi Foto dan Video

Setelah kabel tercolok akan muncul 3 menu pilihan pada layar handphone. Pilih menu dengan nama berbagi foto dan video ke perangkat komputer, mungkin pada beberapa perangkat namanya berbeda.

  1. Buka EASE-US

Pada beberapa perangkat mungkin sudah tersemat software EASE-US ini, tapi ada juga yang belum. Jika belum Anda dapat melakukan penginstalan software ini lebih dulu agar dapat merestrore file.

  1. Lakukan Pemindaian Ponsel

Masuk ke ease us dan lakukan pemindaian data yang ada di dalam ponsel milik Anda. Di sana terdapat file-file yang telah Anda hapus, pilih video yang ingin dikembalikan.

  1. Tunggu Proses Pengembalian

Setelah melakukan pemindaian dan pemilihan berbagai file video yang dibutuhkan, tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah selesai, video tersebut sudah tersimpan di memori ponsel kembali.

Ketidak sengajaan seperti menghapus file foto, video, dokumen atau lainnya tentu sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengembalikan video yang terhapus di Android tanpa aplikasi.