Cara Memperkecil Ukuran Foto yang Bisa Diterapkan

Cara Memperkecil Ukuran Foto yang Bisa Diterapkan

Cara memperkecil ukuran foto banyak dibutuhkan untuk kebutuhan persyaratan administrasi. Selain itu, beberapa orang juga menggunakan cara ini untuk lebih hemat ruang penyimpanan di ponsel meskipun piksel gambar tentunya akan berubah.

Piksel merupakan elemen paling kecil pada gambar, semakin banyak jumlahnya maka akan semakin bagus kualitasnya. Ketika Anda mengecilkan ukuran pada foto, masa sama halnya dengan mengurangi jumlah piksel ini.

Langkah-langkah untuk mengecilkan gambar sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik menggunakan aplikasi maupun tidak. Anda juga bisa menggunakan situs-situs website secara online yang cukup mudah untuk digunakan.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Aplikasi

Mengecilkan gambar tanpa menggunakan aplikasi maupun akses internet bisa dilakukan oleh pengguna smartphone android. Langkah ini tidak sulit dilakukan, berikut cara yang bisa Anda terapkan:

  1. Membuka aplikasi galeri dan memilih foto yang ukurannya akan diperkecil.
  2. Selanjutnya pilih ikon tiga titik di ujung kanan atas dan ‘Resize image’. Nantinya akan terdapat pilihan presentase akan ukuran dapat disesuaikan dengan keinginan.
  3. Jika sudah merubahnya, terakhir tinggal klik ‘Done’ dan Anda bisa melihat perubahan ukurannya melalui detail foto

Cara Mengecilkan Foto Secara Online

Cara memperkecil ukuran foto selanjutnya masih tidak perlu menggunakan aplikasi, namun Anda harus memiliki akses internet. Berikut ini adalah beberapa situs website yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan gambar serta caranya.

  1. BeFungky

Situs pertama yang bisa Anda kunjungi adalah befungky.com karena caranya yang cukup mudah. Klik ‘Create’ yang ada di deretan atas, selanjutnya masuk pada ‘Photo Editor’. Buka foto yang akan dikecilkan dengan memilih opsi Open.

Langkah selanjutnya adalah mengecilkannya dengan opsi Edit dan pilihan Resize untuk menyesaikannya. Jika telah selesai tinggal klik opsi Save atau Ctrl+S. nantinya gambar akan tersimpan di ponsel.

  1. Resizepixel

Anda juga dapat menggunakan website resizepixel.net dan upload foto untuk mengunggahnya yang ukurannya akan dikecilkan. Selanjutnya atur width dan height terlebih dahulu sesuai dengan keinginan.

Jika lebih mudah menggunakan persentase, Anda bisa memilih ikon persen yang ada di kanan atas. Terakhir klik resize image jika sudah sesuai keinginan dan gambar akan tersimpan di memori penyimpanan.

  1. Picresize

Situs web ini dapat dibuka melalui alamat picresize.com lalu kemudian tinggal memilih foto dan klik ‘continue’. Selanjutnya kecilkan ukuran pada kolom ‘Resize Your Picture’, bisa juga menambahkan efek bila perlu. Klik Save As dan klik ‘I’m Done, Resize My Picture’.

Cara Mengecilkan Foto dengan Aplikasi

Meskipun bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, namun ada sebagian orang yang lebih memilih aplikasi-aplikasi tertentu karena lebih mudah. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan sekaligus cara menggunakannya.

  1. Image Size App

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Anda juga bisa menentukan format output foto maupun ukurannya dalam sentimeter, milimeter, inci, juga piksel. Jika telah diubah ukurannya, gambar bisa disimpan maupun dibagikan ke sosial media.

  1. And Picture

Bukan hanya mengecilkan ukuran gambar, aplikasi ini juga bisa sekaligus membagikannya ke platform media sosial seperti Facebook atau Instagram. Bukan itu saja, aplikasi ini banyak diminati karena gambar yang ukurannya dikecilkan akan tetap memiliki kualitas bagus.

  1. Photo Compress 2.0

Photo compress 2.0 akan mengecilkan ukuran foto tanpa memberikan pengaruh pada kualitasnya. Tingkat kompresi pada aplikasi ini dapat diatur mulai dari rendah, sedang, dan juga tinggi. Jika selesai merubah ukuran, Anda bisa melihat perbedaannya dengan foto asli.

Merubah ukuran gambar biasanya dilakukan untuk beberapa keperluan termasuk lebih menghemat ruang penyimpanan. Terdapat banyak cara memperkecil ukuran foto baik menggunakan aplikasi maupun tidak.