Jelaskan Keunggulan Software Akuntansi MYOB

Jelaskan Keunggulan Software Akuntansi MYOB

Pertanyaannya, jelaskan keunggulan software akuntansi MYOB! Bagi Anda yang berkecimpung di dunia akuntansi, harusnya tidak asing dengan aplikasi MYOB. Tapi, bagi yang masih awam, mungkin masih asing bahkan baru pertama kali ini mendengarnya.

Adanya software ini sudah membuktikan memberikan kemudahan untuk kegiatan akuntansi. Tapi, apa sebenarnya pengertian dari MYOB dan apa saja keunggulannya? Agar lebih bisa memahami, Anda dapat menyimak uraian singkat berikut.

Menjawab Pertanyaan Jelaskan Keunggulan Software Akuntansi MYOB

Sama seperti aplikasi akuntansi lainnya, MYOB juga mempunyai berbagai keunggulan. Beberapa keunggulan software akuntansi MYOB yang membuatnya memiliki banyak pengguna, antara lain:

  1. Terintegrasi Microsoft Office

Aplikasi ini menyediakan pilihan fitur pembuatan data laporan akuntansi dengan format Excel. Terintegrasinya MYOB dengan Microsoft Office, termasuk Excel akan bermanfaat bagi Anda yang ingin membaca atau mencetaknya dengan format selain dari software.

  1. Mudah Digunakan

Keunggulan selanjutnya yaitu mudah digunakan. Tampilan dari software MYOB mudah dipahami alias user friendly, sehingga cocok dipakai bagi pemula yang masih pertama kali menggunakan.

Terutama bagi pengguna yang tidak mempunyai latar belakang bidang akuntansi, menjadi lebih mudah untuk mempelajari. Jadi, Anda tidak perlu banyak bertanya terkait cara menggunakannya karena sajian tampilan sangat intuitif.

  1. Adanya Fitur Multi User

Software ini mempunyai fitur multi user. Anda dapat membuat batasan berapa pengguna yang mengakses MYOB. Jadi, pengerjaan data bisa dilakukan lebih dari satu orang dengan pembagian tugas sesuai ketetapan.

Kondisi ini akan mempercepat proses pengelolaan atau penghitungan data. Apalagi bila situasinya sangat urgen dan data harus segera diselesaikan, hanya satu orang saja yang mengerjakan biasanya tidak cukup.

  1. Tarif Relatif Lebih Murah

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu tarif biaya relatif lebih murah bila dibandingkan produk lain. Jadi, bagi pemilik usaha yang skalanya masih kecil atau merintis, seperti UMKM, software satu ini bisa dijadikan pilihan.

  1. Pengolahan Perhitungan Akuntansi Akurat dan Cepat

Keunggulan terakhir yaitu pengolahan perhitungan akuntansi lebih akurat dan cepat. Sebab, penghitungannya dilakukan oleh sistem secara otomatis sesuai data yang sudah dimasukkan. Jadi, human error akibat salah dalam proses penghitungan bisa diminimalisir.

Pengertian MYOB atau Mind Your Own Business

MYOB atau Mind Your Own Business merupakan salah satu software yang fungsinya untuk mengelola serta mengolah data akuntansi. Anda bisa merekap data untuk pembukuan melalui aplikasi ini, baik skalanya termasuk kecil maupun besar.

Software asal Australia dan dikembangkan pada tahun 1991 ini memiliki tampilan simple atau sederhana. Inilah yang membuatnya mudah dioperasikan, bahkan untuk pengguna awam atau masih pertama kali.

Penting dipahami, bahwa meskipun pengembangan MYOB di Australia, ada versinya tersendiri untuk setiap negara. Seperti Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Timor-Timor serta Brunei.

Inilah Berbagai Fungsi Software Akuntansi MYOB

Software akuntansi MYOB memiliki berbagai fungsi yang akan mempermudah pekerjaan. Dibandingkan harus melakukan pembukuan secara manual, memakai aplikasi bukan hanya lebih mudah tapi juga lebih cepat.

Fungsi pertama, mempersingkat durasi waktu untuk mengerjakan pembukuan. Sebab, Anda hanya perlu menghitung dengan menginputkan data, tanpa perlu melakukannya secara manual. Ketika proses menginput ada data yang keliru, Anda tinggal menghapus lalu menginputkan ulang.

Berbeda bila penginputannya manual menggunakan pulpen, terlalu banyak tulisan dihapus menjadi tidak rapi. Fungsi kedua, pengelolaan produk yang dijual menjadi lebih mudah. Ketiga, menjadi semakin paham mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis.

Terlepas dari keunggulan, software ini juga memiliki beberapa kelemahan. Seperti tidak adanya fitur pelaporan pajak dan hanya dapat diimplementasikan pada satu perusahaan. Terjawab sudah kini pertanyaan mengenai jelaskan keunggulan software akuntansi MYOB.