3 Cara Mengunci Aplikasi di Iphone yang Mudah

3 Cara Mengunci Aplikasi di Iphone yang Mudah

Banyak orang mencari cara mengunci aplikasi di Iphone untuk mengamankan privasi mereka. Namun sedikit yang menemukan metode paling mudah sehingga praktikal ketika digunakan.

Kami sudah menyediakan tiga metode paling mudah yang dapat dilakukan oleh para pengguna. Sehingga tujuan untuk mendapatkan proteksi privasi terhadap apps tetap dapat diperoleh.

Tenang saja semua cara yang akan kami ajarkan dapat diimplementasikan secara vanila. Artinya tidak perlu melakukan jailbreak agar metode tersebut dapat berjalan secara optimal pada perangkat.

Mengapa kami memilih langkah ini karena jailbreak adalah metode yang ilegal dan merusak garansi device. Sehingga benar ada langkah optimal jika melakukan jailbreak namun garansi perangkat akan rusak.

Cara Mengunci Aplikasi di Iphone Menggunakan Applock

Applock merupakan sebuah aplikasi ringan yang fiturnya cukup to the point yaitu mengunci apps di iphone. Dengan menggunakan applock sebuah apps hanya bisa dibuka menggunakan kata sandi tertentu.

Mengapa ini adalah rekomendasi utama kami karena penggunaannya simpel dan fleksibel. Jika lupa password Anda tidak perlu khawatir karena ketika applock kita lepas maka apps terkunci bisa dibuka.

Sehingga para pengguna dapat menghindari brick akibat perangkat lupa password. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara menggunakan applock sehingga dapat memproteksi privasi pengguna.

  1. Unduh dan pasang applock
  2. Buka applock
  3. Pilih aplikasi yang hendak kita proteksi
  4. Pilih pola atau sandi untuk membuka apps terkait
  5. Keluar dari applock dan selesai.

Dengan menggunakan lima langkah tersebut apps yang terkunci tadi hanya dapat dibuka menggunakan sandi. Artinya proteksi privasi penggunaan sudah berjalan dan orang tanpa sandi tidak dapat mengetahuinya.

Ini adalah metode paling simpel diterapkan bagi semua kalangan pengguna iphone. Kita tidak perlu melakukan tweaking secara kompleks untuk mendapatkan proteksi dasar seperti ini.

Mengunci Aplikasi Iphone dengan Iprotect

Iprotect merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer cydia dengan rating cukup bagus. Tujuan utama dari iprotect sendiri adalah mengamankan aplikasi terhadap pengguna tanpa otoritas.

Selain itu iprotect juga mampu membatasi aktivitas yang dilakukan sebuah apps tanpa persetujuan pengguna. Sehingga fitur yang ditawarkan oleh iprotect memang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya.

Meskipun fiturnya banyak namun cara penggunaannya masih cukup mudah untuk pengguna awam. Berikut ini adalah cara mengunci aplikasi di Iphone menggunakan iprotect sehingga privasi terlindungi.

  1. Unduh iprotect dari cydia
  2. Pasang iprotect
  3. Buka iprotect
  4. Pilih apps yang akan dikunci atau limitas
  5. Tentukan pola atau password
  6. Tentukan limitasi apps jika diperlukan
  7. Tekan apply dan selesai

Dengan menggunakan langkah tersebut kita akan mendapatkan keamanan karena aplikasi hanya dapat diakses secara pribadi. Jadi ketika orang lain hendak membukanya harus berhadapan lebih dulu dengan sandi.

Kemudian fitur yang menonjol dari iprotect sendiri sebenarnya adalah limitasi apps. Ini akan berguna apabila kita ingin menjaga privasi dari aktivitas mencurigakan atau traffic pihak ketiga apps terkait.

Ketika menggunakan iprotect kita tidak perlu takut lagi terhadap potensi penyalahgunaan aplikasi. Karena selain melindunginya menggunakan sandi ada juga limitasi data trafic dari device.

Mengunci Aplikasi di Iphone Secara Default

Sebenarnya iphone sendiri juga sudah menyediakan menu pengamanan privasi yang dapat dimanfaatkan pengguna. Kita akan memakai touch id sehingga apps memiliki proteksi sebelum dapat dibuka.

Touch id sendiri akan membuat sebuah apps perlu sandi ketika hendak membukanya. Sehingga hanya Anda yang tahu bagaimana membuka apps tersebut untuk melindungi privasi, berikut cara menggunakannya.

  1. Masuk ke menu settings
  2. Scroll ke bawah sampai ketemu touch id & password
  3. Buat password atau pola untuk membuka apps
  4. Pilih aplikasi yang hendak diberikan proteksi
  5. Tambahkan keamanan sidik jari

Dengan langkah sederhana tersebut kita bisa melindungi hak penggunaan secara lebih optimal. Artinya jika memang device berpotensi digunakan orang lain maka apps tertentu akan terbatas penggunaannya.

Jika sudah mengetahui beberapa langkah tersebut Anda dapat segera mengimplementasikannya. Bukankah cara mengunci aplikasi di Iphone tidak terlalu sulit untuk diterapkan.